in

Viral Ikan ‘Bunuh Diri’ ke Daratan di Minahasa Selatan, Apa Ya Penyebabnya?

Ikan, memang diciptakan untuk hidup di dalam air. Enggak ada tuh yang namanya ikan hidup di udara. Ya memang sih ada ikan terbang, tapi tetap saja makhluk hidup satu itu hidup di dalam perairan. Namun apa jadinya, jika mereka memilih memberontak atas takdirnya yang harus hidup di air? Seperti peristiwa di Pantai Alar, Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Di tanggal 20 Maret kemarin, ada banyak ikan-ikan yang seperti bunuh diri.

Eits tapi bukan gantung diri seperti manusia ya. Melainkan ikan-ikan tersebut lompat ke daratan. Dan dari sini, akun instagram @cungrandi yang mengunggah kejadian tersebut seketika viral. Banyak yang menanyakan mengapa ikan-ikan tersebut melompat ke daratan. Sahabat Boombastis tentunya penasaran juga kan? Yuk deh, simak ulasan di bawah ini tentang kemungkinan penyebabnya.

Ikan mencari tempat yang penuh dengan oksigen

Salah satu faktor yang paling mungkin adalah ikan mencari oksigen. Dituturkan oleh Dosen Fakultas Perikanan & Kelautan, Universitas Lambung Mangkurat, Slamat jika ini bisa terjadi karena ada perbedaan tekanan salinitas antara di permukaan dan dasar perairan.

Ikan cari oksigen [Sumber Gambar]
Di mana kadar salinitas di dasar lebih tinggi daripada permukaan. Ditambah lagi dengan perubahan suhu yang terjadi secara mendadak, menyebabkan oksigen dalam air lepas dari ikatannya. Sehingga air secara mendadak kekurangan oksigen dan membuat ikan memilih melompat ke daratan.

Ikan terganggu dengan suara berisik di sekitar

Ikan bisa terganggu karena suara? Jawabannya tentu bisa. Nah, hal ini bisa menjadi penyebab ikan-ikan di Pantai Alar tadi melompat ke daratan. Mungkin bisa jadi dari suara mesin kapal atau sumber lainnya yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Hal ini pernah dialami oleh ikan-ikan yang ada di Jiaozuo, Provinsi Henan, China.

Ikan tidak bisa berisik [Sumber Gambar]

Di tahun 2017 lalu, ikan-ikan yang berada di dalam air tiba-tiba melompat ke daratan. Para penduduk China mengira jika itu merupakan sebuah pertanda datangnya gempa bumi atau kebocoran arus listrik. Namun, pejabat lokal menepis semua alasan itu. Ia malah mengungkapkan jika ikan-ikan yang ada di sana melompat karena terganggu dengan suara dari kompetisi menyanyi di sekitar perairan.

Ikan sedang melakukan migrasi

Kemungkinan penyebab dari ikan yang melompat ke daratan adalah karena melakukan migrasi. Yap, bisa saja itu adalah ikan yang hidupnya suka sekali berpindah-pindah. Mereka melakukan perpindahan karena ada beberapa faktor.

Ikan melakukan migrasi [Sumber Gambar]
Seperti suhunya yang tidak cocok, kedalaman kurang pas atau jenis airnya tidak baik untuk kelangsungan hidup mereka. Sehingga ikan-ikan ini akan memilih pindah tempat dengan cara melompat ke daratan terlebih dulu. Biasanya, ikan yang melakukan perpindahan tempat seperti ini berjenis Lembang. Di mana mereka suka bergerombol dan berpindah tempat tinggal dengan cara yang unik.

Ikan sedang mendinginkan tubuh

Meskipun di dalam air, ikan ternyata juga bisa merasakan panas berlebih. Dengan caranya masing-masing, mereka dapat mendinginkan badan dalam waktu yang cukup singkat. Seperti halnya ikan amfibi yang dapat hidup di air dan tinggal di darat dalam beberapa waktu.

Termasuk ikan amfibi [Sumber Gambar]
Ikan amfibi ini akan mendinginkan tubuhnya dengan melompat ke daratan dalam jangka waktu yang relatif lama. Bisa begitu karena ikan amfibi memiliki kulit khusus yang dapat mengambil alih banyak fungsi insang. Sehingga ikan ini bisa bertahan lebih lama di darat tanpa perlu khawatir kehabisan oksigen.

BACA JUGA : Bisa Tangkap 10 Saja Ikan Ini Kamu Bakal Jadi Jutawan Seketika

Dari ulasan di atas, kita jadi tahu penyebab mengapa ikan melompat ke daratan. Tapi untuk peristiwa yang terjadi di Pantai Alar tadi, masih belum diketahui apa penyebabnya. Butuh dikaji dan analisa dari para ahli terkait fenomena yang sangat unik ini.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Masuk Forbes 2019, Inilah Sosok Milyader Baru Indonesia yang Dulunya Pernah Kena PHK

Narkoba hingga Tukang Fotocopy, Inilah 4 Anak Legenda Bola yang Gagal Ikuti Jejak Ayahnya