Peristiwa jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 tentunya jadi sederetan kejadian yang membuat Indonesia berduka. Apalagi mengingat sampai saat ini masih belum ditemukan korban yang selamat dari kejadian itu membuat semakin pilu keluarga korban dan penduduk Indonesia. Apalagi hal ini bukan yang pertama kali terjadi di negeri ini.

Sehubungan dengan kecelakaan pesawat itu, siapa sangka ada beberapa berita hoax yang juga tersebar bersamanya. Entah atas motif apa, yang jelas hal ini malah bikin resah penduduk Indonesia. Supaya kita lebih waspada, berikut beberapa hoax yang ditemui.

Video detik-detik terakhir pesawat yang ternyata bohong

Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 tentunya jadi salah satu berita duka buat kita. Apalagi sampai saat ini evakuasi masih dilakukan lantaran banyak yang belum diketemukan. Namun siapa sangka beberapa waktu yang lalu ada salah satu netizen yang sempat membagikan momen akhir sebelum keberangkatan pesawat tersebut.

Keadaan para penumpang yang berada di dalam pesawat pun juga sedang ketakutan seorang akan benar-benar jatuh. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata video viral itu hanyalah hoax semata lantaran bukan JT 610 namun JT 535. Pun demikian, kepanikan yang terjadi di sana karena masalah turbulensi saja dan bukan seperti yang diberitakan.

Foto terakhir ketika pesawat akan jatuh

Tak hanya video detik-detik terakhir, namun ada pula beberapa foto yang menunjukkan para penumpang saat akan kecelakaan. Dan tak tanggung-tanggung, postingan yang satu ini sudah berkali-kali disebarkan oleh pengguna media sosial.

Alat bantu nafas [sumber gambar]
Di dalam foto ini nampak dua wanita yang tengah mengenakan alat pernafasan darurat yang telah disediakan di pesawat. Biasanya alat ini dipakai ketika pesawat mengalami kerusakan hingga turbulensi. Dan ternyata benar yang diduga kalau foto yang viral ini hanyalah sebuah hoax semata. Foto tersebut ternyata diambil ketika pesawat Sriwijaya sempat mengalami turbulensi dan bukan Lion Air.

Bangkai pesawat yang akhirnya ditemukan

Sempat beredar kabar di media sosial mengenai bangkai pesawat terbang tak selang lama ketika kejadian berlalu. Dalam postingan itu terlihat bagian dari pesawat yang sudah tak utuh, tinggal belakangnya saja dan ditemukan di sekitar perairan. Tentu lantaran dianggap informasi yang penting, tanpa pikir panjang netizen langsung membagikannya.

Padahal kenyataannya bagian tubuh pesawat baru ditemukan tanggal 31 Oktober setelah lumayan lama melakukan pencarian. Usut punya usut, foto bangkai pesawat yang sempat viral di media sosial itu bukanlah milik JT 610. Lebih tepatnya, itu adalah foto dari JT-904 yang mengalami musibah di Bali pada tahun 2013 yang lalu.

Mukjizat bayi yang selamat dari kecelakaan pesawat ternyata bohong

Tak kalah heboh, banyak pula yang memposting mengenai bayi yang ternyata selamat dari kecelakaan pesawat dan mengambang di laut. Tak ada yang tahu bagaimana bayi tersebut bisa selamat namun yang jelas diketahui dirinya mengambang di lautan.

Pun demikian dengan tim penyelamat yang segera menyelamatkannya ketika melihatnya. Namun jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata berita mengenai bayi yang selamat itu dari medsos hanya hoax semata. Bayi itu memang selamat dari kecelakaan, namun dari tragedi KM Lestari Maju bukan dari pesawat Lion Air JT-610. Oleh sebab itu mesti hati-hati dalam menyebarkan berita.

Adanya beberapa berita hoax yang tersebar di dunia maya tentunya jadi warning kalau Indonesia darurat berita bohong. Mungkin benar jika ada kabar terbaru mengenai kecelakaan JT-610 ada keinginan untuk segera menyebarkan. Namun tentu harus divalidasi mengenai kebenarannya.