Warga musik di Indonesia memang begitu beragam, mulai dari jenis musik hingga formasi para penyanyinya. Jika kalian penikmat musik Indonesia, barangkali nggak asing dengan beberapa grup vokal yang dulu pernah menghibur kita. Tapi, belakangan ini kok jarang melihat aksi mereka di layar kaca ya? Padahal di tahun-tahun sebelumnya, lagu mereka selalu jadi andalan,

Yah, namanya juga dunia hiburan. Setiap hari selalu ada yang baru dan menggeser yang telah lalu. Bukan berarti nggak lagi disuka, masyarakat sepertinya cuma butuh diingatkan saja, kalau eksistensi mereka sempat bikin terpana. Dan berikut ini adalah beberapa grup vokal yang dulu ngehits, tapi sekarang tak pernah kelihatan.

Warna

Grup vokal ini sempat meledak berkat lagunya yang berjudul ’50 tahun lagi’ yang diciptakan oleh Dewiq. Memiliki formasi lima orang penyanyi, grup vokal satu ini memang sempat menjadi pusat perhatian. Ternyata, grup yang terdiri dari lima orang penyanyi ini dibentuk oleh Tamam Husein, alias ayah dari Nina Tamam.

Warna [sumber gambar]
Grup satu ini rupanya benar-benar memulai karir mereka dari cafe ke cafe, hingga akhirnya nama mereka makin dikenal dan sukses merilis album yang bikin Indonesia jatuh hati. Sayangnya, seiring bergulirnya waktu, nama grup vokal ini makin tenggelam. Bukan apa-apa sih, tapi karena masing-masing personilnya udah pada sibuk sama urusan rumah tangga, terlebih member perempuan ya. Nggak masalah kok, prioritas memang harus keluarga.

Tangga

Grup vokal Tangga adalah salah satu yang nggak kalah populer. Grup ini pertama dibentuk tahun 2004, yang terdiri dari Tata, Kamga, Chevrina dan Nerra Merlin. Kalau menyebut grup satu ini, tentu lagu Kesempatan Kedua langsung terngiang di ingatan kita. Iya, lagu mendayu tersebut memang memiliki makna yang dalam dan musik yang easy listening, cocok buat kamu yang lagi patah hati, tapi semoga nggak ya.

Tangga [sumber gambar]
Beberapa tahun tak terdengar kabarnya, ternyata grup vokal satu ini sudah kehilangan satu personilnya, yaitu Nerra. Sama dengan member Warga, Nerra juga hengkang karena menikah dan harus fokus mengurus sang buah hati. Setelah keluarga Nerra dari grup, Tangga masih tetap jalan kok. Namun mereka muncul dengan nama baru, yaitu ‘Dekat’. Hmm… ada yang udah denger lagu mereka tanpa Nerra?

GAC Alias Gamal Audrey Cantika

Awalnya sih, grup ini hanya hasil iseng dari kakak adik Gamal dan Audrey. Mereka menggunggah lagu cover mereka di akun YouTube. Sementara Cantika juga memiliki hobi yang sama, yaitu mengunggah video nyanyi solo di channel pribadinya. Hingga suatu hari, Cantika tanpa sengaja melihat video duet Gamal dan Audrey. Cantika pun tertarik untuk bergabung. Walhasil, sejak tahun 2008 mereka resmi jadi trio.

GAC [sumber gambar]
Mereka pun mulai mengunggah video saat bernyanyi bertiga. Dan siapa sangka vokal mereka menarik perhatian label musik besar yakni Sony Music Entertainment. Belakangan ini, grup ini memang jarang kelihatan di TV ya, tapi sebenarnya mereka masih eksis kok. Mereka tetap merilis single. Bahkan penontonnya di YouTube sampai jutaan.

Project Pop

Anak angkatan 90-an mana yang nggak kenal Project Pop? Bahkan kalau kamu bukan penggemar musik pun, pasti masih kenal sama grup satu ini. Grup yang terdiri dari Udjo, Yosi, Odie, Tika, Gugum ini mulai dibentuk saat mereka masih sama-sama mahasiswa, tepatnya pada tahun 1982. Awalnya sih cuma pengen menyalurkan hobi dan bakat. Nggak taunya, mereka beneran berbakat dan mulai terkenal, bahkan seluruh Indonesia pun mengenal mereka.

Project Pop [sumber gambar]
Project Pop rupanya juga menyajikan sesuatu yang unik, yaitu musik yang kocak. Sejak kematian salah satu personilnya, Oon, grup ini nggak pernah kedengeran lagi kabarnya. Ternyata mereka emang memutuskan untuk vakum. Namun, beberapa hari lalu grup ini memutuskan comeback. Wah, penggemarnya pasti seneng tuh.

Pasto

Masih ingat dong sama grup satu ini? Pasto dulu ngehits banget berkat lagunya yang berjudul “Aku Pasti Kembali”. Pada awalnya, grup ini memiliki empat personil, yaitu  Bayu, Rudolph, Meltho, dan Rayen Pono. Sama seperti grup pada umumnya, seiring bergulirnya waktu, ada pergantian personil. Hengkangnya para mantan personil Pasto sendiri karena ingin bersolo karir.

Pasto [sumber gambar]
Hingga akhirnya, Pasto hanya menyisakan dua orang personil, yaitu Sion Simbolon dan Jason Gunawan. Meski jarang kelihatan, grup Pasto masih aktif hingga saat ini kok. Namun memang belum ada lagunya yang meledak seperti Aku Pasti Kembali. Kita doakan saja agar grup vokal ini kembali ngehits.

BACA JUGA: Inilah 10 Lagu Indonesia Paling Legendaris dan Tak Lekang oleh Waktu, Ada Favoritmu?

Itulah lima grup vokal yang dulu sempet populer banget, tapi saat ini jarang kelihatan. Meski nggak ngehits lagi, namun lagu-lagu lama mereka masih enak loh didengar sampai sekarang. Coba deh, cari di YouTube.