5 Alasan Kenapa The Hunger Game Series Sesungguhnya Menceritakan Tentang China

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 23, 2015

Kita tidak akan membahas mengenai kisruh klaim Kepulauan Natuna yang dilakukan oleh China. Kali ini kita akan membahas tentang China dari sudut pandang yang lain. Bahkan anda tidak akan pernah berpikir jika China sebenarnya nyaris sama dengan The Hunger Games Series. Saat ini film yang membius banyak orang ini sudah hadir di series yang keempat dengan tajuk Mockingjay Part 2.

Film ini menceritakan tentang distrik-distrik yang harus mengirimkan wakilnya untuk sebuah ritual perang. Mereka harus saling bunuh hingga muncul satu pemenang. Well, langsung saja inilah 5 alasan kenapa The Hunger Games Series sesungguhnya menceritakan China!

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. China Sudah Memiliki Distrik

Jika anda mengikuti The Hunger Games Series sejak awal, maka anda akan mengetahui jumlah distrik di dalam film itu. Setiap distrik memiliki kebudayaan yang berbeda, bahkan apa yang dimakan dan dikerjakan juga tak sama. Hal-hal semacam ini sebenarnya juga terjadi di China. Negara ini memiliki wilayah yang sangat luas lengkap dengan distrik-distrik yang terbentuk dengan sendirinya.

China Sudah Memiliki Distrik [image source]
China Sudah Memiliki Distrik [image source]
Setiap distrik akan memiliki bahasa, kebudayaan, makanan, hingga kebiasaan hidup yang berbeda. Bahkan bisa dibilang setiap kota saling bersaing untuk menjadi yang terbaik di China. Dengan begitu pemerintah pusat akan lebih memperhatikan mereka.

2. Beijing Adalah Sebuah Kapital

Jika di The Hunger Games Series kita mengenal Panem sebagai kota pusat. Maka di China kita mengenal Beijing. Kota Panem yang digambarkan oleh film dan buku terlihat begitu hebat. Kemewahan ada di mana-mana. Meski demikian, banyak sekali rahasia di balik keindahan itu. Hal sama yang dimiliki oleh Beijing.

Beijing Adalah Sebuah Kapital [image source]
Beijing Adalah Sebuah Kapital [image source]
Saat ini Beijing memiliki proyek megastruktur yang menjadikannya pusat dari peradaban di China modern. Meski banyak kemewahan di sini. Tapi Beijing juga memiliki sisi-sisi gelap yang menyerupai labirin. Bisa masuk namun belum tentu bisa keluar.

3. Pasrah Dengan Pemimpin Meski Menderita

Satu hal yang bisa kita lihat dari The Hunger Game series. Kepatuhan semua orang terhadap pemimpinnya meski menderita. Akhirnya mereka tetap mau melakukan permainan meski akhirnya harus saling membunuh untuk menjadi seorang pemenang. Di China, pemimpin yang ada di pusat memiliki kekuasaan yang absolut. Artinya tidak ada pihak dari mana pun yang bisa menentang yang diinginkannya.

Pasrah Dengan Pemimpin Meski Menderita [image source]
Pasrah Dengan Pemimpin Meski Menderita [image source]
Warga China mengetahui hal ini. Namun mereka tidak bisa melakukan apa-apa. Yang bisa dilakukan adalah bertahan hidup meski menderita. Mereka menganggap apa yang dilakukan oleh pemimpinnya adalah yang terbaik. Meski ada beberapa orang yang kerap memprotes namun tidak bisa memberikan perubahan apa-apa.

4. Distrik ke-13 Adalah Taiwan

Distrik ke-13 dalam film The Hunger Game Series adalah distrik yang selalu dihantui oleh penguasa dalam hal ini Capitol. Meski demikian Capitol telah memberikan kebebasan kepada Distrik ke-13 ini dalam menjalankan aktivitasnya. Meski demikian distrik ke-13 tetap ada dalam pengawasan Kapitol. Sedikit banyak apa yang dialami distrik ke-13 mirip seperti Taiwan. Pulau kecil yang terletak di sebelah timur China ini. Meski memiliki presiden sendiri, Taiwan terus saja diintervensi oleh China, bahkan diklaim.

Distrik ke-13 Adalah Taiwan [image source]
Distrik ke-13 Adalah Taiwan [image source]
Bahkan saat ini ada dua sistem yang ada di Taiwan. Pertama adalah sistem lokal yang dijalankan oleh pemerintah asli Taiwan. Kedua adalah sistem yang diadaptasi dari China, atau sering disebut dengan One China Policy. Sistem pertama menekankan adanya demokrasi di Taiwan dan sistem kedua menekankan komunisme yang berasal dari daratan utama China.

5. Apa yang Diberitakan Sebagian Besar Merupakan Propaganda

Panem adalah sebuah kota yang seluruh saluran TV dan beritanya berisi propaganda. Atau bisa dibilang tidak ada berita yang benar-benar terjadi. Semuanya di-mark up sedemikian rupa hingga penduduk hanya tahu apa saja yang baik. Hal-hal buruk mengenai pemerintahan akan mendapatkan filter habis-habisan.

Google China Ditutup [image source]
Google China Ditutup [image source]
Hal semacam ini juga terjadi di China. Negara ini menerapkan sensor yang sangat kuat kepada informasi yang akan jatuh ke publik. Mereka akan melakukan dengan sekuat-kuatnya agar rakyat tidak memberontak. Itulah mengapa beberapa kali China terlibat kasus pemblokiran situs-situs pencarian Google ke negaranya. Mereka tidak ingin apa yang terjadi di pemerintahan diketahui oleh warganya.

Itulah lima hal yang mendasari kenapa The Hunger Game sejatinya menceritakan China. Negara dengan penduduk terbesar di dunia itu ternyata memiliki kesamaan yang membuatnya layak dijuluki The Hunger Game dunia nyata. Bagaimana menurut anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA