Siapa yang enggak butuh kuota pada saat ini? Sepertinya sangat tidak mungkin sekali ya. Bisa dibilang paket data internet tersebut adalah nyawa kedua dari kehidupan seseorang. Bagaimana tidak? Pasti seseorang akan sangat kebingungan kalau mereka sudah kehabisan kuota. Hmm.. apalagi kalau juga kehabisan duit pula, mungkin sudah sesak nafas dibuatnya.

Namun, dengan kekuatan teknologi yang hakiki sudah enggak perlu dikhawatirkan lagi soal kehabisan kuota. Itu karena telah banyak cara untuk menghemat paket data internet. Jadi kali ini Boombastis akan mengulas beberapa cara untuk hemat kuota internet kalian.

1. Harus pintar pilih browser yang pas

Ternyata mesin pencarian atau yang sering kita sebut dengan browser juga mempengaruhi penggunaan kuota internet lho Sahabat Boom. Ia bisa menghabiskan paket data internet kalau kita enggak bijak dalam menggunakannya. Salah satu browser yang amat sangat boros adalah mesin pencarian bawaan dari handphone. Aplikasi satu itu sangat boros karena tidak menyediakan penghemat data. Jadi halaman situs yang kita buka lewat peramban tersebut akan menyedot habis-habisan kuota internet sampai titik darah penghabisan.

Gunakan browser untuk menghemat data [sumber foto]
Nah, untuk itu kita harus segera mencari mesin pencarian yang hemat untuk smartphone kesayangan Sahabat Boom. Sekarang sudah banyak peramban yang menyediakan mode untuk meminalisir pemakaian paket data internet. Tapi yang menjadi favorit para pengguna biasanya adalah Google Chrome. Di mesin pencarian tersebut kita bisa mengaktifkan penghematan data dengan mudah. Caranya adalah klik bagian titik tiga pada kanan bawah browser lalu pilih Setelan. Kemudian klik aja menu Penghemat Kuota Internet dan selanjutnya aktifkan. Kalau sudah, berarti peramban akan meminimalisir situs yang dibuka.

2. Jangan lupa batasi penggunaan paket data internet ya

Bukan hal yang asing lagi kalau kita terus menerus menggunakan internet tanpa perhatikan kuota yang semakin lama jadi terkikis. Dari situlah kita cenderung memakai internet berlebihan sampai peringatan dari operator mengabarkan hal buruk. Intinya sih, kita enggak akan pernah sadar kalau tidak ada semacam alarm pengingat.

Batasi penggunaan data [sumber gambar]
Tapi ternyata di android ada kok alarm untuk mengingatkan kalau kita sudah menghabiskan berapa banyak kuota. Namun sayangnya setiap smartphone memiliki nama yang berbeda untuk menunya. Kalau di merk Samsung bisa menuju ke Setelan lalu pilih menu Penggunaan Data. Nanti tinggal kalian pilih saja rentang waktunya. Jadi, kalau sudah melebihi batas akan muncul notifikasi peringatan. Sehingga memudahkan pengguna untuk membatasi dirinya dalam memakai paket data internet.

3. Periksa aplikasi yang bisa kuras banyak kuota

Sering sekali kita para pemakai android men-download lalu meng-install aplikasi secara sembarangan. Biasanya kita memasang aplikasi entah karena butuh atau lagi ingin coba-coba aja. Padahal beberapa di antaranya ada yang membawa dampak buruk untuk ponsel kesayangan Sahabat Boom. Misalnya saja bisa menguras habis kuota internet tanpa kita sadari.

Cek aplikasi mana saja yang boros kuota [sumber gambar]
Untuk cara mengetahui aplikasi apa saja yang bisa menguras paket data internet, pilih Setelan lalu klik Penggunaan Data atau Data Usage. Scroll ke bawah dan di sana terlihat mana saja yang menghabiskan kuota paling banyak. Cara mengatasi yang paling gampang adalah copot saja aplikasinya. Tapi kalau itu benar-benar dibutuhkan berarti uninstall aplikasi yang sekiranya enggak terlalu sering digunakan. Atau bisa juga ganti aplikasi dengan yang lebih ringan.

4. Pakai aplikasi khusus untuk hemat kuota

Pasti banyak yang bingung kalau harus uninstall aplikasi yang boros kuota namun di sisi lain itu sangat dibutuhkan. Lalu tidak ada versi ringan untuk aplikasi yang dimaksud. Jadi mau tak mau harus meng-install aplikasi tersebut walaupun berat hati. Tapi kegalauan Sahabat Boom tentang hal itu terjawab oleh salah satu aplikasi yang dijamin bisa membuat paket data internet ekonomis semacam sabun colek.

Gunakan aplikasi Datally [sumber gambar]
Aplikasi penyelamat itu bernama Datally. Aplikasi tersebut bisa mengurangi pemakaian data internet. Di sana sudah disediakan pilihan untuk aplikasi mana yang akan dihemat kuotanya. Tapi kalau menggunakan Datally ada beberapa catatan yang wajib diingat. Jika ingin mengaktifkan tethering wajib dimatikan terlebih dahulu Datallynya. Itu dilakukan agar perangkat lain bisa terhubung ke hotspot android Sahabat Boom. Kemudian Datally enggak bisa dimatikan dengan cara yang biasa ya. Kalau ingin menonaktifkan wajib dimatikan paksa lewat pengaturan.

5. Maksimalkan mode airplane agar tidak buang-buang kuota

Pernahkah Sahabat Boom mengaktifkan mode airplane? Mungkin ada beberapa yang pernah atau tidak sama sekali. Orang-orang banyak yang menganggap kalau fitur satu ini hanya digunakan ketika berada di pesawat aja. Padahal nih kalau Sahabat Boom tau, mode ini punya beberapa manfaat yang sebenarnya berguna bagi kelangsungan hidup smartphone kesayangan kita.

Aktifkan mode airplane kalau ponsel tidak dipakai [sumber gambar]
Salah satunya adalah untuk menghemat paket data internet yang kita miliki. Caranya yaitu aktifkan saja mode airplane pada saat kita sedang tidak benar-benar butuh ponsel. Misalnya saja waktu jalan-jalan atau berada di tempat yang tidak ada sinyal. Nah, dengan begitu secara otomatis akan menghemat kuota internetmu.

Jadi itulah beberapa trik yang ampuh untuk menghemat kuota internet Sahabat Boom. Pakailah salah satu atau semuanya agar paket data internet tetap terjaga kelestariannya. Ingat ya jangan terlalu asyik untuk berselancar di dunia maya karena kuota akan cepat habis dan kesehatan kantong akan terganggu.