in

Jadi Kuli Hingga Ojek, Begini Kehidupan 4 Jenderal Besar Indonesia di Masa Lalu

Bekerja di kepolisian atau TNI mungkin jadi impian sebagian orang. Selain bisa mengabdikan diri pada negara seperti yang dicita-citakan, tentunya ada bonus tunjangan yang menanti buat mereka. Oleh sebab itu sampai saat ini profesi-profesi ini masih jadi favorit. Terlebih kalau dapat pangkat tinggi malah bikin bangga keluarga pula.

Nah contohnya seperti panglima Hadi Tjahjanto yang saat ini jadi orang nomor satu di TNI. Tapi siapa sangka beliau dulu sempat mengalami kekurangan untuk memenuhi kebutuhan loh. Tak hanya beliau, ternyata beberapa jenderal lain juga sempat mengalaminya loh, siapa saja itu?

Buwas yang sempat menjadi seorang tukang ojek

Mungkin kita masih ingat dengan Buwas alias Budi Waseso mantan kepala BNN dengan segala kebijakannya yang dibilang ‘galak’. Bagaimana tidak, pasalnya beliau sempat menyarankan untuk melakukan tembak mati pada para bandar narkoba. Namun siapa sangka kalau beliau juga punya masa lalu yang tak biasa. Sebelum sampai pada pangkat Komisaris Jendral dulunya Buwas hanya seorang polisi biasa.

Budi Waseso [sumber gambar]
Tetapi sayangnya penghasilannya waktu itu hanya cukup untuk dirinya sendiri sehingga mesti mencari tambahan dengan ngojek. Kendaraan yang digunakan ngojek pun dibeli dari temannya seharga 350 ribu yang berupa sebuah vespa.

Mantan Kapolri Jenderal Sutarman yang ternyata dulu doyan gembala kerbau

Memang namanya usaha bisa mengubah keadaan seseorang, tentu dibarengai doa dan semangat yang kuat pula. Seperti yang terjadi pada Jenderal Sutarman ini yang bisa dibilang nasibnya berubah 180 derajat. Bagaimana tidak, beliau ternyata tidak dengan mudah memperoleh pangkat sampai Kapolri Jenderal kalau bukan karena usahanya.

Jenderal Sutarman [sumber gambar]
Dilansir dari Merdeka ternyata saat masih kecil beliau selalu tak luput menggembala kambing tiap pulang sekolah. Tidak hanya itu, bahkan menurut ayahnya segala pekerjaan ditekuni agar tidak terlalu membebankan orang tua. Mulai dari mencangkul di sawah atau pun kuli bangunan pun sempat ditekuni selepas pulang sekolah. Salut juga ya.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang sempat jadi pembuat donat

Saat ini mungkin Penglima TNI Hadi Tjahjanto menjadi sosok yang paling dipandang di kalangan militer Indonesia. Namun demikian, tentu itu semua tidak terlepas dari usaha beliau sendiri yang luar biasa. Seperti para jenderal yang disebutkan sebelumnya, beliau ternyata juga sempat merasakan masa pahit.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto [sumber gambar]
Hidup di keluarga yang memiliki keuangan yang pas-pasan membuat beliau harus berjuang keras agar tidak membebani orang tua. Oleh sebab itu Hadi Tjahjanto waktu itu sempat bekerja menjadi pembuat kue donat untuk mencukupi kebutuhan. Tidak hanya profesi itu, bahkan beliau juga sempat menjadi caddy, tapi saat ini semua sepertinya sudah dibayarkan.

Mantan Presiden SBY yang keluarganya sempat jual barang demi kebutuhan

Kalau nama sosok yang satu ini mungkin semua orang Indonesia mengenalnya, ya dialah mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti yang diketahui kalau beliau dulu ternyata juga berasal dari dunia militer dan sempat menjabat sebagai Jenderal TNI. Namun tak semua itu beliau mendapatkan jabatan tersebut bahkan jadi orang nomor satu di Indonesia.

Susilo Bambang Yudhoyono [sumber gambar]
Usut punya usut, pada awal masuk militer dulu beliau sempat juga mengalami kekurangan biaya untuk kebutuhan. Oleh sebab itulah ibu Ani waktu itu bahkan sempat menjual seluruh peralatan rumah tangganya hanya untuk membantu suaminya yang harus bertugas di luar.

Nah meskipun sekarang para jenderal ini dikenal banyak orang, tapi dulu ternyata mereka juga sempat merasakan masa sulit. Karena usaha dan doanya lah para jenderal ini bisa bangkit dan mengubah keadaan bahkan salah satunya jadi orang nomor satu di Indonesia.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

U-2 Dragon Lady, Pesawat Intai CIA yang Sukses Ungkap Rahasia Militer Indonesia

Mengenang Gempa Shaanxi, Peristiwa Maha Dahsyat yang Bikin Gempar Dunia