Serangkaian aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari, pada akhirnya akan menentukan kesehatan kita. Jika aktivitas dapat kita imbangi dengan istirahat yang cukup dan pola makan yang baik, maka kesehatan adalah milik kita. Namun, sering sekali hal-hal kecil luput dari perhatian kita dan akhirnya membuat kita sakit.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Kita mengira hal-hal sederhana ini tidak akan berpengaruh banyak dalam hidup kita. Namun, jika dilakukan secara rutin dalam jangka waktu yang panjang, maka kita akan mendapat efek yang buruk. Kebiasaan sepele apa saja yang dapat membuat kita dalam bahaya?

1. Membungkus Makanan dengan Kantong Plastik Hitam

Kantong plastik hitam adalah pembungkus makanan yang paling lazim kita temui di Indonesia. Kita menemui kantong plastik ini di pasar buah dan sayur hingga di warung makanan favorit kita. Sekilas, membungkus makanan dengan plastik hitam bukanlah hal yang tampak berbahaya.

Makanan dalam Kantung Plastik Hitam
Makanan dalam Kantung Plastik Hitam [via flickr]
Kenyataannya, membiarkan makanan anda bersentuhan langsung dengan plastik hitam dapat menyebabkan penyakit serius. Plastik hitam dihasilkan dari daur ulang berbagai macam limbah plastik, termasuk limbah-limbah rumah sakit. Selain itu, pewarna hitam dalam plastik tersebut bisa menempel pada makanan anda dan menjadi pemicu kanker.

2. Meninggalkan Kompor dalam Keadaan Menyala

Kesibukan ibu rumah tangga memang tidak ada habisnya. Menyiapkan makanan bagi keluarga tercinta adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling memakan waktu seorang ibu rumah tangga. Tidak jarang seorang Ibu rumah tangga menghabiskan waktunya dari pagi hingga sore hari di dapur.

Memasak di dapur
Memasak di dapur [via sheknows]
Hal yang paling berbahaya bisa terjadi di dapur. Misalnya, meninggalkan kompor dalam keadaan menyala sementara kita melakukan hal lain. Hal tersebut sering berujung pada musibah kebakaran. Jika peristiwa naas itu sudah terjadi, bukan saja rumah kita namun tetanggapun bisa menjadi korbannya.

3. Membiarkan Kantong Teh Terendam Lebih dari 2 Menit

Minum teh adalah salah satu kebiasaan khas orang Indonesia. Sarapan pagi rasanya kurang lengkap tanpa segelas teh manis hangat. Teh manis pula yang menemani saat santai sore hari bersama dengan camilan-camilan ringan.

Teh Celup
Teh Celup [via twoleavestea]
Namun, tahukah anda jika anda membiarkan kantong teh anda terendam lebih dari dua menit, kantong teh akan mengeluarkan zat tertentu yang dapat memicu kanker? Zat tersebut memang tidak muncul dalam jumlah yang banyak. Namun, jika kita minum teh setiap hari tentu zat tersebut akan menumpuk di badan kita.

4. Tidak Mencuci Tangan Setelah Mengambil Uang di Mesin ATM

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menyebutkan bahwa mesin ATM sama kotornya dengan WC umum. Mengapa bisa begitu? Umumnya, orang tidak mencuci tangan mereka sebelum melakukan transaksi dengan ATM. Kita tentu tidak tahu aktivitas apa yang dilakukan ribuan orang yang menyentuh ATM yang sama dengan kita.

Mengambil Uang di Mesin ATM
Mengambil Uang di Mesin ATM [via shutterstock]
Mesin ATM juga jarang sekali dibersihkan oleh petugas yang memang hanya bertugas untuk mengisi uang di dalam mesin tersebut. Jadi, setiap kali selesai melakukan transaksi dengan mesin ATM, bersihkan tangan anda dengan hand sanitizer. Terlebih jika anda akan makan setelah melakukan transaksi.

5. Minum dengan Sedotan

Minum dengan sedotan memang akan membuat cara minum kita lebih elegan. Wanita yang memakai lipstik juga tidak perlu khawatir lipstiknya akan luntur jika minum dengan menggunakan sedotan. Namun, minum dengan sedotan ternyata bisa membuat perut anda kembung dan merasa tidak nyaman.

Minum Menggunakan Sedotan
Minum Menggunakan Sedotan

Ketika anda menyedot minuman dengan sedotan, udara akan terhisap dan masuk ke dalam sistem pencernaan anda. Ini akan membuat perut anda terasa kembung. Gejala lain yang ditimbulkan adalah perut yang berbunyi meski anda sedang tidak lapar. Hal tersebut karena udara dalam perut anda menciptakan suara ketika usus and sibuk mencerna makanan.

Demikianlah lima hal sederhana, yang ternyata memberika efek buruk kepada kita. Tidak ada salahnya mengubah kebiasaan buruk kita untuk kesehatan kita sendiri. Sudah saatnya kita memperhatikan detail kecil yang berdampak besar bagi kesehatan kita.

Di luar itu, hidup sehat juga akan tercapai jika anda menyeimbangkan pola makan, istirahat dan olahraga. Ingat, kesehatan adalah harta paling berharga. Selamat menikmati hidup sehat! (HLH)