Hasil Ujian Nasional SMA Telah Diumumkan

oleh Adys Disty
06:14 AM on May 17, 2015
Hasil Ujian Nasional SMA Telah Diumumkan via iberita
Hasil Ujian Nasional SMA Telah Diumumkan via iberita

Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA atau sederajat dilaksanakan pada Jumat (15/5). Hal tersebut sesuai dengan Prosedur Operasional Sekolah Ujian Nasonal yang telah diluncurkan pada tanggal 13 Maret 2015 lalu. Meski demikian, sekolah kemungkinan bisa memundurkan waktu pengumuman dari waktu yang telah ditetapkan tersebut. Karena hal ini sudah diserahkan kepada pihak sekolah masing-masing.

Untuk nilai hasil UN SMA 2015, Budiono selaku Kasi Kurikulum Dikmen Disdik Kota Malang telah mengirimkan surat dari Kemendikbud ke Dinas Pendidikan Provinsi pada tanggal 6 Mei lalu. Sementara masing-masing kota atau kabupaten melakukan pengambilan nilai, Selasa (12/5) di Surabaya. “Jadi sekalian mengambil nilai UN juga membahas masalah penerimaan peserta didik baru. Meski penerimaan ini tergantung wilayah masing-masing namun harus tetap berada dalam naungan provinsi,” kata Budiono.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Dalam POS tersebut juga dikatakan bahwa kelulusan siswa dan siswi ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru. Rapat pleno ini bersifat internal dan tertutup. Pelaksanaan tergantung sekolah masing-masing karena kewenangan kelulusan ada ditangan sekolah. Peserta didik dapat dikatakan lulus jika berhasil merampungkan seluruh program pembelajaran, mendapatkan nilai sikap atau perilaku minimal baik dan lulus Ujian Sekolah.

Dengan demikian, nilai siswa harus memenuhi syarat kelulusan yang ditetapkan oleh pihak sekolah berdasarkan. Penilaian sekolah diambil dari Gabungan nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 1-6 dengan pembobotan yang distandarkan. Meski hasil UN tulis yang diselenggarakan pemerintah cukup baik, akan tetapi jika nilai sikap siswa tersebut tidak memenuhi, bisa saja sekolah menyatakan siswa tersebut tidak lulus.

Adanya peraturan baru tersebut membuat sekolah punya kewenangan dalam memutuskan apakah anak didik mereka layak dinyatakan untuk lulus atau tidak. Pemerintah menghimbau kepada para pelajar yang telah dinyatakan lulus, diharapkan tetap menjaga ketenangan dan tidak melakukan pawai serta aksi mencorat-coret pakaian yang justru akan dapat merusak pemandangan nantinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA