Sejarah membuktikan bahwa pada zaman dahulu semua yang ada di bumi ini memiliki ukuran yang luar biasa besar. Beberapa diantaranya bahkan masih bisa dijumpai pada saat ini dalam keadaan yang masih hidup dan selebihnya ditemukan dalam bentuk fosil.

Ada lobster super besar hingga pohon raksasa berumur ribuan tahun. Semuanya memiliki ukuran yang membuat manusia berdecak kagum. Berikut ini penampakan para raksasa yang pernah ada di muka bumi.

1. Bantalan Bunga Lili Raksasa Milik Dr. Bahnson

Dr George Frederic Bahnson adalah seorang pria asal Amerika yang dianugerahi banyak bakat. Di adalah salah satu diagnostisi medis paling terkenal pada masanya. Dalam perang saudara, ia juga pernah menjadi penembak jitu untuk Union. Terakhir ia bahkan mampu menumbuhkan bantalan lili terbesar yang pernah dilihat di Amerika.

Dalam foto di atas Anda bisa menyaksikan sendiri hasil karya Bahnson dalam merekayasa bantalan tanaman lili hingga dapat tumbuh sebesar itu bahkan muat dinaiki orang dewasa. Cerita bermula ketika perang telah usai, Bahnson dan istrinya bekerja tanpa lelah untuk membudidayakan lili air berjenis Victoria Regal.

Bantalan Bunga Lili Raksasa Milik Dr. Bahnson (c) Listverse
Bantalan Bunga Lili Raksasa Milik Dr. Bahnson (c) Listverse

Lili air jenis ini di adalah spesies asli Amazon yang diklaim mampu tumbuh menjadi raksasa dengan ukuran lebar 2,5 meter di alam liar. Bahnson dan istrinya menjadi orang pertama yang mampu menumbuhkan lili tersebut tanpa bantuan rumah kaca.

Selanjutnya : 2. Lobsters Raksasa di Amerika

2. Lobsters Amerika

Sebesar-besarnya lobster yang pernah Anda nikmati di restoran itu termasuk yang berukuran kecil jika dibandingkan dengan apa yang Anda lihat berikut ini. Lobster raksasa yang dipajang di sebuah rumah warga Amerika menunjukkan betapa besarnya ukuran lobster tersebut.

Lobsters Amerika (c) Walter Beasley/ National Geographic
Lobsters Amerika (c) Walter Beasley/ National Geographic

Meskipun lobster dalam gambar berikut bukanlah lobster terbesar yang pernah dicatat buku rekor dunia namun lihatlah setiap capitnya memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang tubuh anak yang berfoto di tengahnya. Untuk rekor lobster terbesar yang pernah dicatat dalam buku rekor adalah lobster yang ditangkap di perairan Nova Scotia dengan berat mencapai 20 kilogram.

Selanjutnya :Gunung Jadi Patung Raksasa

3. Proses Pemahatan Gunung Rushmore

Gambar yang satu ini menunjukkan proses pemahatan Gunung Rushmore pada akhir tahun 30-an yaitu beberapa tahun sebelum monumen tersebut selesai pada tahun 1941. Ini adalah salah satu proyek dalam skala besar yang pernah dilakukan oleh manusia modern.

Proses Pemahatan Gunung Rushmore (c) Edwin L. Wisherd/ National Geographic
Proses Pemahatan Gunung Rushmore (c) Edwin L. Wisherd/ National Geographic

Para pekerja nampak seperti semut yang sedang membuat sarang yang besar. Dinding tebing dipahat sedemikian rupa sehingga menampilkan empat wajah presiden Amerika, masing-masing George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Uniknya berdasarkan berita yang beredar proses pemahatan tebing Gunung Rushmore tidak memakan korban sama sekali.

Selanjutnya : 4. Pohon Redwood

4. Pohon Redwood

Gambar berikut ini menunjukkan sebuah truk yang mengangkut pohon redwood raksasa tertua di dunia yang berumur 3.500 tahun. Umur pohon ini diketahui berdasarkan jumlah cincin batangnya. Pohon redwood termasuk salah satu pohon yang bisa tumbuh menjadi sangat besar.

Pohon Redwood (c) Listverse
Pohon Redwood (c) Listverse

Dalam gambar memperlihatkan bahwa truk terbebani dengan ukuran gelondongan kayu yang ukurannya behkan lebih besar dari bak truk itu sendiri. Penebangan kayu di California mulai merebak tahun 1850 dimana sekitar 95 persen kayu yang ada di hutan telah dipotong oleh pembalak.

Selanjutnya : 5. Pohon Sequoias Raksasa

5. Pohon Sequoias Raksasa

Bahkan gambar yang menunjukkan gelondongan kayu pohon redwood yang ditumpuk di truk dalam daftar sebelumnya belum sebanding dengan ukuran pohon sequoias yang berikut ini. Sebuah gelondongan kayu dari pohon raksasa sequoias yang disebut dengan Mark Twain menunjukkan betapa besarnya kayu ini. Bahkan dalam foto terlihat seseorang harus menaiki tangga hanya untuk sampai di atau kayu.

 Pohon Sequoias Raksasa (c) N.E. Beckwith
Pohon Sequoias Raksasa (c) N.E. Beckwith

Pohon Sequoias adalah salah satu spesies pohon yang mampu tumbuh dalam ukuran raksasa. Pohon ini juga terkenal dapat hidup dalam waktu ribuan tahun. Kayu dari sequoias raksasa rawan pecah sehingga pada saat penebangan pohon raksasa waktu itu penebang melapisi pohon dengan bulu untuk menjaganya tetap utuh.

6. Lengkungan Batu di Irak

Lengkungan batu yang Anda lihat ini sangat mengesankan dengan ukurannya yang besar. Ternyata lengkungan ini telah berdiri selama hampir 1.500 tahun. Oleh seorang arkeolog Jerman bernama Max von Oppenheim lengkungan ini diidentifikasi sebagai jembatan Roma yang disebut Wadi Al-Murr.

Lengkungan Batu di Irak (c) Listverse
Lengkungan Batu di Irak (c) Listverse

Kemungkinan besar jembata itu dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Roma, Justinian I. Diyakini bahwa zaman dahulu di bawah lengkungan tersebut mengalir sebuah sungai yang kemudian membuat Justinian membangun serangkaian jembatan dan bendungan di daerah tersebut untuk mencegah banjir masuk ke kota Mesopotamia.

7. Kobis Raksasa di Pekan Raya Alaska

Matanuska-Susitna Valley terkenal sebagai daerah dimana sayuran raksasa tumbuh. Berbagai jenis sayuran seperti kubis dan labu ditanam dalam ukuran yang super besar. Biasanya hasil panennya akan dipamerkan dalam sebuah acara Pekan Raya.

Kobis Raksasa di Pekan Raya Alaska (c) Thomas J Abercrombie/ National Geographic
Kobis Raksasa di Pekan Raya Alaska (c) Thomas J Abercrombie/ National Geographic

Foto ini juga diambil saat gelaran pekan raya Alaska di selenggarakan. Sebuah kubis raksasa berukuran lebar lebih dari 2 meter dengan bobot mencapai setengah ton membuat orang geleng-geleng kepala. Yang jadi pertanyaan bagaimana sayuran ini bisa mencapai ukuran sedemikian besar?

Ternyata saat musim panas Alaska akan disinari matahari selama 20 jam per hari yang berarti tanaman yang ada di sana termasuk sayuran akan melakukan fotosintesis lebih lama sehingga tumbuh lebih besar.