Gelombang Panas Di India Menewaskan Ribuan Orang

oleh Adys Disty
07:08 AM on May 31, 2015
Anak-Anak India via viva
Anak-Anak India via viva

Gelombang panas yang melanda India dilaporkan terus memakan korban jiwa. Sebelumnya diberitakan gelombang panas tersebut telah merenggut sekitar 700 jiwa, dan kini jumlah korban meningkat hampir dua kali lipat. Gelombang panas ini dilaporkan telah menewaskan sekitar 1.371 orang pada minggu ini. Suhu udara di luar tercatat telah mencapai lebih dari 47 derajat celcius.

Menurut Ahli Meteorologi Richard Angwin, gelombang panas masih akan terus berlanjut hingga minggu depan atau menjelang musim penghujan. “Bagi daerah yang mengalami panas terparah, hujan baru akan turun beberapa minggu mendatang. Hingga musim hujan, panas ini akan terus menjadi masalah,” kata Angwin.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sementara itu, Pemerintah India mengatakan tingkat kematian yang paling parah terjadi di negara bagian Andhra Pradesh, bagian selatan India dan dekat dengan Telangana. Bahkan, menurut pejabat berwenang, jumlah korban meninggal meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Angka itu dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan gelombang panas yang melanda India tahun lalu.

Sejak 18 Mei 2015, korban jiwa yang jatuh di Andhra Pradesh mencapai 900 orang. Sedang di negara bagian Telangana yang suhunya mencapai 48 derajat Celcius pada akhir minggu lalu, sebanyak 340 orang telah meninggal. Padahal pada tahun 2014, hanya 31 orang yang dilaporkan tewas di wilayah tersebut.

Menurut Angwin, banyaknya jumlah kematian di selatan India tersebut disebabkan bukan hanya oleh gelombang panas saja, akan tetapi karena tingkat kelembapan yang terlampau tinggi juga. “Tingginya kelembaban di wilayah di selatan India memperparah kondisi akibat cuaca panas. Negara bagian Pradesh dan Orissa mengalami panas dan kelembaban yang tak tertahankan. Temperatur udara turun sedikit pada malam hari menjadi 30 derajat Celcius,” tuturnya.

Pemerintah India sendiri saat ini sedang berusaha untuk membangun posko-posko bantuan di wilayah yang paling parah terkena dampak gelombang panas ini. Dalam posko tersebut, pemerintah India akan menyediakan air baik untuk minum dan mandi. Bahkan, permohonan cuti dokter yang bertugas di India dibatalkan. Pemerintah pun turut menganjurkan kepada warganya agar tidak bepergian di siang hari untuk menghindari dampak gelombang panas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA