Keren, Seniman Ubah Bongkahan Kaca Jadi Seni Murrine Yang Mengagumkan

oleh wahyu
09:20 AM on Jan 3, 2015

Murrine menjadi salah satu bagian dari kesenian unik yang banyak dilakukan oleh seniman lokal maupun internasional. Dengan memanfaatkan benda seperti kaca atau medium bening lainnya yang bisa dilebur, seorang seniman bisa mengubahnya menjadi sebuah seni yang ‘berbicara’.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Loren Stump adalah salah stau sosokyang piawai dalam membuat benda seni ini. Ia sudah mendalami ilmu membuat murrine selama bertahun-tahun. Nah, belakangan ini Loren menunjukkan sebuah karya yang indah lewat Murrine dengan bertemakan lukisan ala Italia kuno. Uniknya, murrine ini tadinya adalah leburan dari gelas-gelas kaca warna-warni yang kemudian menjadi sebuah bongkahan.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Seperti makan roti tawar atau Swiss Roll, Murrine ini harus dibuat menjadi irisan-irisan lebih dulu. Karena dari sisi tiap irisan itulah, kita bisa melihat gambar apa yang ada di dalamnya. Menarik sekali bukan? Untuk membuat Murrine yang cukup detail (karena ukurannya tidak terlalu besar dengan lukisan yang sangat kecil), proses yang dilakukan seniman California ini dilakukan dengan proses yang terbalik.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Ia membuat lebih dulu gambar 2 dimensinya. Kemudian dengan telaten dan hati-hati, membuat layer warna dari leburan kaca. Selanjutnya adalah proses pendinginan, di mana nantinya bongkahan murrine yang tadi bisa dipotong menjadi kepingan-kepingan batuan yang memiliki ilustrasi antic pada kedua sisinya.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Murrine pertama kali dilakukan sejak 4000 tahun yang lalu. Bahkan Loren Stump sendiri mencobanya sejak ia berusia 14 tahun. Beberapa karyanya yang unik lewat Murrine ini adalah membuat patung, perhiasan dan sebagainya. Untuk setiap pembuatan Murrine, karya Loren Stump ini bisa dihargai hingga $ 5.000 atau lebih dari Rp 50 juta. Wah, dari sebuah kreativitas dan ketekunan, bisa menjadi hobi yang menghasilkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA