in

Ani Yudhoyono Terserang Leukimia, Ini Jenis Kanker Darah Lain yang Tak Kalah Ganas

Kabar mengejutkan datang dari mantan ibu negara, Ani Yudhoyono yang terserang penyakit Leukimia. Tak disangka memang, lantaran sebelumnya istri dari Susilo Bambang Yudhoyono tersebut tampak sehat-sehat saja. Bahkan, beberapa sumber pun mengatakan jika wanita cantik tersebut tidak menunjukkan gejala apapun sebelum divonis menderita Leukimia.

Mendengar penyakit Leukimia, kita pasti berpikir kalau itu adalah satu-satunya kanker darah di dunia. Tapi, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa ternyata kanker darah mempunyai jenis lainnya. Dan bisa dikatakan, kanker darah tipe tersebut tak kalah ganas dari Leukimia.

Ani Yudhoyono terkena Leukimia [Sumber Gambar]
Adalah Myeloma. Penyakit tersebut merupakan kanker darah yang berkembang pada sel plasma darah. Dilansir dari laman deherba.com, gangguan tersebut bisa menyebabkan sumsum tulang belakang justru membentuk sel plasma baru secara berlebihan. Sementara itu, sel plasma yang lama tidak dapat berubah tua atau mati. Dari hal inilah membuat sumsum tulang belakang akan dipenuhi oleh sel plasma darah dan berakhir menjadi Myeloma.

Lantas, apa sih penyebab dari Myeloma? Hingga saat ini, para ilmuwan pun masih belum dapat menyimpulkan apa penyebab Myeloma. Tapi yang jelas, para ahli menyebutkan jika dalang dari kanker darah ini adalah terjadinya perubahan dalam DNA. Diwartakan oleh halodoc.com, bahwa penyebab munculnya Myeloma juga diakibatkan dari beberapa faktor lho.

Kanker Myeloma menyerang sum-sum tulang belakang [Sumber Gambar]

Misalnya usia yang kanker pada umumnya rentan menyerang saat umur 65 tahun ke atas. Lalu ada jenis kelamin yang notabene kanker Myeloma lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Kemudian orang dengan kulit hitam yang juga sering terserang kanker darah jenis ini. Selanjutnya yang terakhir adalah riwayat dari keluarga.

Nah, untuk gejala dari Myeloma ini juga tak jauh berbeda dengan Leukimia. Dinukil dari laman hellosehat.com, tanda yang akan muncul adalah menderita anemia. Kemudian sering mengalami pendarahan dan memar pada tubuh, tanpa ada penyebab sebelumnya. Selanjutnya ada mudah mengalami infeksi, gangguan atau kerusakan ginjal dan juga kaki bengkak.

Kanker Limfoma yang diawali dengan pembengkakan di bagian tubuh [Sumber Gambar]
Itu tadi adalah Myeloma. Sekarang kita berlanjut ke jenis kanker darah lainnya yaitu Limfoma. Menurut merdeka.com, jika Limfoma merupakan penyakit akibat perubahan sel darah putih yang mulanya normal menjadi ganas. Di mana kanker satu ini bisa muncul di berbagai organ tubuh. Seperti kelenjar getah bening, sum-sum tulang, darah dan juga limpa.

Dalam kasus penyakit Limfoma ini, terdapat beberapa orang yang rentan terkena kanker darah tersebut. Dokter spesialis penyakit dalam, Andhika Rachman mengatakan orang yang mengidap penyakit lupus kemungkinan besar bisa terserang Limfoma. Selain itu, penderita HIV juga bisa terkena Limfoma lantaran penyakit tersebut menyerang kekebalan tubuh secara terus menerus.

Konsumsi makanan sehat untuk hindari kanker [Sumber Gambar]
Tapi, bagi yang badannya sehat, jangan senang dulu. Pasalnya, masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan kemunculan dari penyakit kronis tersebut. Berdasarkan informasi dari cnnindonesia.com, faktor usia dan riwayat keluarga juga berpengaruh dengan Limfoma ini. Untuk usia, biasanya antara 30 sampai 50 tahun yang rentan terkena Limfoma. Sedangkan riwayat keluarga bukan hanya dari orangtua, tapi bisa juga kakek, nenek atau generasi di atasnya.

Untuk mengetahui Limfoma ada di tubuh atau tidak, ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan. Ronald A. Hukom dari Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Ilmu Penyakit Dalam Indonesia menuturkan kalau ciri utamanya adalah pembesaran pada kelenjar getah bening di bagian tubuh tertentu. Kemudian berat badan turun secara tiba-tiba, berkeringat di malam hari, sesak nafas, demam dan nyeri pada dada.

BACA JUGA : Kisah Sedih Remaja Penderita Kanker yang Mengiklankan Diri Sendiri Demi Mendapat Teman

Itulah dua macam kanker darah selain Leukimia. Semuanya mempunyai risiko yang tinggi jika sudah terlanjur menyebar ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mencoba hidup sehat mulai saat ini. Seperti olahraga, konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Irish Bella-Ammar Zoni Tunangan, Ini 4 Lelaki yang Bikin Dirinya Disebut Orang Ketiga

Sepak Bola dan PNS, Inilah 5 ‘Pemain’ Beruntung yang Kini Menjadi Aparatur Sipil Negara