in

4 Tips Anti Stress tapi Tetap Irit Kuota Saat Pandemi Corona, Yuk Terapkan!

Selama wabah corona dan #DiRumahSaja ini jelas rasa bosan lebih sering datang daripada sebelum adanya wabah. Alhasil, selama bekerja, pasti diselingi dengan berbagai macam kegiatan scrolling di medsos. Tak hanya itu, karena tak ke mana-mana dan tidak ada hiburan lain, konsumsi hiburan seperti film dan drama juga meningkat.

Alhasil, kamu membutuhkan ekstra kuota internet agar tetap waras kan? Lalu, apakah dalam kondisi pandemi ini masih bisa berhemat kuota? Tenang, kamu bisa lakukan itu dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Mengidentifikasi aplikasi yang menyedot banyak kuota

Tips hemat kuota [sumber gambar]
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan identifikasi pada aplikasi yang bisa menyedot banyak kuota. Untuk mengaturnya, kamu bisa klik menu Setting>Data Usage dan temukan list aplikasi apa saja yang memakan banyak kuota. Kalau sudah ketemu kamu bisa menghentikan penggunaan data background atau latar belakang pada aplikasi yang tidak atau jarang dipakai agar kuota tak ludes seketika.

Membatasi update aplikasi

Update aplikasi [sumber gambar]
Kebanyakan dari aplikasi akan melakukan pembaharuan secara berkala. Nah, di antara aplikasi tersebut pasti ada yang memakan kuota yang sangat besar sehingga kamu akan lebih boros. Jika aplikasi itu penting bagi kamu tentu update diperlukan, jika tidak maka bisa tunda dulu sampai memiliki kuota yang lebih besar atau terhubung dengan wifi.

Aktifkan peringatan penggunaan data

Tips hemat kuota [sumber gambar]
Selain membatasi penggunaan data background kamu juga bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang ada di tiap smartphone. Fitur ini akan sangat membantu sekali saat kamu mencoba untuk berhemat kuota. Karena, kalau sudah bermain dan berselancar di dunia maya, kita suka lupa waktu. Untuk mengatur peringatan data ini, kamu bisa klik menu Settings > Data usage > Cellular data > Set Cellular data limit.

Membatasi penggunaan streaming

Kurangi streaming [sumber gambar]
Streaming musik dan video adalah kegiatan yang bisa menyedot kuota internet dalam porsi banyak. Usahakan untuk mengurangi kegiatan ini sebisa mungkin kalau memang kuota yang kamu punya sudah sangat terbatas. Kecuali jika kamu memakai provider yang murah meriah dengan kuota tak terbatas, maka kamu bisa menggunakannya untuk streaming apapun.

BACA JUGA: 5 Cara Gampang untuk Hemat Kuota Biar Enggak Terkuras Habis dengan Cepat

Untuk bisa hemat kuota, kamu juga bisa menambah kegiatan lain selama berada di rumah. Entah itu dengan berjemur, olahraga, memasak, membaca buku, atau kegiatan lain. Sehingga, aktivitas kamu tak hanya terbatas dengan berselancar di internet saja. Sampai semua ini berlalu, tetap sehat dan di rumah saja ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kabar Terbaru Mike Tyson, Dulu Sempat Bangkrut dan Kini Kaya Raya Berkat Bisnis Ganja

Nostalgia Ramadan di Tahun 90an yang Bikin Kangen Balik Masa Kecil