Categories: Trending

5 Alasan Pesona Gili Trawangan Nggak Kalah dengan Bali

Meski gelombang wisata ke Bali masih belum tertandingi oleh destinasi-destinasi lainnya di Indonesia, namun beberapa tahun terakhir tren positif kunjungan wisata ke Gili Trawangan kian membuktikan jika daerah di timur Pulau Dewata ini siap memberikan perlawanan serius terhadap Bali yang telah lama menjadi ikon wisata Indonesia.

Baca Juga : 10 Kota Paling Dingin di Indonesia, Yang Menyimpan Sejuta Pesona

Bukan hal yang mustahil jika dalam waktu yang dekat wisata di pulau yang berada di Lombok ini akan berada sejajar dengan Bali atau bahkan mengalahkan kepopuleran pulau seribu dewa tersebut. Lantas apa yang dimiliki Gili Trawangan sehingga bakal mampu menjadi pesaing Bali? Berikut ulasannya.

1. Jauh Dari Bising Kendaraan dan Polusi Udara

Keunggulan Gili Trawangan dibanding daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia termasuk Bali adalah dilarangnya kendaraan bermotor masuk ke dalam pulau. Hasilnya tentu saja kawasan yang bebas kebisingan, bebas macet dan bebas dari polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor. Namun demikian bukan berarti tidak ada transportasi yang bisa digunakan selama berlibur di pulau ini.

Gili Trawangan Bebas Polusi [Image Source]
Sebagai ganti atas pelarangan kendaraan bermotor masuk ke Gili Trawangan, maka di dalam pulau disediakan transportasi pengganti yang lebih ramah lingkungan yaitu sepeda dan cidomo. Cidomo adalah alat transportasi tradisional sejenis kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pilihan Lain yaitu dengan menyewa sepeda di tempat persewaan yang banyak dijumpai di sana.

2. Pantai Berpasir Putih nan Bersih

Berbentuk pulau kecil yang sedikit terpencil dan tidak memiliki sistem sungai yang bermuara ke laut, itulah beberapa alasan mengapa Gili Trawangan memiliki pantai yang selalu terjaga kebersihannya. Penyebab utama dari kotornya pantai seperti di Kuta adalah sampah yang terbawa aliran sungai menuju pantai saat musim hujan, hal ini tidak terjadi di Gili Trawangan.

Pantai Berpasir Putih nan Bersih [Image Source]
Selain itu kesadaran wisatawan akan kebersihan juga menjadi faktor lain mengapa pantai di sana selalu bersih. Tak hanya bersih, pasir pantai di Gili Trawangan berwarna putih seperti kapas. Saat siang hari pantai di sana akan terlihat berkilau terkena pantulan cahaya matahari.

3. Spot Sunset dan Sunrise Yang Bisa Ditempuh Hanya Dengan Berjalan Kaki

Inilah kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika berlibur di Gili Trawangan. Pulau mini ini memiliki pantai yang menghadap ke barat dan timur sehingga memungkinkan setiap wisatawan untuk bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam pada satu lokasi. Hal ini disebabkan jarak antar pantai di sana tidak terlalu jauh sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja atau naik cidomo.

Spot Sunset dan Sunrise Yang Bisa Ditempuh Hanya Dengan Berjalan Kaki [Image Source]
Meski jarak antar pantai tidak terlalu jauh namun pemandangan yang disuguhkan tidak monoton. Pantai-pantai di Gili Trawangan memiliki pesona yang berbeda di setiap sisinya. Traveler akan menemukan suasana yang lebih ramai jika berada di pantai sebelah timur sebab di sana terdapat pelabuhan dan pusat ekonomi warga sedangkan pantai-pantai di sebelah barat relatif lebih sepi sehingga pas sekali untuk membuat momen-momen romantis.

4. Surga Alam Bawah Laut

Gili Trawangan akan memanjakan traveler yang suka dengan kegiatan air seperti berenang, snorkeling dan juga diving sebab pulau ini memiliki segala sumberdaya laut kelas wahid. Mulai dari air lautnya yang jernih hingga biota laut yang beragam. Perairan Gili Trawangan terkenal memiliki visibilitas tinggi yang artinya air laut di sana sangat jernih. Jadi tanpa harus menyelam traveler bisa melihat kehidupan bawah laut dari atas perahu.

Surga Alam Bawah Laut [Image Source]
Jika ingin lebih puas traveler bisa snorkeling atau menyelam. Menyelam khusus dilakukan untuk melihat keindahan alam bawah laut di perairan dalam. Namun bagi yang tidak bisa menyelam bisa melakukan snorkeling di perairan dangkal. baik di perairan dangkal atau dalam Gili Trawangan menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan ikan badut atau yang populer disebut dengan ikan nemo.

5. Penduduk Lokal yang Ramah Pada Pendatang

Tidak seperti di perkotaan, semakin plural pendatang maka kehidupan sosial akan semakin hilang. Orang-orang akan semakin individualistis dan tidak menegur sapa dengan orang lain. Penduduk Gili Trawangan terkenal dengan keramah tamahannya sekalipun kepada pendatang atau orang asing. Anda akan merasakan kehangatan selama berada di sana.

Penduduk Lokal yang Ramah Pada Pendatang [Image Source]
Semakin lama berada di Gili Trawangan traveler akan semakin betah sebab mereka sangat mudah beradaptasi dengan dibantu warga lokal yang begitu ramah. Jika kurang percaya dengan keramahan penduduk Gili Trawangan Anda bisa berlibur ke sana dan berjalan-jalan berkeliling pulau, maka akan banyak penduduk yang menyapa dengan senyuman. Anda pun dijamin tidak akan tersesat sebab penduduk lokal siap membantu Anda jika mengalami masalah.

Baca Juga : 12 Kolam Renang Terbaik Ini Bikin Kamu Nggak Pengen Keluar Setelah Nyemplung

Itulah alasan mengapa suatu saat nanti Gili Trawangan akan mampu mengalahkan ketenaran pulau Bali atau setidaknya sejajar.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago