Wow kini DNA Makhluk Hidup Bisa jadi Bahan untuk Bikin Parfum!

oleh Centralismo
09:26 AM on Mar 25, 2015

Ragi biasanya digunakan manusia untuk membuat roti, bir atau makanan lainnya. Namun, dalam beberapa tahun ke depan, mansia akan menciptakan ragi yang bisa dijadikan parfum, alat kosmetik, petstisida hingga bahan bakar. Bagaimana bisa?

Semuanya sedang dirancang dan dikerjakan oleh Ginkgo Bioworks, perusahaan teknologi biologi sintetis yang berpusat di Boston. Mereka sedang mengembangkan teknologi untuk mengambil sebagian DNA dari makluk hidup dan menciptakan sifat yang sama dari DNA tersebut. Singkatnya, mereka bisa menciptakan sesuatu yang beraroma bunga mawar dengan mengambil DNA bunga mawar.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Ilmuwan di Ginkgo di Kantor Mereka di Boston (C)bioworks via Buzzfeed (1)
Ilmuwan di Ginkgo di Kantor Mereka di Boston (C)bioworks via Buzzfeed

Perusahaan yang terletak di sebuah bangunan mewah di jantung Boston ini telah menandantangani kontrak dengan salah satu perusahaan parfum asal Perancis. Mereka akan bekerja sama untuk membuat parfum yang memiliki aroma bunga mawar yang benar-benar diambil dari DNA bunga mawar tersebut. Mereka juga berencana untuk membuat wewangian dari bunga lain selain mawar.

Dengan hasil rekayasa DNA dari Ginkgo, anda bisa mendapatkan jamur yang dimanfaatkan untuk campuran bahan kosmetik, parfum atau bahkan minuman. Jadi, jangan heran jika di masa depan anda akan menemukan, misalnya, minuman beraroma rumput segar yang baru dipotong. Atau bedak yang begitu anda taburkan ke tubuh anda akan beraroma seperti anggur, dan buah-buah segar lain. Dan semua itu tidak menggunakan bahan asli, karena teknologi sudah menggandakan DNA yang diperlukan untuk mendapatkan wanginya.

Para Ilmuwan Biologi Sintetik (C)bioworks via Buzfeed
Para Ilmuwan Biologi Sintetik (C)bioworks via Buzfeed

Namun, para ahli ini juga khawatir jika suatu saat teknologi ini akan menggantikan dan menyisihkan mereka yang mengharapkan penghasilan mereka sebagai petani dari produk alami, bukan sintetis. Ya, pasti akan tetap ada sisi pro dan kontra dari sebuah penemuan baru.

Jika teknologi ini sampai ke Indonesia, aroma atau rasa autentik dari tumbuhan apa yang ingin anda dapatkan? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA