in

Bukan Hoax, Ini Rahasia di Balik Ikan yang Bisa Hidup Kembali Setelah Dibekukan

Mungkin Sahabat Boombastis masih ingat dengan video ikan beku yang tiba-tiba hidup setelah dicelupkan ke dalam air beberapa tahun lalu. Di video tersebut dikatakan kalau ikan tersebut bisa hidup karena diletakkan di air zam-zam. Maka dari itu, banyak orang-orang yang percaya kalau air zam-zam itu mempunyai kelebihan termasuk menghidupkan ikan beku.

Tapi, di sisi lain ada juga yang kontra dengan hal yang satu ini. Sebab, beberapa orang tersebut beranggapan kalau peristiwa tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Nah, ternyata memang fenomena unik yang satu ini dapat diulas secara ilmiah Sahabat Boombastis. Bukan karena air zam-zam ataupun sulap yang jadi praduga orang banyak.

Nah, menurut beberapa penjelasan, jika ternyata ikan masih bisa hidup kembali kalau suhu pembekuannya sekitar -35 derajat celcius Sahabat Boombastis. Jadi, dengan metode tersebut, bisa dikatakan kalau ikan tersebut hanya dimatikan sementara dan dapat dihidupkan lagi sewaktu-waktu kalau dibutuhkan. Ikan tidak akan mati dikarenakan hewan tersebut memiliki protein anti beku yang akan menjaganya tetap hidup meskipun dalam keadaan seperti itu. Sehingga, ikan akan tetap segar meski kondisinya sudah seperti mati saja.

Ikan bisa hidup kembali maksimal dua tahun [Sumber Gambar]
Bahkan, fenomena satu ini ternyata juga punya keunikan lain. Dilansir dari ketahui.com, kalau kita ingin menghidupkan ikan beku kembali dalam waktu dua tahun, ternyata masih bisa lho. Alasannya karena dua tahun adalah jangka waktu maksimal dari ikan bisa dihidupkan kembali. Selebihnya, mungkin ikan sudah tidak segar kembali alias telah berpulang kepada yang Maha Kuasa. Namun perlu digarisbawahi, kalau ikan yang bisa bertahan hingga dua tahun lamanya tersebut berada dalam suhu dan juga kondisi stabil.

Dibekukan dengan suhu -35 derajat [Sumber Gambar]

Nah, kalau kalian ingin menghidupkan ikan tersebut. caranya cukup gampang kok Sahabat Boombastis. Kalian hanya tinggal memasukkan ikan tersebut ke dalam air yang suhunya normal. Tunggu beberapa saat, lalu kalian bisa melihat ikan akan hidup kembali seperti semula. Kerennya, ikan tersebut tidak akan mengalami perubahan apapun, ia tetap bisa hidup normal seperti sedia kala.

Lalu, untuk pembekuannya sendiri, butuh orang-orang ahli yang melakukannya nih. Sebab, hanya para ahli lah yang tahu bagaimana suhu, penempatan dan kondisi ikan ketika hendak dibekukan. Tak sembarangan untuk menjadikan ikan tersebut mati suri. Secara garis besar, metode pembekuan dilakukan dengan sebuah mesin khusus dan satu buah wadah berisi air yang suhunya minus 35 derajat celcius. Lalu, ikan yang dimasukkan ke dalam wadah tersebut akan membeku dan ditandai dengan munculnya lapisan es pada tubuhnya. Sehingga, ikan akan terlihat seperti sudah mati.

Jadi ikan yang sudah dibekukan dan kemudian bisa hidup kembali itu bisa dijelaskan secara ilmiah ya Sahabat Boombastis. Bukan dari kehebatan air ataupun sulap dan semacamnya. Nah, dari fenomena ini, ternyata penduduk di Negara Jepang sudah terlebih dahulu menerapkannya. Apalagi kalau bukan untuk ekspor atau impor ikan. Bisa ditiru nih caranya, khususnya untuk para pedagang ikan di Indonesia.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Jusuf Kalla dan Kerajaan Bisnis yang Membuat Dirinya Jadi Wapres Terkaya di Indonesia

Melihat 300 Sumur yang Dibangun oleh Jin Nabi Sulaiman, Ada Rahasia Ajaib di Baliknya