Pertengkaran antara ibu dan anak tidak pernah lepas dari kehidupan keluarga. Ada saja segala permasalahan yang menyebabkan sumbu pendek pertengkaran ibu dan anak itu menyala. Anak batuk, sang ibu akan berteriak, “Es terossss!”, anak main hape, si ibu akan menyindir, “Hape terus.” Ada lagi kalau anak izin buat main, “main terosss!”

Selain masalah-masalah sepele itu ada konflik lain yang ternyata jauh lebih serius hingga menyebabkan pertengkaran ibu dan anak. Lebih serius jika pasangan ibu anak tersebut adalah public figure, sudah pasti ketegangan bakal tersorot publik dan menjadi trending di berbagai media sosial. Berikut adalah beberapa pertengkaran antara ibu dan anak dari kalangan seleb yang hubungannya sempat diuji.

KD – Aurel & Azriel

Masalah ini muncul saat Aurel Hermansyah susah menghubungi ibu kandungnya. Hingga Aurel berkomentar di instagram KD saat idul fitri, “Minal aidin wal faidzin, Mi. Kabari ya, Mi, kalau ada waktu buat ketemu atau zoom juga nggak apa-apa kok,” tulisnya. Komentar itu dibalas KD dan menjadi sorotan publik. Bahkan Raul Lemos juga turut serta menggunggah soal sopan santun. Hingga akhirnya, Aurel mengunggah story instagram yang berisi kata-kata bijak soal hubungan anak dan adiknya, Azriel, ikut mengunggah story yang serupa.

KD, Aurel, Azriel [sumber gambar]
Konflik semakin memanas ketika KD mengunggah percakapan WA dirinya dan sang anak. Masalahnya itu bukan percakapan biasa melainkan perselisihan antara KD dan Aurel. Merasa ibunya keterlaluan, Azriel mengunggah curhatan panjang lebar. Mulai dari makian Raul Lemos hingga Anang Hermansyah yang sering disakiti KD. Hingga saat ini masalah antara KD dan anak-anak kandungnya itu belum juga reda. perselisihan itu bahkan melibatkan banyak pihak. Bahkan KD juga melakukan klarifikasi tentang perselisihan ini di Channel Youtube Dedy Courbuzier. Semoga saja masalah ini segera selesai dengan adanya komunikasi dua arah antara KD bersama anak-anaknya.

Anisa – Juwita

Perselisihan antara Anisa dan Juwita Bahar sudah ada sejak Juwi masih kecil dan tinggal dengan papanya. Entah bagaimana akhirnya, perselisihan itu selesai dengan Juwi tinggal dengan Annisa. Tapi nyatanya, setelah tinggal bersama, masalah di antara mereka timbul lagi dan dengan persoalan yang berbeda. Saat Juwita berumur 22 tahun, perselisihan di antara mereka muncul saat Juwita berpacaran dengan laki-laki bernama Deddy. Yang mana Deddy tersebut adalah mantan kekasih sang kakak, Jelita. Anisa menganggap kelakuan Juwita aneh karena berpacaran dengan bekas sang kakak.

Annisa – Juwita [sumber gambar]
Bahkan Juwita rela membangkang Anisa dengan pergi ke Bandung malam-malam dengan travel untuk menemui Deddy. Saking kesalnya dengan Juwita, sampai-sampai Anisa sudah tidak lagi menganggap Juwita sebagai anak. Berbeda dengan Juwita yang hingga kini menganggap Anisa sebagai ibu. Menurut Juwita, Anisa terlalu membawa masalah di antara mereka ke ranah publik. Juwita mencurahkan hatinya lewat Instagram @Juwitabahar11 soal dia yang kerja keras untuk hidupnya dan adik-adiknya. Juwita juga mengungkapkan setiap kali dia ke rumah Anisa, ibunya itu tidak pernah ada. Meski begitu, dengan segala perlakuan Anisa terhadapnya, Juwi masih menganggap Anisa sebagai ibu.

Elvy Sukaesih dan Wirdha Sylvina

Peselisihan di keluarga pedangdut ini bermula dari kasus narkoba Dhawiya, putri bungsu Elvy Sukaesih. Zecky—suami Wirdha, yang saat itu berperan sebagai pengacara Dhawiya dianggap Elvy tidak mampu mengeluarkan Dhawiya dari hukuman penjara karena penyalahgunaan narkoba. Padahal menurut Wirdha, dia dan suaminya itu sudah berupaya keras supaya sang adik bisa rehabilitasi dibandingkan dipenjara.

Wirdha dan Elvy [sumber gambar]
Sayangnya, sang ibunda tetap memutus Zecky sebagai kuasa hukum Dhawiya dan Wirdha menganggap sang ibunda tidak menghargai usahanya. Perseturuan itu berujung pada Wirdha yang tidak diundang pada pernikahan Dhawiya. Bahkan karena sakit hati kasus itu dibawa ke media, Elvy sukaesih sudah tidak menganggap Wirdha sebagai anak. Mirisnya, karena perselisihan ini mereka dikabarkan putus hubungan. Perselisihan ruwet itu belum mencapai titik akhir yang bahagia.

Ely Sugigi dan Ulfi

Komedian Ely Sugigi juga pernah berseteru dengan sang anak, Ulfi Damayanti. Ulfi mengaku jika dia sempat depresi karena sang ibu memintanya untuk menjadi artis, bahkan melakukan settingan. Sementara itu, ternyata Ulfi lebih memilih untuk hidup tenang, ketimbang hidupnya jadi sorotan publik.

ely dan ulfi [sumber gambar]
Hal itu rupanya membuat Ely Sugigi kecewa, terlebih Ulfi telah memblokir semua akun sosmed ibunya. Sebelumnya, Ely sering gonta-ganti kekasih yang usianya lebih muda. Netizen menuding jika hal itu hanya settingan demi menaikkan pamor. Hingga saat ini, belum ada kabar perihal hubungan keduanya. Tapi semoga sudah jadi lebih baik ya.

Ayu Azhari, Axel, dan Sean

Nggak kalah tegang dari yang lain, pada tahun 2010 lalu, Ayu Azhari juga pernah bersitegang dengan anak-anaknya sendiri yaitu Axel dan Sean. Keduanya menyatakan pada media bahwa sejak kecil, mereka sudah menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh ibunya, mulai dari dicakar, dicekik bahkan dihajar.

Ayu, Sean, dan Axel [sumber gambar]
Tak lama setelah melakukan konferensi pers tersebut, keduanya mengatakan jika Ayu kembali melakukan kekerasan pada adik mereka Suleiman yang ketika itu masih berusia 12 tahun, hingga akhirnya si bocah stress dan ingin kabur dari rumah. Namun hal itu dibantah oleh Ayu. Namun setelah bersitegang, Ayu menyerahkan uang warisan pada Axel. Ayu mengaku akan mengalah demi anak. Sekian lama nggak terdengar kabarnya, semoga saja hubungan mereka nggak lagi tegang ya.

BACA JUGA: 4 Alasan Anang Hermansyah Layak Dapat Predikat Ayah yang Super Tegar

Bagaimana menurutmu perselisihan di atas? Siapa yang benar dan siapa yang salah? Kalau diamati, setiap orang memiliki porsi salah masing-masing. Kurangnya komunikasi antara ibu dan anak menjadi pemicu konflik hingga akhirnya menjadi perselisihan yang lebih rumit. Kita doakan semoga perselisihan antara ibu dan anak di atas akan mencapai solusi yang mampu melegakan hati kedua belah pihak.