Keberadaan media sosial yang semakin menjamur membuat perubahan yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Segala sesuatu yang dianggap aneh, unik, dan nyeleneh bisa saja viral dan diketahui oleh orang seluruh penjuru negeri.

Jika instagram punya hengpong jadul mince @Lambe_turah dan @makrumpita yang mengcapture segala aktivitas para seleb tanah air, maka facebook punya Yuni Rusmini dan Eris Riswandi yang biasanya menyebarkan segala berita viral terkini yang terjadi. Salah satunya adalah fenomena ‘hujan duit’ yang ada di Probolinggo.

Bikin heboooh tetangga Dan masyarakat sekitar .Sebuah keluarga nyebar uang dari atas rumahnya.#Lokasi probolinggo.

Posted by Yuni Rusmini on Wednesday, 2 January 2019

Video ini diunggah pada Kamis (3/1/2019), dalam video berdurasi 2 menit 22 detik tersebut tampak beberapa orang (sekeluarga besar) yang menyebar uang kertas dari atas rumahnya yang berlantai dua. Mereka terlihat bergantian melemparkan uang kertas yang diambil dari dalam kresek plastik kepada para pemungut yang sudah menunggu di bawah.

Sementara di depan rumahnya terlihat ratusan orang, tua-muda, kakek-nenek, serta ibu-ibu yang memperebutkan uang tersebut. Mereka bahkan rela berdesakan demi mendapatkan banyak kertas bernilai Rupiah yang dilemparkan kepada mereka. Tak heran jika kondisi halaman semakin padat karena warga satu persatu berdatangan ke lokasi. Anak-anak yang ikut menadah ‘hujan duit’ itu tampak sumringah karena telah berhasil menggenggam sejumlah uang di tangan mereka.

Hujan duit di Probolinggo [Sumber gambar]
Sayangnya, dalam unggahan Yuni Rusmini ini tidak ditulis dengan jelas siapa keluarga yang kaya raya tersebut, serta apa motif mereka menghamburkan uang di siang bolong seperti itu. Yuni hanya menulis caption singkat “Bikin heboooh tetangga dan masyarakat sekitar. Sebuah keluarga nyebar uang dari atas rumahnya. #Lokasi probolinggo.”

Karena hal tersebut kolom komentar akun Yuni Rusmini banyak dihujani pertanyaan netizen yang kepo dengan identitas sang keluarga dan alasan mereka buang-buang uang. Yah, sekalian juga bisa ikutan kalau lokasinya jelas kan?

“Klw mau memberi nggak musti kayak gitu yg sopan napa. Bisa langsung menyerahkan pakai tangan sendiri dan ditrimah oleh tangan yang membutuhkan dalam Islam nggak diajarkan yg separti itu” ujar akun Adek Azza. Ada pula akun Kroya Iyang yang berkomentar “Itu paling ritual pesugihan hati2lah jangn ada yg mau ambil nanti dijadiin tumbal. Itu harusnya ditindak lanjuti ga boleh begitu itu uang dibuang2 dah salah tuh”

Komentar Netizen [Sumber gambar]
Yuni Rusmini sendiri menanggapi dengan guyon “ Mungkin melaksanakan nadzar atau mlkkn ritual bisa jg. Keluarga tsb punya sesuatu janji atau gmn gt. Mungkin lho ???, klu Ada uang atau dpt uang dari bla bla gt ?

Sebelumnya fenomena hujan uang ini pernah terjadi di wilayah Kuningan, Jakarta beberapa waktu lalu. Kejadian ini ternyata ulah dari pihak Aplikasi 17Q (dibaca ichi-Q), sebuah aplikasi kuis Live Game Show atau Live Kuis Trivia pertama di Indonesia. Beberapa hari sebelum kejadian di Probolinggo, seorang pemuda Hongkong bernama Wong Ching kit juga melakukan hal yang sama, melakukan hujan uang di pemukiman miskin di negara tersebut.

Sayang, tindakan pemilik Coin’s Group berusia 24 tahun ini malah membuat ia harus berurusan dengan polisi. Ia kemudian diamakan dengan alasan memantik kegaduhan dan membuat macet jalan umum.

BACA JUGA: Fenomena Hujan Aneh di Jakarta Selatan Ini Sukses Bikin Warga Heboh dan Kebingungan

Mungkin ada benarnya netizen yang berkomentar atas ulah-ulah orang kaya seperti di atas. Kalau memang mau memberi ada baiknya diserahkan dengan baik-baik. Toh tak akan ada dorong-dorongan, rebutan uang sampai sobek, keributan dan pertengkaran kan? Untungnya lagi, uang akan tetap sampai ke tangan penerima tanpa kusut dan kotor, betulll?