Tak dapat dipungkiri kalau memang segala hal yang terjadi di tanah suci Mekkah selalu jadi perhatian. Salah satunya adalah munculnya serbuan jangkrik di sana yang menghebohkan. Bahkan sampai-sampai ada yang berpendapat kalau hal itu adalah salah satu tanda kiamat buat dunia ini.

Lalu masalahnya benarkah hal itu jadi salah satu tanda kiamat? Pasalnya harus ada hadits dan keterangan yang kuat jika benar begitu. Apalagi mengingat hal ini memang jarang terjadi tentunya banyak yang beranggapan seperti itu. Biar tidak penasaran atas fakta fenomena tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Kemunculan jangkrik di Mekkah yang luar biasa

Beberapa hari yang lalu terjadi sebuah kejadian yang tak biasa di Mekkah sana. Di tanah suci itu tiba-tiba ‘diserang’ oleh jangkrik dengan jumlah yang luar biasa banyak. Setiap rumah bahkan tempat-tempat ibadah pun jadi sasaran serangga bersuara nyaring yang satu ini.

Jangkrik Mekkah [sumber gambar]
Bahkan tak terkecuali Masjidil Haram yang juga ikut terkena serangan. Alhasil pihak berwenang di sana harus melakukan usaha ekstra untuk membersihkan serangga-serangga ini. Mengingat di Mekkah banyak tempat suci yang sering dikunjungi mereka yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah. Takutnya akan mengganggu kekhusyukan dalam beribadah di sana.

Banyak yang mengaitkannya dengan kejadian kiamat

Siapa sangka ternyata melihat kejadian yang memang jarang ditemui itu membuat spekulasi tak biasa dari netizen. Bahkan ada yang sampai menghubungkan hal tersebut dengan adanya kiamat yang makin dekat. Berita-berita itu tersebar sangat cepat melalui media sosial atau aplikasi-aplikasi chatting yang sering digunakan oleh netizen. Entah siapa yang menyebarkan namun yang jelas hal ini bikin resah masyarakat.

Ada yang menghubungkan kiamat [sumber gambar]
Namun rupanya tidak hanya ada di Indonesia, di Malaysia pun informasi tersebut juga menyebar dengan cepatnya. Bahkan banyak yang menghubungkannya dengan hadits-hadits namun sayang tak diketahui apa hadis tersebut benar atau karangan.

Pihak MUI pun akhirnya turun tangan agar masyarakat tidak heboh

Mengetahui kalau banyak berita yang beredar itu di media sosial akhirnya pihak MUI, Cholis Nafis pun mesti turun tangan memberikan klarifikasi. Dilansir dari Kumparan, adanya peristiwa mengenai jangkrik ini memang sudah sering terjadi di sana. Terutama ketika musim dingin mulai datang makan jangkrik akan keluar dari sarang dan membanjiri jalan dan rumah.

MUI menghimbau agar tidak heboh [sumber gambar]
Mungkin memang bedanya saat ini jumlahnya lebih banyak ketimbang yang biasanya sehingga banyak yang heboh. Dan semua itu sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kiamat melainkan kejadian yang lumrah. Hamed bin Mohamed Metwally, profesor fisiologi di Universitas Umm Al-Quran University juga mengatakan hal yang sama dan keadaan akan pulih kembali setelah beberapa minggu.

Tak hanya jangkrik, hal lain juga dihubungkan dengan kiamat

Bicara soal kejadian tanda kiamat di Mekkah ada satu hal lagi yang sering dibicarakan orang. Ya apalagi kalau bukan tanah Arab yang nantinya bakal menghijau.  Dari yang awalnya gersang nantinya akan tumbuh banyak tanaman yang rindang. Nah salah satu yang disebutkan adalah bukit Al-Mujmal yang memiliki pemandangan yang hijau. Ya, di sana berbagai macam tanaman tumbuh dan jadi sebuah pariwisata.

Daerah hijau Arab

Yang jelas keadaannya sangat berbeda ketimbang daerah Arab biasanya yang panas. Hal ini pun sudah dan sejak dulu dan tetap dijaga serta dikembangkan mulai sekarang. Namun masalah hal ini adalah tanda kiamat atau bukan, tentu hanya Allah yang mengetahuinya.

BACA JUGA: 3 Hal Luar Biasa yang Kadang Luput Diketahui dari Kota Mekkah dan Madinah

Adanya kejadian ini tentunya bisa jadi pelajaran agar tidak mempercayai sebuah info tanpa mengetahui sumbernya terlebih dahulu. Apalagi di zaman yang sudah maju ini semua berita dari medsos kadang tanpa ada saringannya sehingga banyak orang yang termakan hoax.