Semasa hidupnya, Bung Karno tak hanya dikenal sebagai sosok yang penuh kharisma dan cinta tanah air saja, ada banyak sisi lain Sang Proklamator yang enggak banyak diketahui oleh publik. Salah satunya, konon Bung Karno pernah bertapa di daerah Alas (Hutan) Purwo, Jawa Timur.

Nah, di sini ada sebuah gua yang juga pernah dikunjungi oleh Bung Karno, namanya Gua Istana. Konon, pada zaman dahulu gua ini menjadi tempat destinasi raja-raja untuk menenangkan pikiran mereka. Sekarang, Gua Istana ini masuk dalam salah satu list wisata mistis yang bisa dikunjungi di Banyuwangi.

Merupakan Bagian dari Alas Purwo

Alas Purwo [sumber gambar]

Gua Istana ini adalah bagian dari wisata yang masih masuk dalam kawasan Alas Purwo. Di Alas Purwo sendiri adalah sekitar 40 gua, yang salah satunya adalah Gua Istana ini. Menurut orang-orang terdahulu dan kepercayaan masyarakat, masing-masing gua ini selalu ada penghuninya. Tak hanya yang kasat mata saja, tapi juga bangsa gaib. Ya, hal ini termasuk wajar sih karena memang Alas Purwo dikenal sebagai kerajaan jin terbesar yang ada di Indonesia.

Tempat bertemunya Bung Karno dengan Ratu Pantai Selatan

Tempat bertemunya Ratu Kidul dan Bung Karno [sumber gambar]

Nah, jauh sebelum Bung Karno menyambangi gua ini, para raja zaman dahulu sudah menjadikan Gua Istana sebagai pilihan tempat menenangkan diri. Mereka kadang berkumpul untuk memecahkan masalah serta bersemedi di gua ini. Hal tersebut juga masih banyak dilakukan masyarakat sekarang. Ada banyak orang yang datang ke gua ini untuk mencari wangsit.

Dijadikan tempat ritual umat Hindu

Gua Istana [sumber gambar]

Kalau kamu masuk ke Gua Istana ini, di beberapa bagian, kamu akan menemukan kain khas Bali yang biasanya sering dijumpai di tempat ibadah umat Hindu. Hal ini tak lain karena Gua Istana diajadikan tempat sembahyang orang-orang Hindu yang datang dari Bali. Kalau masuk ke dalam gua pun, akan ada aroma dupa yang menyengat, sebagai bukti kalau Gua Istana memang tempat diadakannya ritual keagamaan.

Kepercayaan masyarakat setempat terkait gua yang menyimpan benda pusaka

Banyak pusaka di dalamnya [sumber gambar]

Tak hanya terkenal karena pernah disambangi oleh Bung Karno saja, masyarakat setempat percaya jika di Gua Istana ada berbagai benda pusaka dan cerita-cerita mistis. Ada pula mitos yang dipercaya jika si pertapa tertidur kemudian bertemu dengan ratu maka hal tersebut pertanda baik. Hingga saat ini di Gua Istana masih banyak orang yang melakukan pertapaan, bahkan para caleg pemerintahan yang akan mencalonkan dirinya, mereka bertapa dahulu di Gua Istana agar mendapatkan wangsit yang bisa mempermudah dirinya terpilih di pemilihan caleg tersebut.

BACA JUGA: 5 Fakta Ngeri Alas Purwo yang Bakal Membuatmu Ketakutan Tapi Juga Penasaran

Ya, kita memang tidak bisa mengabaikan fakta bahwa masyarakat sudah berpuluh-puluh tahun memelihara mitos dan kepercayaan yang ada. Makanya, saat mengunjungi gua tersebut, kamu harus tetap menjaga sopan santun, karena gua ini bukan hanya sebagai tempat bertapa tapi juga tempat ibadah umat agama Hindu.