Kebiasaan yang Bikin Gaji Kamu Cepat Habis

oleh Tetalogi
15:00 PM on Sep 5, 2015

Masalah besar bagi setiap orang yang bekerja adalah gaji yang begitu cepat habis. Padahal rasa-rasanya baru seminggu gajian, tapi kok di dompet tinggal recehan. Kalau memang untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk investasi sih wajar. Tapi kalau kamu tidak merasa seperti mengeluarkan uang tapi tiba-tiba uangmu ludes, itu yang bahaya.

Hal ini bisa terjadi jika kamu secara tidak sadar punya kebiasaan buruk yang nggak mendukung dengan isi dompetmu. Jadi kalau kamu punya kebiasaan-kebiasaan seperti berikut ini, hati-hati ya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Suka Lapar Mata dan Beli Barang yang Nggak Penting

Salah satu alasan kenapa gaji cepat habis adalah karena kamu gampang lapar mata. Lapar mata itu artinya kamu suka beli barang yang sebenarnya nggak penting-penting amat. Jadi kamu beli karena barang itu kelihatan lucu, bagus, keren, dan sebagainya. Ada sepatu keliatan lucu dibeli, padahal di rumah sepatu sudah ada satu lemari. Ada merek makeup yang mengeluarkan seri warna baru yang keliatan cantik dibeli, padahal di rumah kalau diteliti sudah punya warna yang sama.

[Image Source]
Lapar mata adalah jalan menuju kekeringan dompet [Image Source]
Eits… tapi jangan dikira cuma para wanita saja yang suka lapar mata. Para pria, apalagi yang masih single ternyata juga suka lapar mata, lho. Kalau pria, lapar matanya bisa berupa gadget, sepatu, jam tangan, atau hal-hal yang berbau hobi mereka seperti kaset game, action figure, peralatan olahraga, dan sejenisnya. Jadi, lain kali kalau mau belanja-belanja setelah gajian, coba dipikir-pikir terlebih dulu, apakah kamu benar-benar butuh barang tersebut?

2. Suka Bikin Janji Sebelum Gajian

Kamu punya pacar, atau gebetan, atau teman yang suka minta traktir atau titip belikan sesuatu? Boleh-boleh saja sih, tapi jangan sekali-sekali bikin janji sebelum kamu gajian, ya. Tanpa kamu sadari, janji-janji seperti ini yang bikin gaji kamu cepat habis meskipun baru saja gajian.

[Image Source]
Jangan suka bikin janji kalau kamu belum gajian [Image Source]
Saat kamu asal membuat janji, akan sulit mengalokasikan dana untuk satu bulan. Lagipula kamu nggak pernah tahu kapan tiba-tiba akan ada keperluan mendadak. Jadi, jangan biasakan janji-janji membelikan ini itu, ya.

3. Kebanyakan Kredit Atau Hutang

Sekarang ini pengen beli apa-apa kalaupun nggak punya uang jadi lebih gampang. Tinggal ambil saja sistem pembayaran cicilan atau kredit, maka kamu bisa mendapatkan barang baru yang kamu inginkan. Gadget baru, motor, mobil, semua bisa kebeli.

[Image Source]
Banyak tagihan kredit atau hutang juga membuatmu cepat kehabisan gaji [Image Source]
Meski memudahkan, kredit juga bisa bikin gajimu cepat habis karena beli barang cicilan. Selain harganya jadi lebih mahal, sebenarnya kamu juga merugi karena barang seperti gadget, motor atau mobil nilainya akan terus turun. Jadi, daripada buat mbayar kreditan, kenapa nggak investasi aja? Misalnya buat beli tanah, atau emas.

4. Gaya Kehidupan yang Tinggi

Nah, ini juga salah satu kebiasaan hidup yang bikin gaji cepet banget ludes meski masih di awal bulan. Nongkrong di kafe, liburan, belanja-belanja, semua ini juga ikut andil dalam ludesnya gaji kamu di awal bulan.

[Image Source]
Nggak masalah punya gaya hidup tinggi dan mahal, asal sesuaikan dengan pemasukan [Image Source]
Bukan hal yang salah kok punya gaya kehidupan yang tinggi. Tapi sesuaikan juga dengan kebutuhanmu. Jangan ngafe atau belanja terus di seminggu pertama, lalu dua minggu selanjutnya cuma makan mie instan. Tampil gaya itu boleh dan sah-sah saja, tapi jangan memaksakan diri.

5. Kejebak Setan Diskon

Ada beberapa orang yang kalau ketemu kata diskon itu langsung gatel banget pengen belanja. Pasalnya, yang muncul di kepala kita adalah, “wah, potongan harga nih! Jadi hemat sekian ribu daripada kalau beli waktu nggak diskon.” Hmm… hati-hati dengan yang seperti ini. Biar nggak kejebak diskon, ubah pola pikirmu dengan berapa uang yang kamu keluarkan.

[Image Source]
Hati-hati dengan diskon yang suka menjebak [Image Source]
Contohnya, sebuah handphone keluaran terbaru dibanderol dengan harga 10 juta. Tapi karena masih baru rilis dan masih promo, maka pembeli bisa mendapatkan diskon 10% atau hemat 1 juta rupiah. Nah, hemat 1 juta rupiah ini memang menggiurkan, tapi ingat, masih ada 9 juta yang harus kamu bayarkan. Jadi, ubah pola pikirmu dari “hemat satu juta”, menjadi “kamu harus membayar 9 juta”.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa gaji cepat banget ludes meskipun masih awal bulan. Kalau kamu, apa yang bikin gajimu cepat habis?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA