in

7 Fakta Mantan Ibu Negara Filipina yang Doyan Hidup Glamor dan Punya Koleksi Barang Mewah

Koleksi sepatu mewah Imelda Marcos di Marikina Museum. [Sumber Gambar]
Koleksi sepatu mewah Imelda Marcos di Marikina Museum. [Sumber Gambar]

Nama Imelda Marcos tidak kalah terkenal dengan mendiang suaminya, Ferdinand Marcos Sr. Ferdinand Marcos sendiri merupakan mantan presiden Filipina yang dianggap diktator dan kerap menuai protes. Imelda merupakan mantan ibu negara Filipina selama 2 dekade yang dikenal bergaya hidup mewah dan glamor.

Bahkan, ia pun dianggap sama berkuasanya dengan sang suami. Seperti apa perjalanan Imelda Marcos sampai menjadi ibu negara yang hidup super mewah? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Terlahir dari keluarga berada

Imelda Remedios Visitacion Romualdez, lahir pada 2 Juli 1929 di Manila, Filipina. Ia terlahir dari keluarga kaya raya, ayahnya seorang pengacara sukses bernama Vicente Orestes Romualdez. Saat Imelda berusia 8 tahun, ibunya meninggal dunia karena pneumonia. Selain itu, praktik hukum sang ayah gagal saat Imelda pada waktu yang hampir bersamaan. Hal tersebut membuat kehidupan finansial keluarga Imelda berantakan.

Imelda Marcos bersama Ferdinand Marcos dan anaknya. [Sumber Gambar]
Imelda Marcos bersama Ferdinand Marcos dan anaknya. [Sumber Gambar]
Sampai akhirnya, Imelda dan keluarganya pindah ke Tacloban, Provinsi Leyte, tempat asal Imelda. Ia pun diasuh oleh kerabatnya, tetapi dikabarkan Imelda mendapatkan perlakukan yang kurang menyenangkan. Dari situlah, Imelda mempunyai ambisi untuk hidup kaya raya. Ambisi Imelda untuk hidup lebih baik, mulai tercapai saat ia mengikuti ajang kecantikan Miss Manila pada 1953. Imelda pun berlanjut mengikuti Miss Philippines. Walau tidak menang, tetapi namanya begitu dikenal.

Habiskan puluhan juta untuk beli sepatu dari desainer terkenal

Koleksi sepatu mewah Imelda Marcos di Marikina Museum. [Sumber Gambar]
Koleksi sepatu mewah Imelda Marcos di Marikina Museum. [Sumber Gambar]
Imelda menikah dengan Ferdinand Marcos pada 1954. Kemudian Ferdinand menjadi presiden Filipina sejak 1965 sampai 1986. Hidup Imelda bergelimang harta dan ia hobi mengoleksi berbagai benda mewah, salah satunya sepatu. Bahkan, dilaporkan ia memiliki 3.000 sepatu dari desainer terkenal. Namun, Imelda sempat membantah dan mengatakan bahwa koleksinya hanya mencapai 1.000 pasang sepatu. Kini, beberapa sepatu Imelda disimpan di Shouse Museum di Marikina, kota penghasil sepatu di Metro Manila.

Hobi belanja sampai ratusan juta

Imelda Marcos saat melakukan tugas kenegaraan. [Sumber Gambar]
Imelda Marcos saat melakukan tugas kenegaraan. [Sumber Gambar]
Kegemaran Imelda belanja cukup mencengangkan. Dia bahkan pernah menghabiskan sampai sekitar Rp500 juta sekali belanja. Barang yang ia beli beragam, seperti perhiasan, sepatu, pakaian, sampai lukisan dari pelukis terkenal Michael Angelo. Harga lukisan yang ia beli di Roma, Italia, tersebut bernilai mencapai Rp50 miliar. Bahkan, koleksi perhiasan Imelda total nilainya sampai Rp500 miliar.

Filipina harus punya gedung berskala internasional

Salah satu ambisi Imelda yang kontroversial lainnya adalah ia ingin beragam acara bertaraf internasional digelar di Filipina. Sehingga banyak bangunan gedung baru di Filipina semasa Imelda berperan sebagai first lady. Salah satunya adalah Philippine Heart Center yang menjadi Manila Film Center. Namun, bangunan tersebut kini terbengkalai dan dikenal berhantu.

