Sejarah memang menyimpan banyak cerita, baik itu yang baik atau yang buruk. Banyak kisah yang bisa petik maknanya agar membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dan nggak mengulang kesalahan. Tapi nggak jarang sejarah punya cerita yang cukup menyedihkan karena banyaknya kepentingan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah bom yang dijatuhkan oleh Amerika waktu Perang Dunia Kedua pada tahun 1945 yakni di Hiroshima dan Nagasaki.

Nggak tanggung-tanggung bom nuklir menghanguskan hampir seluruh bagian kota yang berada di Jepang ini. Meskipun sudah pernah luluh lantak, Hiroshima dan Nagasaki saat ini justru menjadi salah satu tempat pariwisata yang wajib kamu kunjungi saat jalan-jalan di Negeri Sakura. Gimana perubahannya? Simak dulu ulasan kita berikut ya!

Bagaimana kondisi setelah bom

Kondisi setelah bom [Sumber Gambar]
Bom nuklir yang dijatuhkan pada pagi hari sekitar pukul 9 pagi itu membuat warga yang ada di sekitarnya kaget. Tidak hanya dari suaranya yang menggelegar, tapi juga dari kilatan cahaya yang hampir membutakan mata. Seketika gedung dan rumah-rumah pun seperti disapu badai dan hilang berubah jadi puing-puing. Nggak hanya gedung, tapi juga banyak orang-orang yang menjadi korban dan seketika meninggal di tempat, sedangkan yang bisa bertahan hidup harus menerima kenyataan bahwa mereka akan cacat seumur hidup, hasil dari luka bakar dan radiasi nuklirnya.

Kini bertansformasi jadi Hiroshima Peace Memorial

Memorial Place [Sumber Gambar]
Namun jangan dibayangkan saat ini Hiroshima susah move on dari kejadian yang bikin ngilu ini. Justru saat ini Hiroshima bertransformasi menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang cukup populer yakni Hiroshima Peace Memorial. Tempat yang dulunya menyeramkan kini berubah 180 derajat! Banyak taman yang didirikan dan area hijau yang menyejukkan mata, pengunjung pun bisa jalan-jalan dengan santai di jalanan kokoh yang ada disini.

Fasilitas dan spot historis

Kubah perdamaian [Sumber Gambar]
Salah satu tempat yang jadi ikon adalah ada Kubah Bom atau Bomb Dome yang nggak direnovasi seperti area lain agar tetap menjadi pengingat sejarah dan disimbolkan sebagai penampung doa dari seluruh orang yang ada di Hiroshima. Event tahunan pun diselenggarakan untuk mengenang tragedi ini setiap tanggal 6 Agustus yang diberi nama “Hiroshima Peace Memorial Ceremony”. Dalam acara ini, ratusan pengunjung mengheningkan cipta tepat pada pukul 8.15, selama satu menit. Malam harinya, pengunjung menyalakan lampion yang berisi doa-doa untuk para korban bom lalu dihanyutkan di sungai yang ada di dekat situs bersejarah ini.

BACA JUGA: Beginilah Ngerinya Nasib Hibakusha, Korban Bom Hiroshima-Nagasaki Usai Perang

Sebuah kesalahan memang punya efek yang besar, tapi dari bangkitnya Hiroshima, kita bisa belajar bahwa seburuk apapun keadaan kita bisa dibangun kembali asalkan punya niat. Hiroshima memang punya catatan hitam dalam sejarahnya, namun tempat ini juga bisa bangkit menjadi tempat yang lebih baik untuk seluruh warganya. Bagaimana menurutmu?