Hewan-Hewan Ini Punya Bentuk yang Unik!

oleh Tetalogi
16:40 PM on Jun 29, 2015

Alam selalu menyajikan hal-hal yang menakjubkan, indah, dan membuat kita terkagum-kagum dibuatnya. Yah, seringkali memang seperti itu sih, tapi tidak jarang ada juga makhluk dengan bentuk yang tidak biasa.

Lengkap dengan segala keindahan dan kemampuan alam yang menakjubkan, terkadang memang ada makhluk dengan bentuk yang aneh. Tapi dibalik bentuknya yang aneh, beberapa makhluk berikut ini juga memiliki kemampuan yang keren. Apa saja?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Red-lipped batfish

Ikan yang satu ini memiliki bentuk wajah yang lucu. Bagaimana tidak, ikan ini memiliki bibir berwarna merah terang seperti menggunakan lipstick! Meski begitu bentuk mulutnya yang melengkung ke bawah membuatnya terlihat seperti sedang ngambek.

Red Lipped Batfish [Image Source]
Red Lipped Batfish [Image Source]
Ikan ini tinggal di dasar laut sehingga siripnya berevolusi menjadi seperti kaki sehingga memudahkan ia berjalan kaki di dasar laut. Bibir merahnya berfungsi untuk membantu binatang ini mengenali ikan lainnya agar mereka bisa kawin dan berkembang biak.

2. Predatory Tunicate

Makhluk ini tinggal di laut dalam, biasanya menempel di dasar laut atau dinding ngarai di dalam laut. Bentuknya seperti perpaduan antara ubur-ubur dan tumbuhan venus. Makhluk hermaphrodite ini seperti versi binatang dari tanaman venus.

Predatory Turnicate [Image Source]
Predatory Turnicate [Image Source]
Ia menangkap ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar mulutnya.Mulutnya mampu bergerak dengan sangat cepat, dan ketika ada makhluk ini menangkap ikan, ia akan terus menutup mulutnya sampai ia siap untuk makan lagi. Tunicate tinggal di kedalaman 200 – 1.000 meter.

3. Brazilian treehopper

Kumbang kecil ini dikenal dengan kepalanya yang seperti sedang menggunakan helm atau sejenisnya. Sampai saat ini belum ada yang tahu apa fungsi tubuh yang berbentuk antena dengan bola-bola kecil yang ada di kepalanya tersebut.

Brazilian Treehopper [Image Source]
Brazilian Treehopper [Image Source]
Selain bentuk kepala yang unik, serangga ini juga memiliki rambut di kaki dan kepalanya. Namun fungsi dari rambut-rambut ini juga masih belum diketahui.

4. The fringehead

Meski kecil, jangan sekali-sekali meremehkan ikan ini. Ia adalah ikan yang sangat ganas dan agresif mengenai teritorinya. Jika ada ikan fringehead lain memasuki wilayahnya, mereka akan bertarung dengan mulutnya yang besar.

Fringehead [Image Source]
Fringehead [Image Source]
Karena cara bertarungnya yang juga unik,sekilas kedua ikan ini memang terihat seperti berciuman. Padahal kedua ikan tersebut sedang berusaha menunjukkan bahwa dirinya yang lebih besar sebagai bentuk dominasi.

5. Black dragonfish

Ikan yang satu ini punya bentuk yang sedikit menyeramkan. Ikan ini berbentuk ramping panjang dengan kepala yang menyerupai naga dan warna yang hitam legam. Ikan ini tinggal di kedalaman laut sekitar 2.000 meter.

Black Dragonfish [Image Source]
Black Dragonfish [Image Source]
Ikan jantan hanya bisa tumbuh hingga 5cm, sedangkan yang betina bisa tumbuh memanjang hingga 40cm. Seperti ikan laut dalam lainnya, ikan ini mampu mengeluarkan cahaya yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang oleh manusia, serta mangsanya.

6. Tardigrade

Tardigrade juga biasa dikenal dengan nama water bear. Makhluk ini sangatlah kecil dan bahkan lebih kecil dari butiran garam. Meski begitu, makhluk mungil ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat luar biasa.

Tardigrade [Image Source]
Tardigrade [Image Source]
Tardigrade bisa bertahan tanpa makanan atau tanpa air hingga 10 tahun. Ia juga bisa bertahan dari radiasi sepuluh kali lebih kuat dari dosis yang bisa membunuh manusia. Tidak hanya itu saja, pada tekanan laut dalam yang enam kali lebih luat, makhluk kecil ini juga masih bisa bertahan hidup serta mampu bertahan hidup di luar angkasa.

7. Axolotl

Binatang ini juga dikenal sebagai ikan berjalan dan sebenernya masih merupakan sejenis salamander. Binatang ini biasanya berwarna hitam, abu-abu, keemasan, dan putih. Binatang ini merupakan asli Meksiko, tapi sayang sudah jarang ditemukan di alam liar sejak tahun 2013.

Axolotl [Image Source]
Axolotl [Image Source]
Axolotl sebenarnya adalah makhluk amphibi tapi mereka mencapai usia dewasa tanpa melewati metamorfosis. Jadi, binatang ini tidak mengembangkan paru-paru dan tidak berjalan di darat, sebaliknya ia justru mengembangkan insang dan tinggal di dalam air.

