Gobang, Senjata Mematikan Asli Betawi yang Dipakai Para Jawara Silat

oleh Adi Nugroho
09:21 AM on Jan 7, 2017

Ragam budaya dan suku yang ada di Indonesia tidak hanya menghasilkan produk berupa kesenian, kerajinan, dan kuliner saja. Kebudayaan yang berkembang sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu juga menciptakan alat pembelaan diri berupa senjata yang digunakan untuk berperang atau melindungi diri sendiri dan keluarga.

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki senjata khas yang dikenal sangat mematikan. Di Sunda, kita mengenal adanya kujang yang konon telah ada sejak era Prabu Siliwangi. Lalu di kawasan Kalimantan, ada mandau yang menjadi senjata khas dan sangat mematikan dari Suku Dayak. Selanjutnya, di Betawi kita mengenal gobang yang artikelnya lengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Sejarah Persenjataan yang Ada di Betawi

Persenjataan di Betawi telah berkembang setidaknya pada zaman batu yang berlangsung 3500 tahun yang lalu. Pendapat ini bisa mencuat setelah beberapa arkeolog menemukan bukti di sekitaran sungai besar seperti Citarum dan Ciliwung. Dari zaman batu, senjata terus berkembang mengikuti kultur budaya masyarakat yang mulai modern dan mengenal banyak metode pembuatan senjata.

Golok Gobang [image source]
Sebelum Gobang digunakan sebagai salah satu senjata yang mematikan. Masyarakat Betawi masih menggunakan rotan, punta yang digunakan untuk menusuk, lalu cunrik yang berupa keris kecil seperti konde, hingga beliung gigi gledek yang berbentuk seperti kapak yang bisa digunakan untuk menyerang.

Senjata Khusus untuk Bacok dan Serangan

Seiring dengan berjalannya waktu, senjata yang ada di Betawi mulai berkembang sedikit demi sedikit. Pembuat senjata mulai memperhatikan efektivitas dan juga mudahnya penggunaan dari sebuah senjata. Dari sini mulai muncul senjata jenis baru berupa golok yang bisa digunakan sebagai senjata bacok yang ampuh dan memiliki kemampuan untuk merusak.

Senjata Khusus untuk Bacok dan Serangan [image source]
Penggunaan dari golok memang terbukti ampuh. Terlebih dalam melawan penjajahan Belanda yang ratusan tahun lalu menguasai Batavia. Namun, bentuknya yang terlalu panjang kadang membuat pengguna kesusahan. Bahan besi membuat senjata ini kadang terlalu berat sehingga kurang efektif untuk beberapa aktivitas penyerangan.

Pengguna Gobang di Masa Lalu

Kekurangan dari golok konvensional adalah bentuknya yang terlalu panjang. Dengan sedikit pemendekan, terciptalah gobang yang memiliki kemampuan sama. Senjata ini akhirnya dipakai oleh cukup banyak pejuang di Betawi untuk melawan para penjajah atau musuh yang ingin menjatuhkan maysarakat Betawi dan membuat mereka menjadi menderita

Pertunjukan silat [image source]
Hebatnya gobang dalam penyerangan membuat senjata ini mulai dipakai oleh banyak pihak. Beberapa yang terkenal sebagai pemakai dari gobang adalah Si Pitung yang sangat sakti dan membangkang pada Belanda. Selain Si Pitung, ada juga Bang Juned, Bang Murtado, hingga Bang Sabeni yang namanya juga harum karena memperjuangkan masyarakat Betawi hingga akhir.

Senjata Para Jawara yang Hebat

Dari nama-nama yang telah di sebutkan di atas, kita menjadi sangat tahu kalau senjata yang mematikan ini dipakai oleh jawara silat Betawi. Mereka menggunakan senjata ini bukan semata-mata untuk tampil keren atau untuk menindas. Mereka menggunakan gobang untuk berjuang habis-habisan dan mati-matian dalam memerangi Belanda yang sangat menyiksa masyarakat Betawi.

Senjata Para Jawara yang Hebat [image source]
Dari sini, gobang langsung terkenal sebagai senjatanya para jawara di Betawi. Dengan senjata yang memetikan ini, para jawara bisa melakukan banyak hal. Mereka tidak peduli dengan jumlah tentara Belanda yang banyak. Yang ada di pikiran mereka hanyalah bagaimana caranya bisa berjuang mati-matian dengan apa yang mereka miliki. Gobang cukup banyak membantu para jawara untuk menumpas banyak musuh dengan cepat.

Oh ya, gobang yang dimiliki oleh jawara biasanya dibuat dengan desain khusus. Pada permukaan logam atau pegangan biasanya ada ukiran atau motif khusus yang menandakan senjata itu milik siapa.

Demikianlah ulasan tentang gobang yang merupakan senjata para jawara Betawi. Kira-kira masyarakat Betawi sekarang masih melestarikan senjata yang unik dan penuh nilai perjuangan ini tidak ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA