Kue Koya, Jajanan Ngetren Jaman Dulu yang Keberadaannya Sekarang Banyak Diburu

Kenangan akan ‘manisnya’ membuat kita rindu

oleh Harsadakara
10:00 AM on Oct 25, 2017

Kuliner masa kini tentu saja tak lepas dari para millenials yang serta merta menggendong kamera untuk dapat foto ala-ala food porn dan lalu diunggah ke sosial media mereka. Hal tersebut sudah marak diikuti orang dan menjadi kebiasaan. Bahkan mereka lebih milih jepret-jepret daripada berdoa sebelum makan. Bagi sebagian orang, kebiasaan itu lama-lama menjadi sebuah kebosanan.

Banyak dari mereka yang mencari terobosan baru soal kuliner, salah satunya kembali mengingat jajanan jadul. Kue koya adalah satu di antara kue hits zaman dulu, nggak kalah pula dari cake-cake artis yang sedang diburu sekarang. Namun, keberadaan kue koya pun telah berkurang seiring berjalannya waktu.

Baca Juga
5 Fakta Keong Sawah, Makanan Sepele yang Ternyata Punya Kandungan Gizi Seperti Daging Sapi
Cowo Wajib Tau: 4 Jenis Kopi Indonesia dan Racikan Pas untuk Menikmatinya

Selayang Pandang Kue Koya

Kue Koya [image source]
Apa sih kue koya itu? Para remaja ‘90an pasti bisa menjawabnya. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang rasanya sangat manis. Kue ini juga sangat rapuh sehingga ketika akan menyantapnya kita harus ekstra hati-hati agar remahnya tidak tercecer ke mana-mana. Cara membuatnya pun cukup simpel, kadang banyak ibu rumah tangga yang memproduksi kue ini sendiri. Sebelum ada oven seperti sekarang, finishing kue koya dilakukan dengan bantuan sinar matahari. Ajaibnya, kue ini sangat lumer di mulut, ketika kita memasukannya, blush, kue itu akan segera berpecah ruah di dalam mulut dan memberi sensasi yang seru.

Bentuknya yang Macam-macam Menambah Atensi

Kue Koya Persegi [image source]
Kue koya yang biasa kita temui pada umunya berbentuk bulat. Hal tersebut dikarenakan sang produsen biasanya memberi ‘isi’ ke dalam bulatan tersebut. Terkadang kacang hijau, ada pula yang cokelat untuk menambah kenikmatan ketika kue ini disantap. Namun ternyata, bentuk kue koya tidak hanya bulat, namun ada juga yang persegi dan jajar genjang. Meski banyak variasi dalam bentuk kue jadul ini, tapi rasa yang diciptakan tetap sama dan memanggil-manggil kenangan masa lalu.

Pertemuan dengan Kue Legendaris

Jajanan Legendaris [image source]
Hits pada jamannya, kue koya sekarang sudah jarang sekali kita temui. Padahal, dahulu kue ini selalu ada di barisan paling depan ketika kita menyerbu kantin saat istirahat. Dibalut dengan kertas putih dengan ornamen-ornamen merah khas Tionghoa serta 6 bulatan dalam kemasannya yang siap kita santap. Kadang pula jajanan ini menjadi sajian ketika lebaran, hampir setiap rumah pada era ‘90an menyediakan bertoples-toples kue koya. Namun sekarang, jika tidak ke toko jadul yang ada di Pecinan tiap kota, akan susah mendapatkannya. Penjualan di online shop pun kadang rasanya tak seenak dulu.

Sebutan Kue Koya di Berbagai Daerah

Kue Enak [image source]
Ternyata penggemar kue koya berada dari Sabang sampai Merauke. Mereka pun memiliki sebutan khas untuk jajanan legendaris ini. Seperti di Malang, Jawa Timur, yang juga dibilang sebagai pusat dari kue ini, mereka menyebutnya dengan kue satru atau payako. Sedangkan di Jakarta yang mayoritas penduduknya adalah orang Betawi, menyebutnya sebagai kue satu. Biasanya kue koya ini menjadi sandingan ketika menikmati teh atau kopi di sore hari. Meski banyak sebutan, jajanan lawas ini tetap banyak penggemar dan masih diburu hingga sekarang.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kalian jadi teringat akan manisnya kue koya? Keberadaannya memang sulit dicari namun masih terngiang-ngiang di kepala, seperti bayangan mantan. Namun masih banyak loh toko-toko lawas yang bisa kamu kunjungi dan biasanya menjual jajanan legendaris ini. Kuncinya satu, pastikan penjualnya seorang Tionghoa, pasti jual deh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA