Sebelum adanya media promosi seperti televisi, iklan-iklan jadul masih mengandalkan media cetak serta televisi. Agar hal tersebut mudah diingat dan diterima, mereka sengaja membuat tagline dengan kalimat tertentu sehingga lekat dalam pikiran kita.

Terkhusus para generasi 90-an pasti tau banget kan beberapa iklan motor ini? Ya, karena pada masa itu, motor merupakan kendaraan yang cukup wah dan belum begitu menjamur seperti sekarang. Kita flashback dulu yuk, berikut 4 iklan motor yang pernah hits pada masanya.

Iklan Jupiter Mx yang menggandeng Valentino Rossi

Jupiter Mx bisa dikatakan motor yang menjadi primadona banyak orang di tahun 2000-an. Iklan-iklan motor ini juga enggak kalah kece dan menggandeng artis-artis papan atas. Iklan untuk Jupiter ini sempat dibuat beberapa versi. Pada tahun 2005, ada versi jembatan runtuh, di mana Komeng menjadi lakon utamanya. Dengan tagline ‘yang lain makin ketinggalan’, Jupiter Mx disebut-sebut bukan motor bebek biasa, karena dengan kecepatannya bisa membuat apapun yang ia lewati roboh, bahkan jembatan sekalipun. Pada 2009 Jupiter mengeluarkan versi barunya, masih dengan tagline yang sama, kali ini Komeng dipasangkan dengan Valentino Rossi –yang saat itu berada di puncak kariernya. Tentu kehadiran sosok Rossi yang melegenda menjadi ingatan tersendiri bagi yang pernah menyaksikan iklan ini.

Iklan Yamaha Corporate 2007

Motor-motor keluaran Yamaha enggak kalah hits pada masanya loh, seperti yang kalian lihat dalam video ini. Dengan backsound lagu Noah berjudul Semakin di Depan –sesuai tagline Yamaha, memakainya seolah sudah menjadi orang yang paling keren sejagad Indonesia. Bagaimana tidak, motor tersebut enggak cuma bisa dinaiki saja, tetapi bisa diajak terbang dari ketinggian tanpa mencederai yang mengendarainya. Inilah yang paling menjadi daya jual dan membuat ia abadi dalam ingatan masyarakat.

Iklan Shogun  2001 dan 2003

Shogun bisa dikatakan sebagai motor bebek 4-tak legendaris dari Suzuki yang masih eksis hingga sekarang. Lahir pada tahun 2000-an, karena Shogun juga-lah penjualan Suzuki di Indonesia bisa terdongkrak. Nah, kalau berbicara tentang Shogun tentu tak lengkap rasanya kalau tidak membicarakan sang bintang iklan yang membuat motor tersebut menjadi hits, siapa lagi kalau bukan Almarhum Mamiek Prakoso. Dengan tagline ‘Shogun Dilawan’ iklan tersebut mempromosikan kalau kecepatan si motor bebek sama seperti mobil. Selain itu, ia juga unggul karena body-nya yang lebih ramping dan aerodinamis. Mamiek sendiri menjadi bintang iklan selama dua periode yaitu di 2001 dan 2003.

Vivamas, matic yang dipopulerkan oleh Agnez Mo

Siapa yang enggak mengenal sosok Agnez Mo? Sudah muncul di televisi sejak kecil, Agnez Mo kini semakin terkenal dengan segudang prestasinya di dunia internasional. Tak hanya menyanyi loh Sahabat, Agnez juga pernah menjadi bintang iklan motor matic (tanpa gigi) yang pernah booming di tanah air pada tahun 2000. Ya, motor ini menjadi pilihan dan banyak dibeli oleh masyarakat ketika itu karena kapasitas mesin yang cuma 50 cc, pas banget buat wira-wiri ke pasar. Dengan tagline ‘Berkelas karena Berkualitas’, motor yang disebut Baby Matic Vivamas menjadi ingatan tersendiri.

Ya, pada masa itu mah punya motor adalah keadaan yang kece karena dapat meningkatkan prestise. Berbeda dengan sekarang, di mana siapapun bisa dan punya motor, bahkan dalam satu keluarga saja bisa punya lebih dari satu kuda besi tersebut. Yang enggak punya? Gampang! kan ada ojek online. Hehe.