Gunung emas, pastinya menjadi sebuah istilah yang tidak asing untuk kita. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang mana disebut-sebut sebagai negara kaya akan sumber daya alam. Lebih jauh tentang gunung emas, Freeport bisa dikatakan adalah nama termasyur terkait hal tersebut. Alasannya adalah, selain mempunyai cadangan emas besar, dalam sejarah mereka adalah salah satu perusahaan tambang terlama mengeksploitasi sumber daya alam (SDM) negeri ini.

Masih berbicara tentang hal ini, ternyata tidak hanya Papua saja yang menyimpan gunung emas di negeri ini. Beberapa wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatra, Jawa, sampai Bali diam-diam juga menyimpan potensi emas besar. Mungkin ke depan, kalau sudah dikeruk bisa menjadi saingan Freeport. Lalu daerah Indonesia bagian barat mana saja yang menyimpan gunung emas? Temukan jawabannya di ulasan berikut.

Wilayah Sumatera, ada Bengkulu yang punya gunung emas

Ilustrasi penggalian Emas [Sumber Gambar]
Sebagai sebuah wilayah yang dianugerahi gunung emas, ternyata cadangan mineral berharga di provinsi tersebut tidaklah bisa diremehkan. Bahkan banyak yang mengklaim lebih besar dari perusahaan tambang di Papua Freeport. Dari data survey awal oleh ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces, (satu ounces setara dengan 280 gram). Jumlah tersebut terkandung dalam 90 ribu hektare di wilayah Kabupaten Seluma Bengkulu.

Bogor menjadi perwakilan Jawa punya gunung emas

Ilustrasi penelitian emas [Sumber Gambar]
Selain Pulau Sumatra, beberapa wilayah Jawa juga bisa dikatakan mempunyai gunung emas. Salah satu buktinya adalah Bogor, daerah Jawa Barat tersebut dikabarkan mempunyai cadangan emas yang besar. Terletak di di Gunung Pongkor, gunung emas tersebut kabarnya saat ini dikelola oleh BUMN tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Mereka kabarnya sudah meneliti kandungan mineral tersebut di sana sejak tahun 1974 hingga 1981. Di mulai dengan eksplorasi logam dasar timbal (Pb) dan seng (Zn) di bagian utara gunung lalu akhirnya ditemukan cadangan emas yang disebut-sebut terbesar di Jawa.

Gunung emas juga terdapat di Banyuwangi

Penampakan tambang emas tumpang 7 [Sumber Gambar]
Sama seperti Bogor tadi, Banyuwangi juga diam-diam menjadi wilayah di Jawa yang mempunyai tambang emas. Terletak di kawasan bernama Tumpang Pitu, menurut standar Joint Ore Reserve Committe (JORC) di sana diprediksi tersimpan aset mineral berupa: 794 juta gram cadangan emas dan 862 miliar gram cadangan tembaga pada lapisan porfiri. Lalu pada lapisan oksidasi ada 70 juta gram cadangan emas dan 2,2 miliar gram cadangan perak. Mempunyai kapasitas produksi mencapai 2,8 juta gram emas dan 136 juta gram perak per-tahun. Selain emas, di sana juga terdapat Tembaga.

Selain wisatanya yang hebat, Bali juga menyimpan gunung emas

Ilustrasi mineral bumi [Sumber Gambar]
Sebagai salah satu tempat destinasi orang liburan, tentu bukan sebuah rahasia lagi kalau di Bali banyak menyimpan tempat wisata. Mulai dari yang budaya, religi, sampai alamnya yang super istimewa. Namun, seperti daerah-daerah tadi, Bali ternyata juga mempunyai potensi emas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini diungkap langsung oleh Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Bali, I Ketut Ariantana yang dikutip dari Liputan 6, beliau berujar kalau secara geologis tanah Bali, memiliki potensi kandungan emas yang luar biasa. Tapi belum diketahui tepatnya berada di wilayah mana.

BACA JUGA: Balada Freeport, Gunung Emas Nusantara yang Malah Membuat Rakyatnya Semakin Miskin

Berkaca dari beberapa wilayah tadi, sepertinya bukanlah sesuatu hal yang mengejutkan kalau Indonesia kerap dijuluki negara kaya raya, meski masuk kategori negara berkembang. Besar harapan, potensi-potensi besar tadi bisa dimanfaatkan dengan baik oleh negara ini.