Gatot Nurmantyo Calon Tunggal Panglima TNI

oleh Adys Disty
06:32 AM on Jun 10, 2015
Gatot Nurmantyo via tempo
Gatot Nurmantyo via tempo

Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo untuk menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia. Gatot adalah calon tunggal yang diajukan oleh Presiden kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan pensiun pada 8 Juli tahun ini.

Wakil Ketua Fahri Hamzah pun membenarkan pimpinan DPR RI telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo mengenai penunjukan nama Panglima TNI. Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan DPR telah menerima surat Presiden Joko Widodo, Selasa sore ini. “Saya lihat copy-annya, ada satu nama, Pak Gatot Nurmantyo dari Angkatan Darat,” kata Fahri Hamzah, Selasa (9/6).

Baca Juga
6 Artis Tanah Air Ini Pindah Kewarganegaraan, Alasannya Menusuk ke Relung Hati Terdalam
7 Pekerjaan Ini Sering Diremehkan, Padahal Kita Tak Bisa Hidup Tanpa Mereka

Menurutnya, meski menjadi hak prerogatif presiden, pihaknya berharap agar Presiden Joko Widodo dapat menjelaskan penunjukan Gatot sebagai panglima. “Ini tidak ada pelanggaran Undang-Undang. Tetapi ini kan merubah konsensus yang telah dibangun sepuluh tahun oleh Presiden SBY,” jelasnya.

Fahri juga menegaskan pihaknya tudak menuduh Presiden mempunyai motif politik tertentu dalam penunjukan Panglima TNI tersebut. “Tapi yang kita harapkan Presiden ada penjelasan lebih spesifik. Misalnya kalau Presiden bilang hak prerogatif, ya itu biasa saja. Bagaimanapun merubah kebiasaan itu ada satu penjelasan,” tambahnya.

Gatot merupakan alumni Akademi Militer angkatan 1982. Pria kelahiran 13 Maret 1960 Kota Tegal, Jawa Tengah itu sempat menduduki sejumlah jabatan strategis dalam karirnya. Dia pernah menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat tahun 2013-2014, Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya pada tahun 2010-2011, dan Gubernur Akademi Militer pada tahun 2009-2010.

Penunjukkan ini tidak melanggar Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI karena hanya mengubah kebiasaan tentang pemilihan Panglima TNI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selama sepuluh tahun masa pemerintahan SBY, posisi Panglima TNI diisi secara bergiliran oleh ketiga angkatan yaitu Angkatan Darat, Laut dan Udara. Pada periode Agustus 2013 lalu, Angkatan Darat yang mengisi posisi Panglima TNI. Saat itu Moeldoko yang dipilih sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono dari Angkatan Laut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA