Bagi lawan politisnya, keberadaan Prabowo dinilai bisa menjadi pesaing berat di arena percaturan politik tanah air. Terutama pada 2019 yang merupakan tahun dilaksanakannya debat pemilihan kepala negara yang baru. Tak salah bila figur Prabowo Subianto maju ke arena pilpres. Selain karena dirinya mampu, ia juga memiliki sederet prestasi di luar jabatan strategis di pemerintahan.

Sebagai mantan anggota Kopassus, namanya harum di medan juang dengan beberapa prestasi yang tercatat dalam sejarah. Di antaranya adalah Operasi Nanggala di Timor-Timur dan pembebasan sandera di Mapenduma, Papua. Tak hanya itu, Prabowo juga banyak memberikan jasanya di bidang lain di luar kemiliteran.

Guyuran medali emas di ajang Asian Games 2018

Prabowo berpose bersama para atlet pencak silat yang meraih emas [sumber gambar]
Nama Indonesia menjadi perbincangan hangat kala atletnya dari cabang pencak silat berhasil menyumbangkan 14 emas. Dilansir dari news.detik.com, Prabowo merupakan orang yang berjasa di balik kesuksesan atletnya di ajang internasional tersebut. Sebagai mantan perwira militer dari satuan elit Angkatan Darat, ketua Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) itu juga menyemangati para atlenya agar berjiwa kesatria dan pendekar.

Sukses mengantar Gerindra menjadi partai politik yang mewarnai dunia politik Indonesia

Sukses membawa Gerindra menjadi partai politik besar [sumber gambar]
Di luar olahraga, figur Prabowo Subianto juga dinilai sukses membawa Partai Gerindra sebagai salah satu organisasi politik yang disegani di Indonesia. Menurut Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai, Prabowo tidak memiliki kesulitan untuk meloloskan kadernya sebagai wakil rakyat di parlemen. Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak partai-partai baru yang bermunculan, namun tidak bisa berkiprah di arena perpolitikan Indonesia karena tidak memenuhi syarat.

Membuka lapangan kerja bagi masyarakat lewat sejumlah bisnisnya

Prabowo juga sukses mengembangkan bisnis di Indonesia [sumber gambar]
Meski familiar dikenal sebagai politikus, Prabowo juga telah malang melintang di dunia usaha. Laman merdeka.com menuliskan, ia memiliki beberapa perusahaan seperti PT Kertas Nusantara (pabrik bubur kertas ), PT Tidar Kerinci Agung (perkebunan kelapa sawit), PT Tanjung Redeb Hutani (kehutanan dan perkebunan), dan PT Batubara Nusantara Coal (pertambanga batu bara). Selain berhasil mengelola bisnis, sejumlah usaha Prabowo di atas secara tidak langsung telah menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarkat Indonesia.

Mengharumkan nama TNI dan Indonesia selama berkarir di kemiliteran

Prabowo saat aktif di Kopassus TNI AD [sumber gambar]
Semasa aktif berdinas di kemiliteran, Prabowo banyak menorehkan prestasi yang membauat bangga Indonesia. Khususnya di kalangan TNI AD dan satuan Kopassus. Laman nasional.sindonews.com menuliskan, ia pernah memimpin operasi pembebasan 10 orang sandera pada Mei 1996 di Mapenduma, Papua. Kala itu, Prabowo menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga sukses melaksanakan misi pada Operasi Nanggala di Timor-Timur.

Prabowo berhasil selamatkan TKI dari tiang gantungan

Prabowo berhasil selamatkan TKI asal Indonesia dari tiang gantungan [sumber gambar]
Saat tak lagi berdinas di kemiliteran, prestasi Prabowo yang lainnya adalah saat berhasil menyelamatkan nyawa Wilfrida Soik, TKI asal Belu, NTT. Dilansir dari news.detik.com, pekerja migran itu awalnya dituntut hukuman mati untuk kasus pembunuhan majikannya oleh pengadilan Malaysia. Keajaiban terjadi saat Prabowo datang dan menyewa pengacara kelas wahid Malaysia yang bernama Tan Sri Shafee. Di mana Wilfrida akhirnya bisa bernafas lebih lama karena dibebaskan dari segala tuntutan.

BACA JUGA: Inilah 5 Prestasi Prabowo Subianto Saat Masih Aktif Menjadi Anggota Militer

Tak ada sosok manusia yang sempurna di dunia ini. Termasuk figur Prabowo sekalipun. Meski kerap terkena sindiran dan bahkan hujatan yang datang dari lawan-lawan politik maupun pendukungnya, toh Prabowo tetap bergeming dan terus melangkahkan kakinya dan memberikan sumbangsih yang berharga bagi Indonesia.