in

4 Hewan yang Bisa Jadi ‘Dukun’ untuk Sembuhkan Penyakit Manusia

Seperti yang kita tahu kalau hewan memang mempunyai kelebihan tersendiri. Ya meskipun kelebihannya tidak setara dengan kemampuan manusia. Tapi jangan salah, jika binatang juga mempunyai beragam manfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Salah satunya adalah bisa menyembuhkan penyakit yang diderita manusia. Seperti stroke dan penyakit kronis lainnya lho Sahabat Boombastis. Lantas, binatang apa saja yang dimaksud?

Dengkuran kucing yang bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit

Selama ini kita hanya tahu kalau kucing mendengkur adalah tanda bahwa hewan menggemaskan satu ini sedang bahagia. Tapi jika menurut seorang dokter hewan bernama Angela Maharani, dengkuran kucing bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Dengkuran kucing [Sumber Gambar]
Selain itu, dengkuran dari binatang berkaki empat tersebut yang frekuensinya antara 25-50 Hz bisa membantu manusia dalam terapi penyakit tulang. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Scientific American yang menyebutkan dengkuran kucing sangat berguna untuk penyembuhan dan memadatkan tulang.

Bisa ular yang dapat menyembuhkan penyakit stroke

Mendengar kata bisa ular, pasti yang ada di bayangan kita adalah cairan beracun. Sebab sudah banyak orang meregang nyawa lantaran terkena cairan dari ular tersebut. Namun pakar kesehatan dari China yang bernama Liu Shixiang mengatakan jika bisa ular dapat mengobati stroke.

Bisa ular [Sumber Gambar]

Dalam istilah kesehatan, para pakar menyebut pengobatan ini sebagai racun melawan racun. Liu Shixiang dan para ahli lainnya telah mencoba pengobatan ini terhadap 50 % dari 3582 orang. Hasilnya, orang-orang yang telah diberi bisa ular lebih cepat sembuh dari stroke.

Lumba-lumba yang bisa mengobati penderita autis

Mungkin Sahabat Boombastis sudah tahu dengan lumba-lumba yang bisa menyembuhkan penderita autis. Tapi tentunya masih banyak yang belum tahu kan siapa yang menemukan metode ini pertama kali dan bagaimana bisa lumba-lumba mengobati penderita autis? Okelah, penulis jelaskan satu persatu ya.

Gelombang SMR pada lumba-lumba [Sumber Gambar]
Untuk penemu metode lumba-lumba ini adalah Dr. David Nathanson, Ph.D dari ‘The Dolpin Human Therapy Centre’ di Florida, Amerika Serikat. Ia menemukan metode ini lantaran mengetahui jika lumba-lumba mempunyai pola yang sama dengan gelombang Sensori Motor Rhytm (SMR). Dan gelombang tersebutlah yang ternyata tidak dimiliki oleh penderita autis. Dengan demikian, lumba-lumba bisa menstimulasi anak autis agar mampu menghasilkan gelombang SMR tadi. Caranya adalah dengan anak-anak autis berenang bersama lumba-lumba dalam jangka waktu yang sudah diatur.

Senyawa kimia pada Hiu Dogfish yang bisa menyerang virus dengue dan Hepatitis B

Peneliti dari Georgetown University Medical Center mengungkapkan kalau senyawa dari hiu berjenis Dogfish bisa berguna untuk menyerang virus. Pada awalnya, para peneliti mencoba senyawa yang bernama Squalamine tersebut untuk diinjeksikan kepada penderita kanker. Namun tidak ada efek siginifikan yang terlihat.

Senyawa kimia dari Hiu Dogfish [Sumber Gambar]
Tapi pada percobaan pencegahan virus Dengue dan Hepatitis B, terdapat efek yang sangat bagus. Di mana squalamine mengganggu interaksi membran yang dibutuhkan untuk penyebaran virus. Sehingga kedua penyakit tersebut bisa menghilang dengan cepat.

BACA JUGA : Bukan Manusia, 5 Hewan Ini Mampu ‘Meramal’ Datangnya Bencana Alam

Itulah keempat hewan yang bisa sembuhkan beberapa penyakit pada manusia. Dari hal ini bisa kita simpulkan kalau semua makhluk hidup yang diciptakan di dunia memiliki manfaat masing-masing. Hmm.. apa Sahabat Boombastis tahu ada hewan lain yang bisa sembuhkan penyakit manusia? Kalau tahu, coba share di kolom komentar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sangarnya Vissel Kobe, Klub Jepang yang Berisi Pemain-pemain Juara Eropa dan Piala Dunia

Perbandingan Tarif Pertama Manggung 4 Pedangdut, Ada yang Pernah Dibayar Rp3500 Saja!