Penampakan Manila Film Center. [Sumber Gambar]
Penampakan Manila Film Center. [Sumber Gambar]
Saat itu, Manila Film Center dibangun untuk penyelenggaraan Manila International Film Festival. Ada juga Folk Arts Theater yang dikhususkan untuk ajang Miss Universe Pageant 1974. Kemudian, Coconut Palace yang dibangun khusus untuk tempat tinggal Paus Yohanes Paulus II selama kunjungannya pada 1981.

Ikut melobi pimpinan negara lain

Imelda Marcos saat bertemu Fidel Castro. [Sumber Gambar]
Imelda Marcos saat bertemu Fidel Castro. [Sumber Gambar]
Imelda bukan hanya mendampingi suaminya, tetapi juga ikut terjun ke dunia politik. Ia menjadi gubernur Manila. Bahkan, Imelda juga melakukan kunjungan kenegaraan sendirian untuk bertemu pemimpin dunia. Beberapa pemimpin dunia yang ia temui adalah Mao Zedong, Fidel Castro, Saddam Hussein, dan Muammar Gaddafi. Tidak sampai di situ, berbagai sumber menyebutkan bahwa Imelda menjadi penguasa di Malacanan Palace (istana kenegaraan) menjelang akhir kekusaan Ferdinand Marcos. Pasalnya, kala itu Ferdinand mulai terserang penyakit lupus.

Imelda dan keluarganya diasingkan ke Hawaii

Imelda Marcos kini berusia 93 tahun. [Sumber Gambar]
Imelda Marcos kini berusia 93 tahun. [Sumber Gambar]
Ferdinand Marcos dikenal sebagai pemimpin diktator yang melakukan segala cara untuk tetap berkuasa. Ia pun diduga menjadi dalang di balik pembunuhan Benigno Aquino, politikus oposisi Ferdinand. Akibatnya, protes pun melanda kepemimpinan Ferdinand sampai ia dan keluarganya kabur ke Hawaii pada 1986. Ferdinand Marcos pun meninggal dunia pada 1989. Selanjutnya, Imelda kembali ke Filipina pada 1991. Ia pun dipenjara sehari setelah tiba di Filipina, tetapi dibebaskan dengan jaminan.

Berkuasa kembali setelah diasingkan

Sekembalinya ke Filipina, Imelda kembali terjun ke dunia politik. Ia menjadi salah satu kandidat presiden tetapi kalah dengan lawannya. Tidak berhenti sampai di situ, ia menjadi dewan perwakilan rakyat selama beberapa tahun. Kemudian, Imelda terpilih menjadi perwakilan rakyat dari Provinsi Ilocos Norte. Provinsi itu merupakan tempat mendiang suaminya lahir dan tempat keluarga Imelda masih memegang pengaruh politik.

Bongbong Marcos, anak Ferdinand dan Imelda yang jadi presiden Filipina. [Sumber Gambar]
Bongbong Marcos, anak Ferdinand dan Imelda yang jadi presiden Filipina. [Sumber Gambar]
Bukan hanya Imelda, dua dari empat anaknya juga terlibat dalam dunia politik. Anak perempuannya bernama Imee, menjadi gubernur Ilocos Norte pada 2010, sedangkan anak lelakinya, Ferdinand Marocs Jr. atau dikenal sebagai Bongbogn Marcos, terpilih menjadi senat nasional pada tahun yang sama. Bahkan, Bongbong Marcos kini terpilih sebagai presiden Filipina yang mulai menjabat pada 30 Juni 2022 menggantikan Rodrigo Duterte.

BACA JUGA: 6 Tingkah Istri Presiden yang Bikin Suaminya Malu Setengah Mati

Walaupun terpilih sebagai presiden, tidak sedikit masyarakat yang menganggap Bongbong hendak menghapus jejak politik buruk keluarganya.

Written by H

Dari TK sampai Lulus Kuliah Bareng, Ini Kisah Unik Si Kembar Nuri dan Husna

Terbakar Api Cemburu, Pria Ini Tega Bunuh Kekasih dengan Cara Sadis Lalu Menyerahkan Diri