Sebagai salah satu olahraga populer di dunia, bulutangkis bisa dikatakan merupakan cabor yang banyak digemari. Di mana dalam kejuaraannya mampu menyedot animo yang cukup besar. Bahkan bila kita berbicara di Indonesia penyukanya 11, 12 dengan sepak bola. Masih tentang bulutangkis, ternyata diam-diam olahraga satu ini kerap hadirkan kejuaraan yang memiliki hadiah fantastis.

Dalam bulutangkis, tournament-nya dibagi ke dalam dua level yakni 1 dan 2. Meski begitu, namun tetap sama-sama mempunyai hadiah total besar, yang mana siap membuat pebulutangkis langsung tiba-tiba menjadi seorang OKB (Orang kaya baru). Dan berkaca dari hal itu tidak heran kalau beberapa atlet kita di olahraga tersebut acap kali punya rumah dan tunggangan mewah. Dan berikut beberapa kejuaraan bulutangkis punya hadiah mewah.

Tembus belasan miliar Dubai World Superseries jadi termahal

Kevin dan Marcus menjadi Juara [Sumber Gambar]
Dari beberapa tournament series, Dubai World Superseries (DWS) merupakan kejuaraan bulutangkis internasional bisa dianggap enteng. Selain kerap diikuti oleh jagoan-jagoan olahraga ini, ajang tersebut juga mempunyai hadiah capai angka fantastis. Usut punya usut, DWS menyediakan hadiah total mencapai 1,5 juta dolar atau bila dirupiahkan setara dengan Rp 20,13 miliar. Dan mereka yang berhasil mengodol piala a.k.a menjadi juara akan diganjar uang dengan nominal menyentuh angka 1 miliar.

Indonesia Terbuka jadi tournament series termahal Asia Tenggara

Owie dan Butet raih gelar [Sumber Gambar]
Sebagai sebuah tournament bulutangkis level ke kedua, Indonesia terbuka juga punya hadiah total yang bisa dikatakan ugal-ugalan. Bahkan untuk saat ini menjadi kejuaraan bulutangkis paling besar cuannya di kawasan Asia Tenggara. Dilansir Boombastis dari Kompas.com, ajang termasyur dunia yang digelar di tanah air itu menawarkan hadiah total mencapai angka 1 juta dollar AS atau bila dirupiahkan sama dengan 13,42 miliar. Bonus besar ini juga disediakan oleh dua kejuaraan bergengsi lain yakni All Enggland dan China Terbuka.

Australia Terbuka juga miliki hadiah bombastis

Juara Australia Open [Sumber Gambar]
Sama halnya dengan ajang tadi, hadiah total menyentuh angka miliar juga muncul pada kejuaraan bulutangkis Australia Terbuka. Di negeri identik dengan hewan kanguru itu pihak panitia menawarkan hadiah mencapai angka 750.000 atau senilai Rp 9,86 miliar. Jumlah besar tersebut kini tidaklah berlaku, lantaran pihak Federasi Bulutangkis Dunia BWF tahun lalu mengumumkan kenaikan jumlah hadiah untuk beragam level, mulai dari yang tertinggi sampai rendah. Sebuah hal yang pastinya membuat para aktor lapangan ini tambah bersemangat.

Denmark berikan hadiah total sampai menyentuh angka miliar

Denmark Open 2015 [Sumber Gambar]
Selain beberapa kejuaraan tadi, salah satu tournament bergengsi ada di Benua Biru ini juga tawarkan hadiah besar. Di mana Denmark terbuka selalu menganggarkan hadiah total sampai angka miliaran. Dari penelusuran yang dilakukan penulis ajang bulutangkis di Eropa ini memiliki hadiah total mencapai 775 ribu dollar AS atau bila dirupiahkan mencapai angka Rp 10 miliar lebih. Jumlah yang tentunya bila dibelikan motor pabrikan Honda yakni Supra X bisa mendapatkannya dengan jumlah banyak. Di ajang tersebut pada tahun lalu Kevin dan Marcus yang sukses menggondol juara 1 di ajang tersebut.

BACA JUGA: Dilabeli Manusia Satu Juta Dollar, Inilah 4 Hadiah Juara Marcus dan Kevin yang Sangar Abis

Melihat angka-angka tadi, pastinya bukan sebuah keheranan kalau atlet juara dari Indonesia acap kali punya barang-barang mewah, mulai dari properti sampai tunggangan. Namun, terlepas dari itu bulutangkis adalah olahraga yang tidak enteng. Jadi, meski mendapatkan banyak uang atletnya, namun di balik itu ada perjuangan super keras dari atletnya.