Harga BBM Akan Berubah Tiap Bulannya

oleh Alfry
09:16 AM on Jan 3, 2015

Pemerintah mulai tahun depan mengkategorikan bahan bakar minyak (BBM) dalam tiga jenis, yakni BBM tertentu (subsidi), BBM khusus (penugasan) dan BBM Umum. Dengan demikian, tiap bulannya harga BBM akan berubah.

Ada enam komponen penetapan harga yang menjadi acuan. Pertama harga dasar BBM, yaitu ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan harga minyak dunia dan kurs rupiah selama satu bulan sebelumnya, ini berlaku untuk ketiga kategori BBM tersebut. Komponen kedua adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) per liternya. Komponen ini akan dimasukan dalam harga dasar yang akan ditetapkan pemerintah.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Harga BBM Akan Berubah Tiap Bulannya
Harga BBM Akan Berubah Tiap Bulannya

Kemudian ketiga, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Untuk BBM tertentu dan BBM khusus dipatok lima persen. Sementara itu, untuk BBM umum ditetapkan oleh masing-masing daerah.

Komponen keempat yaitu subsidi hanya diberikan untuk BBM tertentu jenis solar dengan skema subsidi tetap sebesar Rp 1.000 per liter. Sedangkan komponen kelima adalah margin badan usaha yang hanya diberikan pada BBM umum.

Selanjutnya, komponen keenam adalah biaya tambahan distribusi dan penyimpanan yang diberikan pemerintah sebesar dua persen. Komponen ini hanya diberikan kepada BBM khusus yang didistribusikan di luar Jawa, Madura dan Bali.

Pemerintah mengatakan penghapusan subsidi bahan bakar minyak (BBM) premium dan penerapan harga keekonomian yang direview setiap bulan tidak akan membuat laju inflasi sepanjang 2015 berfluktuasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan laju inflasi pada 2015 akan lebih baik dibandingkan realisasi inflasi Januari-Desember 2014 yang mencapai 8,36%. Optimisme tersebut didorong oleh penurunan harga BBM premium dan solar, pengendalian harga beras melalui operasi pasar, dan antisipasi banjir.

“BBM telah¬†diturunkan yaitu proses deflasi. Barang yang harganya dikontrol pemerintah akan kita atur akan kita atur lebih detail,” katanya di kantor Wapres, Jumat (2/1).

Menurut Sofyan, dihapuskannya subsidi untuk premium dan subsidi tetap Rp 1.000/liter untuk solar akan membuat harga BBM itu berfluktuasi sesuai harga keekonomian. BBM merupakan salah satu komoditas yang perubahan harganya berpengaruh terhadap laju inflasi pada kelompok harga yang diatur pemerintah.

“Enggak , masyarakat akan terbiasa. Kalau harga BBM naik-turun, masyarakat akan terbiasa ada inflasi, ada deflasi, akan lebih baik,” tuturnya.

Sofyan berharap inflasi tahun depan bisa melaju di level yang rendah, yakni 4,5% plus minus 1%. Dalam APBN 2015 asumsi inflasi dipatok 4,4% dengan outlook 4,7%.¬†“Mudah-mudahan bisa mencapai inflasi rendah tahun depan. Tetapi harus kerja keras untuk itu,” katanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA