in

Ini Loh Fakta di Balik Jenazah yang ‘Bangun’ Tiba-Tiba Saat Sedang Dimandikan

Budh Ram dan keluarganya [Sumber gambar]

Layaknya seorang yang sudah meninggal dunia, maka ada tahapan tersendiri untuk mengurus jenazahnya. Setiap agama, negara dan adat tentu punya cara yang berbeda pula. Salah satu tahapan yang paling sering diterapkan adalah pemandian. Mereka yang sudah meninggal dibersihkan terlebih dahulu sebelum ditempatkan untuk peristirahatan terakhirnya, aturan ini juga berlaku di India.

Tetapi hal yang mengejutkan terjadi pada salah seorang lelaki bernama Budh Ram. Ia yang sudah berumur 95 tahun tersebut dinyatakan kembali hidup. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Inilah yang akan Boombastis.com bahas kali ini.

Budh Ram dan keluarganya [Sumber gambar]
Budh Ram tinggal di wilayah utara-barat Rajasthan di India. Dari India sendiri, masyarakat masih memiliki kebiasaan turun temurun untuk memandikan jenazah. Di sinilah keanehan tersebut bermula. Sebelumnya, Budh Ram sudah dinyatakan meninggal oleh dokter setelah pingsan di rumahnya. Pihak keluarga pun sudah menerima hal tersebut dan akan segera melaksanakan upacara pemakaman.

Foto-foto keluarga besar tersebut juga menunjukkan beberapa orang dengan rambut telah dicukur sampai botak, yang merupakan bagian dari ritual pra-pemakaman di daerahnya, seperti dilansir dari Grid.id. Balu Ram sebagai putranya juga menyiapkan pemandian. Saat dimandikan (air dialirkan ke dadanya) Budh Ram menggigil kedinginan, hal tersebut tentu membuat semua orang terkejut.

Budh Ram yang kembali hidup [Sumber gambar]

Ia kemudian dibawa ke tempat tidur dan mulai bernafas layaknya manusia hidup. Disebut kembali ‘bangkit’ dari kematian, Budh Ram hanya menjelaskan jika dirinya sebelumnya merasa sakit dada lalu pergi untuk tidur siang sebentar. Tak menyangka jika pada akhirnya ia dinyatakan sudah tak bernyawa.

Nah, kira-kira apa yang sebenarnya terjadi pada Budh Ram ini Sahabat? Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang aneh, mengingat memang ada orang pernah mengalami mati suri (mati sebentar) lalu hidup kembali seperti orang hidup biasa.  Mati suri ini sendiri bisa dijelaskan secara ilmiah Sahabat Boombastis. Dilansir dari Republika.com, sebuah penelitian menemukan ada lonjakan aktivitas listrik pada otak orang yang mengalami mati suri. Aktivitas listrik tersebut dipercaya sebagai penyebab seseorang dapat mengalami mati suri.

Mati suri yang bisa dijelaskan secara ilmiah [Sumber gambar]
Dalam keadaan mati suri ini, otak sebenarnya lebih aktif lagi semasa proses kematian dibandingkan saat terjaga. Itulah mengapa orang yang pernah mengalami mati suri bisa melihat cahaya putih, merasakan sensasi keluar dari tubuh, serta kehidupan lain. Jadi pada intinya, gelombang listrik yang tinggi pada otak seseorang yang sedang sekarat atau sudah meninggal dapat memberikan kesempatan kecil pada orang tersebut untuk dapat hidup kembali. Hal ini pula yang mungkin terjadi dengan Budh Ram.

BACA JUGA: 4 Kasus Orang yang Kembali ke Rumah Setelah Dinyatakan Meninggal dan Sudah Dikuburkan

Tidak hanya dirinya saja sebenarnya, ada banyak orang yang punya pengalaman mati suri, termasuk beberapa artis di Indonesia. Hidup mati memang di tangan Tuhan, tak ada yang tau kapan dia akan datang kepada kita. Jika Sang Maha Kuasa menghendaki orang yang sudah meninggal untuk hidup kembali, maka hal tersebut bukanlah sebuah kemustahilan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Inilah 4 Kisah Orang Meninggal tapi Hidup Lagi yang Buat Geger Masyarakat

Mengenal Rudi Salim, Pengusaha Kaya Raya yang Kesehariannya Bertabur Mobil-mobil Mewah