in

Menular di Game Free Fire hingga Menyebar Lewat Mata, Inilah Hoax Soal Virus Corona di RI

Kehebohan soal wabah virus corona di China nyatanya juga tak lepas dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Seakan memanfaatkan momen tersebut, mereka banyak menyebarkan berita hoax di dunia maya dan sosial media. Alhasil, masyarakat awam pun sempat dilanda kecemasan dengan adanya hal tersebut.

Salah satunya adalah informasi hoax melalui Twitter yang mengatakan bahwa virus Corona menyebar lewat ponsel Xiaomi. Tak hanya benda mati seperti smartphone, game Free Fire pun sempat menjadi sasaran hoax yang disebutkan bisa menulari para pemainnya. Lantas, hoax apa saja yang beredar di tengah masyarakat

Foto mayat Bergelimpangan di balanan yang disebut korban virus corona di China

Foto yang dinarasikan sebagai mayat bergelimpangan yang ternyata hoax [sumber gambar]
Beredar sebuah informasi melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang memperlihatkan orang-orang bergelimpangan di sebuah jalan. Narasi yang diangkat adalah, mereka merupakan korban terjangkit virus Corona yang diambil dari satelit. Fakta sesungguhnya, foto tersebut merupakan aksi mengenang 528 korban pembantaian Nazi di Katzbach, Jerman, yang diambil pada 25 Maret 2014.

Ponsel Xiaomi buatan China menularkan virus corona

Hoax soal ponsel Xiaomi menyebarka virus corona [sumber gambar]

Salah satu merek ponsel asal China, Xiaomi juga terkena informasi keliru terkait kehebohan virus corona. Unggahan yang ramai di media sosial Twitter itu, sempat dikomentari oleh netizen tanah air. Menurut Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI Achmad Yurianto menjelaskan yang dikutip dari Kominfo.go.id, virus corona tidak bisa hidup jika menempel di benda mati. Itu artinya, informasi tersebut salah alias hoax.

Hoax virus corona menyebar lewat pandangan mata

Ilustrasi mata [sumber gambar]
Masih berhubungan dengan kesehatan, beredar kabar bawa virus corona bisa disebarkan lewat pandangan mata. Meski terdengar aneh, informasi yang banyak dibagikan di Whatsapp ini tentu bakal membuat khawatir mereka yang awam. Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Endang Budi Hastuti, mengatakan bahwa penularan virus corona tidak bisa melalui tatapan mata.

Virus corona bisa menular lewat game Free Fire

Hoax virus corona dinarasikan menyebar lewat permainan Free Fire [sumber gambar]
Tak hanya ponsel Xiaomi, Game online Free Fire pun menjadi benda mati berikutnya yang dinarasikan bisa menyebarkan virus corona. Hal ini terlihat dalam sebuah gambar hasil tangkapan layar dengan judul “Waspada! Virus Corona Bisa Menular Lewat Game Free Fire”. Karena virus corona tak bisa menyebar lewat benda mati, jelas informasi tersebut keliru dan cenderung menyesatkan.

Informasi sesat soal virus corona telah menular di Indonesia

Sejak menjadi wabah mematikan yang menyebar di China, berita hoax soal virus corona justru merajalela di Indonesia dengan informasi sesat yang cenderung mengada-ada. Deretan hoax tersebut antara lain adalah, “Ada Virus Berbahaya di RSUP 0′ Sardjito”, “Pasien Corona di RSUD Dr Moewardi Solo”, “Pasien Terjangkit Vlrus Corona Di RSHS Bandung”, “Virus Corona Telah Masuk di Palembang”, dan “Pasien Terjangkit Wrus Corona di RSUD Tarakan”. Semua masuk dalam kategori misleading information alias berita palsu.

BACA JUGA: Disemprot Cairan hingga Ditolak Penduduk, Begini Kehebohan Soal Karantina WNI di Natuna

Persebaran berita palsu (hoax) mengenai virus corona ternyata cukup masif di Indonesia. Selain kelima di atas, total Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapati total ada 54 konten hoax yang berada di tengah-tengah masyarakat. “Cyber drone mendapati 54 hoax dan disinformasi. ” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang dikutip dari Inet.detik.com (03/02/2020).

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Inilah Risa, Sosok Penyanyi Lagu ‘Culametan’ yang Viral dan Selalu Terngiang di Kepala

Kisah di Balik Benteng Pendem, Pertahanan Belanda yang Disebut Punya Terowongan Gaib