in

Fusaichi Pegasus, Kuda Juara yang Harganya Setara dengan Lusinan Mobil Mewah

Harga Fusaichi Pegasus yang edan [Image Source]

Berbicara soal hewan termahal dunia, mungkin orang-orang akan langsung terngiang dengan anjing Tibetan Mastiff. Tidak salah memang karena anjing tersebut memang bikin miskin. Untuk bisa membawa seekor pulang, setidaknya kita harus merogoh kocek ratusan juta. Bahkan semilyar Rupiah lebih kalau sudah jadi dan bentuknya bagus.

Tidak dipungkiri kalau Tibetan Mastiff harganya bikin magis, tapi salah kalau kita menganggap anjing ras Tibet itulah yang termahal di dunia. Semahal-mahalnya Mastiff, ia takkan pernah bisa mengalahkan Fusaichi Pegasus. Bagaimana tidak, si kuda jawara ini dulu pernah terjual dengan harga yang benar-benar tak masuk akal. Nilainya mungkin sama seperti harga lusinan mobil mewah.

Tentu ada alasannya kenapa kuda ini berharga sangat maut. Tidak hanya karena fisiknya yang oke, alasan kenapa banderol Fusaichi begitu menggila juga lantaran riwayat prestasinya yang mencengangkan. Lebih jauh soal si kuda termahal, berikut beberapa fakta dari Fusaichi Pegasus.

Namanya Diambil dari Nama si Pemilik dan Salah Satu Mitologi Yunani

Pegasus [Image Source]
Nama Fusaichi Pegasus adalah kombinasi dari nama pemiliknya, Fusao Sekiguchi, dan salah satu mitologi Yunani. Nama depannya adalah nama Fusaichi, yang merupakan kombinasi dari nama ‘Fusao’ dan ‘Ichi’. Kata ‘Ichi’ dalam bahasa Jepang berarti ‘pertama’, ‘nomor satu’, atau dengan kata lain ‘Yang Terbaik’. Sementara nama belakangnya, Pegasus, adalah nama kuda bersayap dalam mitologi Yunani.

Rentetan Prestasi sang Pegasus

Prestasi luar biasa Fusaichi [Image Source]
Pada awal tahun 2000, Fusaichi Pegasus telah memenangkan kelas kedua kejuaraan San Felipe Stakes dan Jerome Handicap. Prestasi tersebut kemudian disusul dengan kemenangan spektakuler kejuaraan balap kuda bergengsi di negeri Paman Sam, The Kentucky Derby dalam waktu 2:01.12 untuk jarak 1 1⁄4 (satu seperempat) mil. Pada waktu itu, kuda ini menjadi kuda pacu nomor satu yang difavoritkan memenangkan kejuaraan. Dan ternyata memang benar.

Harganya yang Spektakuler Belum Terpecahkan

Harga Fusaichi Pegasus yang edan [Image Source]
Berkat kemenangannya di The Kentucky Derby, Fusaichi Pegasus menjelma menjadi kuda termahal yang pernah ada. Pada tahun 2000 tersebut, seorang peternak asal Irlandia, Coolmore Stud, berani menebus kuda pacu ini dengan harga yang dilaporkan mencapai angka 70 juta dolar Amerika, atau setara dengan Rp 930,05 miliar. Sekali lagi, ini terjadi di tahun 2000 di mana nilai dolar masih belum begitu tinggi. Kalau dikonversi dengan nilai sekarang, mungkin nilainya bakal lebih dari Rp 1 triliun. Makanya, tak heran kalau kuda ini jadi yang paling mahal sepanjang sejarah dan belum ada satu pun yang bisa mengalahkan sampai hari ini.

Total Hadiah yang Dimilikinya Tak Tertandingi

Kuda paling prestisius sepanjang masa [Image Source]
Selama karir dalam kejuaraan balap kuda, Fusaichi Pegasus telah merengkuh banyak gelar. Ia menjadi kuda yang paling sering naik ke atas podium setelah balapan. Mamalia kuat ini telah memenangkan total hadiah sekitar US $ 1.994.000, atau setara dengan Rp 26,94 miliar. Angka tersebut adalah angka yang sangat besar untuk dimenangkan oleh seekor kuda.

Sampai Keturunannya Pun Tetap Dicari

Keturunan Fusaichi masih tetap dicari [Image Source]
Seekor kuda balap tidak akan terus hidup di arena pacuan. Ada masanya ia harus pergi dari lapangan pacu. Begitupun dengan Fusaichi Pegasus. Meskipun telah pensiun dari karirnya, orang-orang tetap mencari kuda ini. Orang-orang menganggap kalau keturuan Fusaichi Pegasus akan menjadi kuda balap yang hebat seperti empunya. Karena itulah, Kuda Fusaichi Pegasus adalah kuda pembibitan yang paling banyak dicari setelah Shareef Dancer.

Mungkin awalnya terasa agak berlebihan, kenapa kuda begini saja dihargai sampai seribu miliar. Tapi, kalau melihat dari sejarah dan prestasinya, harga tersebut sangatlah pantas. Bahkan rasa-rasanya harga Rp 1 triliun pun sebenarnya belum terlalu sesuai dengan Fusaichi.

Written by Arief Hakim

Leave a Reply

Inilah 7 Alasan Kenapa Naik Gunung Bisa Jadi Akhir Hidupmu

Fakta Desa Wadon di Jawa Timur yang Konon Tak Boleh Ditinggali Laki-laki, Ini Sebabnya