Bukan sebuah rahasia lagi, jika gaya hidup seorang pesepakbola sangat mempengaruhi prestasinya di jagat sepak bola. Maka dari itu, banyak pemain yang selalu menjaga betul hal tersebut. Mulai dari mengontrol pola makan, istirahat cukup, sampai menjauh dari sesuatu yang memancing sebuah kontroversi. Tidak jarang, berkat menganut hal semacam itu insan-insan lapangan juga tumbuh sebagai sosok penyayang keluarga.

Pola-pola positif semacam itulah yang akhirnya membuat banyak pesepakbola bisa awet kariernya. Bahkan dengan gaya hidup yang baik, beberapa atlet di olahraga ini juga mampu terus bertaji meski menginjak usia kepala tiga. Lalu siapa sajakah mempunyai kehidupan di luar lapangan yang berkualitas? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Pemenang Ballon d’Or 2007 Ricardo Kaka

Ricardo Kaka menjadi pemenang Ballon d’Or [Sumber Gambar]
Sebagai seorang aktor lapangan hijau bisa dikatakan pemain satu ini sangatlah religius. Di mana kehidupan Kaka, baik di dalam atau luar lapangan, selalu berpegang teguh kepada titah-titah agama yang dipercayainya. Seperti salah satunya adalah tidak hidup glamour, berfoya-foya layaknya steorotipe pemain bintang dari Brasil pada umumnya. Kehidupan sendiri banyak dihabiskan dengan beribadah, latihan, dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Berkat kondisi positif ini, selama berkarier di lapangan hijau dirinya jarang sekali diterpa isu-isu miring dan sempat sekali di anugerahi Ballon d’Or 2007 lantaran penampilan ciamiknya.

Pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim 2017/2018

Salah menjadi Top Skor [Sumber Gambar]
Selain Ricardo Kaka tadi, top skor Liga Inggris musim kompetisi 2017/2018 yaitu Mohamed Salah juga menjadi pesepakbola religius. Hampir sama dengan mantan AC Milan tadi, kehidupan pria asal Mesir ini juga selalu berpedoman terkait ajaran agamanya dipercayai. Selain itu, Salah juga jadi pesepakbola muslim yang acap kali tertangkap kamera ketika di luar lapangan melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Salah juga terkenal sosok family man, yang mana ketika tidak ada latihan lebih memilih menghabiskan waktu dengan keluarga. Kehidupan positif tersebut juga membuat jarang diterpa isu-isu miring.

Lionel Messi jadi bintang punya gaya hidup yang baik

Lionel Messi dengan 5 Ballon d’Or [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan nama-nama tadi, Lionel Messi juga punya gaya hidup yang berkualitas. Bintang Argentina ini selalu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan urusan lapangan. Dilansir Boombastis dari CNNIndonesia, Messi lebih memilih pulang ke rumah dan bercengkrama dengan keluarganya ketika tidak ada kegiatan latihan atau pertandingan. Dari penelusuran penulis, kegiatan Leo ketika di rumahnya adalah makan dengan keluarga, tidur siang, minum sejumlah minuman herbal dan kemudian pergi jalan-jalan untuk menyenangkan sang buah hati. Kesederhanaan inilah yang membuat selalu tampil moncer di setiap laga.

Gaya hidup bintang Portugal, Cristiano juga berkualitas

CR7 menjadi kampiun Euro 2016 [Sumber Gambar]
Sama-sama dengan sosok lapangan hijau tadi, CR7 a.k.a Cristiano Ronaldo juga mempunyai gaya hidup yang patut di contoh. Kendati terlihat glamour dengan barang-barang super mahal, namun punggawa Juventus ini adalah atlet yang memiliki disiplin tinggi. Di mana mampu menyeimbangkan antara latihan, pola makan, istirahat, gym, dan kehidupan berkeluarganya sangat baik. Selain itu, Ronaldo juga terkenal sosok dermawan yang acap kali terlihat tidak sungkan ulurkan bantuan untuk sesama. Bahkan, ia adalah pesepakbola yang rutin melakukan donor darah. Kedisiplinannya juga membuat selalu datang latihan paling awal dan pulang terakhir.

Pelatih dan pemain asal Prancis Zinedine Zidane

Zinedine Zidane angkat trofi si kuping besar [Sumber Gambar]
Aktor lapangan hijau lain yang juga punya gaya hidup baik adalah seorang Zinedine Zidane. Tuturnya yang dikutip Boombastis dari Bolasport, ketika masih aktif bermain pria Prancis ini mengaku kalau selalu tidur yang cukup, tidak pernah pergi ke bar, hanya minum air putih, dan selalu latihan perenggangan. Bila berkaca dari hal tersebut, bukanlah sebuah mengejutkan kalau prestasinya di lapangan begitu hebat. Bahkan semua trofi bergengsi yang di kompetisi Eropa sampai Piala Dunia pernah diangkatnya.

BACA JUGA: Kerap Disebut Dewa Sepak Bola, Beginilah Sisi Gelap Ronaldinho yang Terkenal Hebat Itu

Kalau berkaca dari capaian-capaian pemain tadi, sepertinya bukan sebuah hal bohong kalau gaya hidup bisa mempengaruhi prestasi. Jadi untuk sobat Boombastis yang kini sedang berjuang mencapai cita-citanya di jagat sepak bola, nama-nama tadi bisa dijadikan contoh.