in

Bila 5 Hal Ini Terjadi, Indonesia Akan Kembali Menjadi Macan Asia

Indonesia pernah dijuluki sebagai Macan Asia pada tahun 80an hingga 90an. Saat itu Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Asia dan kita semua begitu bangga menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga : 6 Benda Kesayangan Tokoh Besar Indonesia yang Konon Menyimpan Kekeramatan

Namun perlahan julukan tersebut memudar dan kini sudah tidak terdengar lagi. Perlahan, sebagian masyarakat sudah tidak lagi menaruh harapan tinggi pada Indonesia. Namun seandainya lima hal ini terjadi, Indonesia tentu bisa kembali menjadi ‘Macan Asia’.

1. Reformasi Birokrasi Agar Lancar Tanpa Berbelit-belit

Sudah lama masyarakat merasakan ketidakpuasan tentang birokrasi di Indonesia. Akibatnya, masyarakat sering mencibir birokrasi karena pelayanan yang tidak memuaskan, tidak profesional, berbelit-belit atau bahkan banyaknya pungutan liar. Sebenarnya hal seperti ini adalah salah satu penyebab masyarakat Indonesia jadi lambat maju karena harus tertahan di urusan birokrasi yang lama.

Masyarakat membaca cara mendatar BPJS [Image Source]
Masyarakat membaca cara mendatar BPJS [Image Source]
Pada tahun 2010, sebuah survei menunjukkan bahwa Indonesia termasuk sebagai salah satu negara dengan sistem birokrasi terburuk di Asia. Akibatnya, investasi juga jadi susah masuk. Seandainya saja birokrasi direformasi menjadi lebih lancar tanpa berbelit dan tidak ada lagi pungutan liar, masyarakat Indonesia jadi bisa mengerahkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan diri daripada mondar-mandir untuk urusan birokrasi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

6 Alasan Mahasiswa yang Menyambi Bekerja Adalah Pacar Idaman

5 Fakta Sangar Tentang Prajurit Mongol yang Melegenda