8. Spotted Handfish

Seperti namanya, ikan ini punya sirip depan yang memiliki struktur seperti tangan. Uniknya lagi, berkat sirip yang berbentuk tangan yang dimilikinya, ikan ini jadi bisa berjalan-jalan di dasar laut! Keren bukan!

Spotted Handfish [Image Source]
Spotted Handfish [Image Source]
Ikan ini biasanya ditemukan di kedalaman 5 hingga 10 meter di dasar laut. Sayangnya, ikan ini termasuk ikan langka yang hampir punah dan hanya ditemukan peraisan sekitar Sungai Darwent, Tasmania.

9. Elephant seal

Mirip anjing laut, tapi punya belalai, sepertinya hal tersebut bisa menjelaskan elephant seal atau gajah laut dengan lebih gampang. Dibandingkan dengan anjing laut, gajah laut juga memiliki tubuh yang lebih besar yang mampu tumbuh hingga 3 meter.

Elephant Seal [Image Source]
Elephant Seal [Image Source]
Di laut, hewan ini adalah perenang yang handal, tapi di darat mereka agak kesulitan bergerak kemana-mana. Mereka harus menggerakkan tubuhnya yang berat dengan perutnya, itulah mengapa mereka berjalan di darat dengan lambat.

10. Ghost Shark

Ikan ini juga biasa dikenal dengan nama Chimaera. Ikan ini dikenal dengan bentu wajahnya yang menonjol dan memanjang. Ikan ini kabarnya merupakan spesies ikan tertua yang hidup saat ini. Ikan ini hidup terisolasi di laut dalam.

Ghostshark [Image Source]
Ghostshark [Image Source]
Hewan ini bisa dimakan dan dagingnya banyak dijual di seluruh dunia. Minyak dari hati ikan ini dulu juga sering dipakai untuk meminyaki senjata.

11. Kepiting Laba-Laba Raksasa Jepang

Kepiting ini memiliki kaki panjang seperti seekor laba-laba. Ia memiliki kaki yang sangat panjang dan bisa tumbuh hingga sepanjang 4 meter dan tubuhnya bisa tumbuh hingga 40cm dengan berat 19 kilogram.

Spider Crab [Image Source]
Spider Crab [Image Source]
Makhluk ini memiliki kerangka luar yang sangat kuat yang mampu menjaga mereka dari para pemangsanya. Tidak hanya itu saja, makhluk ini bahkan bisa hidup hingga 100 tahun. Meski memiliki penampilan yang bikin ngeri, makhluk ini ternyata memiliki sifat yang lembut

12. Pink fairy armadillo

Binatang mungil yang satu ini merupakan spesies armadillo terkecil. Ukuran terbesarnya saja hanya mencapai 11cm. Binatang ini tinggal di Argentina tengah dan merupakan hewan malam dan penyendiri.

Pink Fairy Armadillo [Image Source]
Pink Fairy Armadillo [Image Source]
Makanan binatang ini terdiri dari serangga, cacing, siput, dan beberapa bagian tanaman. Sayangnya populasi binatang ini terus menurun drastis karena kegiatan pertanian serta meningkatnya predator alaminya seperti kucing dan anjing.

13. Gerenuk

Hewan ini terlihat seperti Antelope, hanya saja terlihat jauh lebih panjang. Ia biasa ditemukan di daerah gurun di Afrika. Kaki-kakinya sangat panjang sehingga hewan ini bisa berlari dengan sangat kencang. Tapi karena kakinya yang sangat ramping dan panjang, binatang ini jadi rentan mengalami patah tulang kaki.

Gerenuk [Image Source]
Gerenuk [Image Source]
Makanan sehari-harinya adalah tanaman. Tapi, uniknya, binatang ini juga suka memakan daun-daun di pepohonan, bukan rerumputan. Gerenuk akan berdiri di dua kaki belakangnya untuk mencapai tanaman di pepohonan dan memanjangkan lehernya saat makan.

14. Liger

Liger adalah hasil perkawinan antara singa jantan dan harimau betina. Sedangkan persilangan antara harimau jantan dan singa betina, disebut tigon. Binatang ini adalah hasil persilangan yang dilakukan manusia karena sebenarnya singa dan harimau memiliki habitat yang berbeda.

Liger [Image Source]
Liger [Image Source]
Kebanyakan liger akan mengalami masalah saat masih embrio sehingga seringkali mengalami kematian prematur. Beberapa yang selamat biasanya akan steril secara gen atau fisik sehingga mereka tidak akan bisa bereproduksi untu meneruskan keturunan mereka.

15. Babirusa

Nah, hewan yang satu ini tinggal di Indonesia seperti di pulau Sulawesi, Togian, Sula, dan Buru. Binatang ini punya gading yang tumbuh di kulit moncongnya. Namun anehnya gading ini akan terus tumbuh melengkung dan bisa menembus tengkorak kepalanya. Jadi, babirusa harus selalu menggesekkan gadingnya agar tidak terus menerus tumbuh.

Babirusa [Image Source]
Babirusa [Image Source]
Nah, beberapa contoh tersebut menunjukkan bagaimana alam memiliki keunikannya tersendiri yang sungguh menakjubkan. Namun sayangnya, banyak dari beberapa binatang tersebut terancam punah karena habitatnya yang telah rusak dan karena adanya kerusakan alam.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA