Misteri Harta Karun Jepang di Indonesia yang Konon Nilainya Sangat Fantastis

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 23, 2016

Ada yang mengatakan kalau 350 tahun penjajahannya Belanda itu nggak ada apa-apanya dibandingkan 3,5 tahunnya Jepang. Hal ini bisa dibilang fakta kalau melihat cerita-cerita yang ada. Jepang benar-benar seperti kesetanan ketika menjajah Indonesia. Nggak hanya berlaku sangat kejam kepada orang-orang, mereka juga menggarong semua yang dimiliki Indonesia.

Mereka hampir menjarah semua yang dipunyai Indonesia. Nggak hanya rempah, tapi juga katanya emas-emas berharga. Jumlahnya sendiri ditaksir sangat banyak, mungkin miliaran dolar kalau dikonversikan dengan nilai uang hari ini. Namun, aksi eksploitasi itu berhenti seketika saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Emas-emas tersisa yang sedianya mereka angkut pulang akhirnya disembunyikan di suatu tempat.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Rumor menyebutkan kalau emas-emas itu disembunyikan di Indonesia. Dan katanya lagi, emas-emas itu bukan hanya berasal dari negeri kita saja, tapi juga jarahan Jepang dari negara-negara jajahannya yang lain. Nah, untuk mengetahui lebih jauh misteri soal harta karun Jepang ini, berikut beberapa hal tentang emas-emas berharga tersebut.

Awal Mula Cerita Harta Karun Jepang

Diketahui Jepang selama masa penjajahannya, nggak hanya di Indonesia tapi juga negara-negara Asia lainnya, selalu merampoki kekayaan negara jajahannya. Emas-emas terutama yang jadi target mereka. Nggak hanya untuk membangun negaranya, Jepang juga memakai emas ini untuk membiayai perang-perang yang mereka lakukan.

Ilustrasi emas Jepang [Image Source]
Ilustrasi emas Jepang [Image Source]
Beberapa kali Jepang sangat lancar mengangkuti emas-emas dari negeri jajahannya. Namun di sekitar tahun 1943 diduga mereka sudah nggak bisa melakukan itu. Alasannya, Jepang sudah terkepung oleh sekutu terutama di wilayah-wilayah laut. Ketika itu Jepang diduga tengah mengangkut emas-emasnya lagi untuk kesekian kalinya. Tapi, lantaran terdesak posisi oleh Sekutu, Jepang pun nggak punya pilihan lain selain menyembunyikannya.

Jadi, mereka menemukan sebuah tempat, kemudian diletakkanlah semua emas-emas di sana, lalu diledakkan agar tidak diketahui. Inilah awal mula cerita dari harta karun Jepang yang misterius itu.

Berapa Banyak Jumlah Emas yang Disimpan Jepang

Menurut kabar, dalam sekali mengangkut emas Jepang biasanya menaikkan begitu banyak. Nggak hanya satu atau dua ton, melainkan banyak sekali. Termasuk emas yang nggak jadi dikirim dan akhirnya disembunyikan itu. Diduga jumlahnya pun sangat banyak.

Emas yang diangkut Jepang sangat banyak [Image Source]
Emas yang diangkut Jepang sangat banyak [Image Source]
Nggak diketahui angka persisnya, tapi menurut perkiraan ada sekitar 6.000 ton emas yang diangkut Jepang ketika itu. Jumlah ini kalau dikonversikan dengan nilai uang sekarang totalnya bisa mencapai miliaran dolar. Makanya, orang-orang dulu pun begitu getol mencari emas-emas ini. Bagaimana tidak, kalau bisa menemukan semuanya pasti bakal jadi orang terkaya.

Harta Karun Jepang Berada di Indonesia

Indonesia sering disebut-sebut sebagai tempat emas ini disimpan. Anggapan ini muncul karena Indonesia dikatakan sebagai negara yang paling banyak dijarah oleh mereka. Jepang sendiri mekanisme pengangkutannya selalu dengan cara distribusi. Dari titik ke titik, kemudian diangkut ke Jepang semua. Dan dari sini bisa saja titik pemberangkatan Jepang itu ada di Indonesia. Dan kemudian terjadilah peristiwa penguburan itu.

Emas Jepang diduga ada di Indonesia [Image Source]
Emas Jepang diduga ada di Indonesia [Image Source]
Meskipun beredar anggapan soal harta karun yang diduga ada di Indonesia, tapi selama ini belum pernah ada kabar tentang penemuan atau semacamnya. Tapi, hal ini cukup masuk akal sih. Kalau pun Jepang menyimpannya di Indonesia mereka pasti pilih tempat yang benar-benar aman.

Sebagian Harta Jepang Ditemukan di Filipina

Meskipun rumor soal harta Jepang yang tersembunyi di Indonesia begitu kuat, tapi siapa yang menyangka jika jejak emas si negeri Sakura ini ditemukan pertama kali di Filipina. Ketika itu ada seorang pria yang berhasil menemukan patung Buddha utuh dari emas. Patung ini sangat berat dengan ukuran yang cukup besar dan kuat dugaan ini milik Jepang.

Patung emas Buddha yang ditemukan di Filipina [Image Source]
Patung emas Buddha yang ditemukan di Filipina [Image Source]
Sayangnya, ketika ingin mengklaim emas tersebut, si pria tersebut malah berurusan dengan Ferdinand Marcos, seorang presiden Filipina. Cerita ini jadi headline kala itu sehingga orang-orang nggak ngeh lagi soal harta karun Jepang. Padahal mungkin saja tempat harta yang sebenarnya ada di Filipina bukan di Indonesia. Buktinya ada temuan emas sebesar itu.

Rumor Soal Emas yang Sebagian Disikat Amerika

Selain teori emas terpendam, ada juga kabar yang mengatakan jika emas tersebut ternyata nggak pernah disimpan melainkan dibagi dua dengan Amerika. Teorinya adalah melihat dari hasil Perang Dunia II. Seperti yang kamu tahu, Jepang ada di pihak yang kalah, sedangkan AS di sisi pemenang. Kenapa AS meminta emas Jepang, mungkin itu untuk ganti rugi atas apa yang terjadi di Pearl Harbour dan yang lainnya.

Emas dibagi dengan Amerika [Image Source]
Emas dibagi dengan Amerika [Image Source]
Amerika diketahui memangkas emas Jepang itu sebanyak setengah. Lalu setengahnya lagi ada di Jepang yang digunakan untuk membangun negaranya yang kalah dan menderita banyak kerugian. Teori soal emas dibagi dua dengan Amerika ini juga didukung oleh pertanyaan beberapa ahli dan sejarawan. Mereka bilang kalau harta karun Jepang itu sama sekali nggak nyata.

BACA JUGA:  Mara Salvatrucha, Gangster Keji yang Katanya Paling Ditakuti Masyarakat Amerika

Sayangnya harta karun ini tak pernah ditemukan. Padahal kalau terkuak, bisa jadi pemasukan besar tuh bagi negara. Hingga kini ada sebagian orang yang yakin kalau harta ini disimpan di sebuah tempat. Tapi, kebanyakan sih sudah menganggap emas-emas itu raib untuk selamanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA