in

5 Hoaks Seputar Virus Corona yang Kamu Harus Tahu Supaya Tidak Panik Apalagi Nge-Share

Bukan rahasia lagi jika suatu hal menghebohkan yang tengah jadi sorotan banyak pihak, kerap ditunggangi oleh berita palsu alias hoax. Tak terkecuali dengan wabah virus corona, ada banyak konten-konten salah (missleading) yang tersebar di tengah-tengah masyarakat. Parahnya, hal semacam ini terkadang paling banyak dibagikan ulang (share).

Meski kesannya menghebohkan, tak jarang berita hoax semacam ini dinilai sangat merugikan. Terutama pada masyarakat yang tengah mencari informasi akurat soal virus corona dan perkembangannya. Supaya enggak panik dan buru-buru nge-share, yuk simak lima hoax soal Covid-19 yang sempat beredar di masyarakat

Hoax tes air liur untuk deteksi virus corona

https://www.instagram.com/p/B9nfOH4pnbf/?utm_source=ig_embed

Beberapa waktu laku, beredar kabar bahwa pemerintah Singapura bakal melakukan tes air liur kepada penumpang pesawat asal Indonesia yang akan tiba di negara mereka. Narasi yang ditulis dalam bahasa Inggris tersebut, ternyata tidaklah benar alias hoax belaka. Pemberitaan ini lantas diklarifikasi oleh Kedutaan Besar Singapura dalam laman Facebook resmi mereka.

Rebusan bawang putih untuk sembuhkan virus corona adalah hoax

Narasi soal bahan-bahan tertentu yang bisa digunakan untuk menyembuhkan virus corona, memang terkadang mampu mengecoh masyarakat. Salah satunya adalah bawang putih yang jika diolah dalam tata cara tertentu, dianggap bisa menyembuhkan penderita Covid-19. Hal ini kemudian Ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah hoax alias tidak benar.

Minum air hangat dianggap bisa mencegah virus corona

Selain menggunakan bawang putih, ada pula klaim soal penyembuhan virus corona hanya dengan cara berkumur dan minum air hangat yang dicampur garam atau cuka. Belakangan, hal tersebut ternyata merupakan berita hoax alias tidak benar. Sebuah artikel yang berjudul “Will Gargling with Salt Water or Vinegar ‘Eliminate’ the COVID-19 Coronavirus?” (Akankah Berkumur dengan Air Garam atau Cuka ‘Menghilangkan’ COVID-19 Coronavirus?) pada laman Snopes.com (14/03/2020), membantah hal tersebut.

Hoax Presiden Joko Widodo positif virus corona

Hoax soal virus corona yang menyasar Presiden Joko Widodo [sumber gambar]
Presiden Joko Widodo ternyata ternyata juga tak luput dari berita hoax yang ditebarkan oleh oknum-oknum tertentu. Narasi yang dipelintir dari pemberitaan sebuah media daring tersebut, dimanipulasi dengan judul “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”. Padahal pemberitaan yang asli berjudul “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini”. Dilansir dari Rmol.id (20/03/2020), pihak kepolisian akhirnya dikabarkan telah menangkap pelaku penyebar hoax tersebut.

Hoax helikopter Malaysia dan Singapura semprot racun pembasmi corona

Hoax soal helikopter yang diklarifikasi oleh Angkatan Bersenjata Malaysia [sumber gambar]
Baru-baru ini, beredar sebuah informasi soal pemerintah Malaysia dan Singapura yang akan menyemprotkan racun pembasmi virus corona atau Covid-19. Hal ini kemudian dibantah dalam tulisan berjudul “Hoax, Helikopter Malaysia-Singapura Akan Sebar Racun untuk Bunuh Virus Corona” yang diunggah oleh Suryakepri.com (21/03/2020). Tak hanya itu Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM juga mengeluarkan pernyataan resmi terkait informasi yang ada.

BACA JUGA: Menular di Game Free Fire hingga Menyebar Lewat Mata, Inilah Hoax Soal Virus Corona di RI

Situasi Indonesia yang kini tengah sibuk dan fokus terhadap penanganan virus corona, memang tak lepas dari berita miring yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Seperti kabar di atas, kelima-limanya merupakan berita yang kadang menimbulkan rasa panik dan kemudian banyak di bagikan (share), melalui aplikasi pesan WhatsApp. Hati-hati terhadap informasi yang beredar ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Menghitung Penghasilan ‘Mak Beti’, Raja Trending di Dunia YouTube Indonesia

Saad Bin Abi Waqqas, Paman Rosulullah yang Wafat dan Dimakamkan di Guangzhou, Cina