5 Ironi Kehidupan yang Hanya Terjadi di Pulau Kalimantan yang Kaya

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Nov 12, 2015

Kalimantan atau yang orang luar negeri sebut Borneo adalah salah satu pulau terbesar di dunia. Di pulau ini tumbuh banyak sekali hutan hujan tropis dan juga hidup ribuan satwa yang sangat endemik dan tak ditemukan di tempat lain. Sayangnya, hal yang sangat hebat ini lambat laun habis karena ulah manusianya sendiri. Akhirnya apa yang menjadi kebanggaan suku asli Kalimantan hanya tinggal namanya saja.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air di Kalimantan

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Selain masalah hutan, ada banyak ironi kehidupan yang terjadi di Kalimantan. Penduduk yang harus mampu menjalani hidup dengan baik. Justru harus bersusah payah dan bertahan di tengah kekurangan yang terus mengikat. Berikut hal-hal yang harusnya ada di Kalimantan namun lenyap dan hanya menyisakan sebuah dongeng belaka.

1. Hutan Luas dan Banyak Namun Manusianya Justru Sesak Napas

Hutan yang ada di Kalimantan diperkirakan ada sekitar 45 juta hektar. Dari luas ini sekitar 30% hutan yang ada telah habis akibat illegal logging dan juga pembukaan lahan untuk kebun kelapa sawit. Kalimantan memiliki banyak sekali hutan yang harus menyumbang banyak sekali udara segar. Namun nyatanya pulau ini justru dilanda dengan bencana kabut asap hingga banyak orang yang sesak napas hingga kematian pun juga datang.

Hutan di kalimantan [image source]
Hutan di kalimantan [image source]
Sebuah ironi di mana pulau yang harus penuh udara segara justru bertransformasi menjadi pulau berpolusi. Pihak-pihak terkait yang membakar hutan adalah penyebab penderitaan pulau paru-paru dunia ini terancam. Pemerintah harus menindak secara tegas pihak-pihak yang membuat hutan Kalimantan berkurang terus-terus menerus. Bukan tidak mungkin puluhan tahun lagi hutan ini akan tinggal jadi separuh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA