in

No Ngelag Club, 5 HP 1 Jutaan Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Ngegame

Bermain game adalah salah satu aktivitas yang pasti pernah dilakukan oleh semua pengguna ponsel. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tertarik untuk memainkan game di ponsel, meski beberapa dari mereka mungkin hanya bermain game untuk membunuh kebosanan. Banyaknya YouTuber gaming juga membuat popularitas game semakin meningkat.

Tak heran para vendor berlomba-lomba merilis ponsel dengan harga terjangkau yang cocok buat para gamers. Meski berada di kisaran harga 1 jutaan, namun kemampuan ponsel-ponsel tersebut tak bisa diragukan. Berikut lima ponsel dengan spesifikasi mumpuni yang cocok buat pecinta game.

1. Samsung Galaxy A03

Samsung tipe seri A ini memiliki layar PLS HD Plus 6,5 inci dan dibekali dengan dua buah kamera. Kamera belakang terdiri dari kamera dept sensor 2MP dan kamera utama 48MP. Galaxy A03 ditenagai chipset Unisoc T606 dengan kecepatan 1,6 Ghz. Spesifikasi yang diunggulkan dari Galaxy A03 adalah ruang penyimpanan dan performanya. Ponsel ini memilik dua pilihan RAM/Penyimpanan, yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Sumber dayanya pun juga maksimal. Baterai berkapasitas 5.000mAh mampu bertahan sekitar 19 jam, tetapi tak dilengkapi teknologi fastcharging.

Samsung Galaxy A03 [sumber gambar]
Sayangnya, saat digunakan untuk bermain game FPS seperti PUBG Mobile, Galaxy A03 beberapa kali mengalami lag meski tak sering. Namun, performa ponsel ini lancar untuk memainkan game FPS lain seperti Free Fire dan game ringan seperti Angry Birds. Samsung Galaxy A03 dibanderol seharga Rp 1.699.000. Kamu bisa intip promonya di sini.

2. POCO C40

Meski desainnya tampak sama dengan POCO M3, ada berbagai perbedaan di POCO C40. Ponsel ini menggunakan kamera ganda 13MP sebagai kamera utama dan 2MP sebagai kamera depth. POCO C40 menggunakan chipset JR510 dari JLQ. Ada dua varian konfigurasi RAM/Penyimpanan yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

POCO C40 [sumber gambar]

Saat pengujian game, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire bisa berjalan dengan lancar meski menggunakan pengaturan grafis yang tak cukup tinggi. Menariknya, gim Genshin Impact langsung terpasang saat ponsel ini pertama kali dinyalakan. Spesifikasi yang ditonjolkan terletak pada baterai 6000mAh yang awet selama 19 jam lebih. Layar dan speaker POCO C40 juga cukup memanjakan pengguna game. LCD beresolusi 720 pixel dan ukuran 6,71 inci memang lebih lebar dibanding pesaingnya. Kamu bisa mendapatkan harga promo POCO C40 di sini dari Rp1.849.000 menjadi Rp1.699.000.

3. Redmi 10C

Ponsel pabrikan Tiongkok ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 680 dari Qualcomm. RAM dan memorinya pun besar yakni 4GB/64GB dan 6GB/128GB sehingga membuat pengguna lebih nyaman. Redmi 10C memiliki kamera utama 50MP dan sensor depth 2MP. Kapasitas baterai yang dimiliki juga cukup besar 5.000mAh.

Redmi 10C [sumber gambar]
Keberadaan Snapdragon 680 diklaim membuat ponsel ini bisa memainkan game-game berat. Game pertama yang diuji adalah Mobile Legends. Hasilnya pun cukup memuaskan. Redmi 10C mampu memainkan game populer ini pada grafik Ultra tanpa lagging atau frame drop. Game selanjutnya adalah Genshin Impact. Pecinta game pasti memahami permainan produksi Mihoyo ini memang cukup berat jika dimainkan dari ponsel. Namun Redmi 10C menunjukkan performa yang baik. Tingkat frame drop masih minimal dan tak terlalu mengganggu kenyamanan gamer. Redmi 10C dibanderol seharga Rp1.820.000 dan bisa kamu beli di sini.

4. Realme C31

Dilengkapi prosesor Unisoc T612, Realme C31 menawarkan dua opsi RAM/Penyimpanan yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Baterai berkapasitas 5.000mAh membuat ponsel ini mampu bertahan selama 14 jam namun pengisian baterai terasa lama tanpa adanya fast charging. Kamera 13MP di bagian belakang menghasilkan foto yang cukup bagus.

Realme C31 [sumber gambar]
Bagi penikmat game, ponsel ini memang tidak bisa menampilkan FPS tinggi saat digunakan bermain game berat seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact. Namun ini adalah ponsel yang tepat untuk penggemar game kasual seperti Clash of Clans, 8 Ball Pool, Angry Birds 2, Subway Surfers, dan lain sebagainya. Tak ada lagging sama sekali saat memainkan game kasual tersebut. Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk beli Realme C31 di sini seharga Rp1.549.000.

5. OPPO A16

Ponsel kelas menengah ini mempunyai ukuran layar yang cukup lega 6,52 inci dan resolusi HD+. OPPO A16 juga dilengkapi dengan fitur AI Eye Care untuk mengurangi mata lelah dan iritasi. Ponsel ini mengandalkan prosesor Helio G35 berkecepatan 2,35Hz. Saat memainkan Mobile Legends, OPPO A16 bisa menjalankan game tersebut pada grafis yang tinggi dengan lancar efek dari teknologi System Booster yang disematkan di ponsel ini sehingga bisa mengurangi lag hingga 18%.

OPPO A16 [sumber gambar]
Daya baterai 5000mAh juga membuat ponsel ini bisa diandalkan untuk gaming. RAM/Penyimpanan yang tersedia adalah 3GB/32GB dan 4GB/64GB. OPPO A16 memiliki kamera utama 13MP dengan fokus otomatis untuk menghasilkan foto yang jernih. Dapatkan potongan harga sampai Rp300.000 kalau beli di official store OPPO, cuma Rp1.499.000 aja!

BACA JUGA: Rekomendasi HP Gaming dengan Harga Terjangkau Untuk Kamu yang Doyan PUBG dan ML Seharian

Itulah lima ponsel pintar lengkap dengan spesifikasi serta keunggulan dan kekurangannya. Harga terjangkau ternyata masih bisa membuat ponsel tersebut menunjukkan performa yang cukup bagus saat menjalankan game. Lima ponsel tersebut bisa menjadi pilihan tepat untuk gamer yang mencari ponsel gaming dengan kisaran harga satu jutaan.

Written by F A Agustina

Hilang Setahun Lalu, Jasad Satu Keluarga Ditemukan Tinggal Tulang Belulang di Septic Tank

Rudal Balistik Korea Utara

5 Rudal Korea Utara dengan Jangkauan Terjauh, Ada yang Bisa Mencapai Amerika Serikat