in

Bianglala Terbalik di Sekaten, Begini Cara Hindari Kecelakaan di Wahana Permainan

Taman Bermain Sekaten yang ada di Yogyakarta akhir-akhir ini jadi perbincangan hangat seluruh Indonesia. Di mana salah satu wahana permainannya, tepatnya bianglala mengalami kerusakan yang membuat beberapa penumpangnya kecelakaan. Awalnya hanya ada satu kabin yang tiba-tiba terbalik. Lalu disusul dengan dua kabin lainnya yang juga ikut terbalik dan membuat semua penumpang bianglala saat itu panik.

Melihat insiden ini cukup mengerikan, lantaran taman bermain yang seharusnya menghibur malah jadi sumber trauma sebagian orang. Nah, maka dari itu Boombastis.com akan menjelaskan nih bagaimana cara menghindari kecelakaan di wahana bermain. Simak yuk ulasan di bawah ini.

Cari tahu seluk beluk tentang wahana yang kalian ingin naiki

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari tahu info tentang wahana. Maksudnya adalah tentang seluk beluk wahana yang ingin kalian coba. Eits, tapi enggak perlu detail-detail sampai dengan siapa pencipta dan wahananya terbuat dari bahan apa.

Cari tahu info tentang wahana [Sumber Gambar]
Cukup dengan mencari tahu apakah wahana tersebut pernah mengalami kerusakan atau menimbulkan kecelakaan bagi pengunjungnya. Dengan begitu kalian bisa memutuskan sendiri apa permainan tersebut layak untuk dicoba atau tidak. Kalau sudah pernah mengalami kerusakan sih sepertinya penulis udah mundur teratur untuk mencobanya.

Perhatikan juga efek dari mencoba permainan tersebut

Sudah tahu seluk beluknya wahana? Sekarang lanjut lagi cari tahu mengenai efek dari permainan tersebut. Ini juga perlu diperhatikan Sahabat Boombastis supaya kita bisa memperkirakan apakah wahana berbahaya untuk kita, khususnya di sisi kesehatan. Seperti yang sering kita temui yaitu mual, muntah atau pingsan setelah mencoba wahana roller coaster.

Pingsan di wahana [Sumber Gambar]

Itu termasuk kecelakaan juga lho Sahabat Boombastis, tapi dalam tahap ringan. Efek-efek ini bisa berpengaruh ke psikis kita yang sewaktu-waktu dapat membuat trauma dan ogah untuk menaikinya lagi. Enggak mau kan liburan kita jadi hancur gara-gara itu? Nah, sebelum itu terjadi, lebih baik perhatikan dampak-dampaknya dulu deh ya.

Catat aturan-aturan yang berlaku sebelum menaiki wahana

Ketika kalian sudah yakin dengan wahananya, yuk deh kita naik. Eh tapi tunggu dulu, ada yang perlu kita lakukan sebelum naik ke permainan. Tentunya memperhatikan aturan-aturan sebelum mencoba wahana permainan. BIasanya, di pintu masuk permain tertulis apa saja syarat supaya lolos masuk ke wahana (uh, udah kayak tes cpns aja yak).

Baca aturan sebelum naik wahana [Sumber Gambar]
Jadi, perhatikan satu demi satu aturannya dan jangan sampai ada yang terlewat. Kalau ada satu atau dua poin aturan yang tidak bisa kalian penuhi, berarti belum rezeki untuk menaiki wahana tersebut. Jangan sampai kalian nekat untuk melanggar aturan lantaran bisa berdampak buruk pada keselamatan nantinya.

Ketika sudah naik ke wahana, perhatikan hal penting ini

Semua poin sudah lolos, tapi ada satu hal terakhir yang enggak boleh untuk dilewatkan. Adalah ketika sudah berada di wahana, janganlah berpasrah diri. Maksudnya di sini adalah periksa ulang sabuk pengaman yang dikaitkan pada diri kita.

Cek tali pengaman [Sumber Gambar]
Ya memang ada penjaga yang bakal memasang dan memeriksa sabuk jika sudah terpasang. Tapi kita juga perlu nih untuk memastikan kembali apakah pengaman tersebut sudah terpasang dengan benar apa belum. Penjaga kan ya manusia, jadi bisa kurang teliti kapan saja.

Ya, itu tadi adalah cara-cara kita untuk menghindari kecelakaan saat menaiki wahana. Memang sih keselamatan di manapun itu tergantung dari takdir yang sudah diberikan oleh Tuhan. Namun tidak ada salahnya untuk kita selalu berjaga-jaga dengan menerapkan cara-cara di atas.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Stan Lee, Pencipta Tokoh Superhero Marvel yang Karyanya Tetap Abadi Meski Ia Telah Tiada

8 ‘Penampakan’ Stan Lee dalam Film Avengers yang Enggak Kamu Sadari Selama Ini