Jakarta Diguncang Teror, Bom Meledak dan Dilanjutkan Suara Baku Tembak

oleh Ayu
12:28 PM on Jan 14, 2016

Hari ini mungkin menjadi hari paling ‘panas’ di Ibukota Indonesia. Sebuah bom meledak di pos polisi Sarinah, dan tidak hanya satu. Tapi rangkaian suara ledakan selanjutnya datang dari gerai kopi Starbuck, Jakarta Pusat, yang artinya ada lebih dari satu ledakan meneror Jakarta hari ini.

Asap mengepul di antara gedung-gedung besar di dekat lokasi kejadian. Dan kabarnya, aksi yang menebar keresahan itu juga dilanjutkan dengan baku tembak antara oknum dengan anggota kepolisian, yang hingga kini oknum tersebut masih dalam pengejaran. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai bom yang mengguncang Jakarta ini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kronologi Ledakan Bom

Disebutkan ledakan bom terdengar mulai pukul 10.40 di Jl. Thamrin, Jakarta Pusat pada hari ini, Kamis (14/1). Setelah itu, terdengar baku tembak yang sepertinya terjadi antara anggota kepolisian dengan beberapa orang yang diduga oknum atau pelaku.

pos polisi
Lokasi pos polisi yang hancur dan di depannya terdapat beberapa korban [Image Source]
Mendengar suara ledakan ini, banyak orang berhamburan dan berlarian menyelamatkan diri. Dari beberapa foto yang sempat mendokumentasikan situasi pasca kejadian, kerusakan paling parah adalah pada lokasi pos polisi yang nyaris porak-poranda. Selain itu, beberapa korban nampak tergeletak di depannya. Namun dari informasi yang didapat, diperkirakan satu orang polisi yang menjadi korban meninggal karena kejadian ini.

Pantauan Beberapa Netizen via Social Media

Menurut pantauan dari beberapa netizen Jakarta yang langsung memberikan live report via jejaring sosial, mengatakan bahwa bom tidak satu kali meledak. Ada sekitar 5-7 kali suara ledakan yang membuat Jakarta begitu mencekam siang ini.

gedung berasap di sekitar
Jakarta mencekam, dengan kepulan asap sisa bom dan beberapa deru tembakan [Image Source]
Beberapa netizen mengungkapkan keresahan mereka karena lokasi bom dekat dengan pusat keramaian dan kantor-kantor di mana sanak famili ikut bekerja. Berikut ini adalah video amatir yang merekam momen ledakan di salah satu lokasi kejadian,

Video amatir yang menunjukkan detik-detik terjadinya ledakan Thamrin siang ini. #PrayforJakarta mari sama-sama berdoa untuk kedamaian Indonesia.

Posted by Boombastis on Wednesday, January 13, 2016

Netizen juga menyarankan agar warga sekitar tidak melewati area Thamrin untuk sementara waktu, karena menduga ini adalah aksi ‘teroris’.

Motif di Balik Ledakan Bom di Pos Polisi

Ada banyak keresahan dan dugaan yang terpancar dari masyarakat, serta netizen yang merespon kejadian pengeboman ini. Ada yang menduga ini adalah pengalihan isu atas kasus korupsi di pemerintahan yang juga terungkap baru-baru ini. Ada juga yang menduga kalau saat ini Indonesia sudah mulai siaga ISIS.

korban di depan pos polisi
Polisi mulai melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian [Image Source]
Pelaku ledakan Thamrin diperkirakan berjumlah 10-15 orang dan situasi masih belum cukup aman. Saat ini kepolisian sudah mengamankan lokasi kejadian dan sekitarnya. Serta melakukan beberapa langkah, seperti mengalihkan jalur lalu lintas dan melalui Twitter, intel Polda Metro Jaya juga menganjurkan agar hindari singgah atau mendekat ke tempat makan brand Amerika, karena ada dugaan beberapa titik yang sudah dipasang bom.

Saat ini Jakarta memang belum bisa dibilang aman. Hingga berita ini diturunkan, masyarakat, terutama yang berdekatan dengan lokasi diminta waspada. Netizen Indonesia juga masih saling menguatkan dan mengirimkan kabar atas teror yang meresahkan ini. Semoga aksi ini segera bisa dituntaskan dan mari berdoa buat Jakarta dan negeri kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA