10 Wajah Muram Indonesia dalam Foto yang Menguji Cintamu Pada Negeri Ini

oleh Ayu
20:00 PM on Oct 15, 2016

Tak ada gading yang tak retak. Bumi pertiwi Indonesia kadang bersusah hati dan air matanya berlinang beneran seperti lagunya. Seiring makin dewasanya negeri ini, semakin banyak ujian dan persoalan yang datang bertubi-tubi.

Semua terekam dalam beberapa foto garapan anak bangsa yang diunggah oleh National Geographic Indonesia, serta beberapa foto amatir tentang kenyataan hidup di Indonesia. Benarkah kita mencintai negeri ini? Dan masihkah kita mencintai negeri ini dengan segala kekurangannya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Reklamasi teluk Jakarta yang sempat terhenti, menjadikannya seperti kota mati.

Reklamasi Teluk Jakarta yang terhenti [Photo by Yunaidi Joepoet]
Reklamasi Teluk Jakarta yang terhenti. Photo by Yunaidi Joepoet/NatGeoIndonesia
Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli, sempat menghentikan reklamasi Teluk Jakarta (setelah lika-liku birokrasi dari legal dan tidak legal, lalu legal kembali, sejak jaman Soeharto), karena dianggap merusak ekosistem lingkungan. Foto di atas menunjukkan suasana proyek saat ditinggal oleh para buruh dan desingan mesin traktor.

2. Proses pengangkatan limbah dan sampah Sungai Citarum.

sampah-sungai-citarum
Sungai Citarum menghitam dan penuh sampah, pengangkatan disaksikan oleh banyak petugas. Photo by Yunaidi Joepoet/NatGeoIndonesia

Banjir? Gambar Sungai Citarum yang sedang ‘detoks’ alias diambil sampah dan limbahnya ini sudah menjelaskan semuanya. Sungai mendangkal, air menghitam, sampah bergelimpangan. Sungai ini ‘sakit kronis’ sejak begitu lama.

3. Isi perut ikan Raja Laut, hasil bedah Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara 24 Mei 2012

Isi perut dari ikan purba, penuh sampah. Photo by: Instagram/natgeoindonesia
Isi perut dari ikan purba, penuh sampah. Photo by: Instagram/natgeoindonesia

Nggak mungkin kan, ikan ini yang makan kripik kentang kemasan terus lupa buang di tempat sampah? Coba bayangkan kalau ini perutmu. Ikan Raja Laut menjadi pemakan segala ketika perairan sudah terkontaminasi. Kesimpulannya, jangan buang sampah di air.

4. Masih banyak anak tanpa orang tua dan keluarga terlantar di pinggir jalan.

Seorang anak tertidur di pinggir jalan karena tak punya rumah. Photo by Instaram/arishandirizki
Seorang anak tertidur di pinggir jalan karena tak punya rumah. Photo by Instaram/arishandirizki

Sang fotografer menuliskan, “Ketika saya lelah,raja negeriku tengah tertidur dan pasal undang undang negara hanyalah sebuah tulisan,matahari dan awan menjadi atapku untuk berlindung. UUD 1945 Pasal 34 ayat 1 berbunyi Fakir Miskin dan anak – anak yang terlantar dipelihara oleh NEGARA.”

5. Pinggiran metropolitan, kumuh bersatu dengan peluh.

Kampung pinggiran rel Petamburan Jakarta Selatan. Photo by: Rahmad Azhar
Kampung pinggiran rel Petamburan, Jakarta Pusat. Photo by: Rahmad Azhar

Kampung pinggiran rel Petamburan di Tanah Abang. Kesenjangan sosial terjadi akibat urbanisasi yang berbekal ekspektasi terlalu tinggi. Hasilnya? Tinggal seadanya di pinggiran rel atau tidur di kolong jembatan.

6. Bisa beli mobil bagus dan mahal, sekolah tinggi-tinggi, tapi masih seperti ini?

Pemandangan pulang kampung yang bikin nyesek di dada Photo by: Instagram/kapitalborneo
Pemandangan pulang kampung yang bikin nyesek di dada Photo by: Instagram/kapitalborneo

Band KAPITAL dari Kalimantan memposting ini sambil memberikan pesan: “Apa susahnya menyimpan sampah di dalam mobil dulu,lalu membuangnya di tempat sampah kemudian, Selamat Mudik Para ID**T! Jangan balik lagi ya!”

7. Luapan cinta kami pada bangsa ini, lebih tinggi daripada luapan air ini.

Saking cintanya pada negeri ini, upacara di tengah luapan air. Photo by Facebook/Jahari Po
Saking cintanya pada negeri ini, upacara di tengah luapan air. Photo by Facebook/Jahari Po

Meski air meluap di Nunukan, Kalimantan Utara, tapi upacara tetap dilaksanakan. Di perkotaan, mungkin sudah diliburkan, atau tidak jadi upacara. Well, simpulkan sendiri.

8. “Keterbatasan bisa dikalahkan dengan semangat. Karena, semangat itulah yang mengubah keadaan jadi lebih baik.”

Semangat sekolah anak-anak di Papua. Photo by Instagram/Ika Palimbunga
Semangat sekolah anak-anak di Papua. Photo by Instagram/Ika Palimbunga

Foto PKL di SD YPK Sion Warkabu oleh mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Sastra Unipa. Anak-anak ini tetap bisa tersenyum dalam keterbatasannya. Semoga bisa menginspirasi kita yang dilimpahi berbagai kecukupan. 

9. Hamparan kota mati dalam pelukan bencana lumpur Lapindo.

Kota mati hanyut dalam lumpur Lapindo. [image source]
Rumah ditinggal penghuninya hanyut dalam lumpur Lapindo. [image source]
Masalah Lapindo yang berkepanjangan meninggalkan rumah-rumah tak berpenghuni. Hingga sekarang masalah tersebut masih tak menemukan penyelesaian apapun. Hanya menyisakan bangunan yang bagaikan kota hantu ini.

10. Masalah sanitasi yang menjadi teman sehari-hari Jakarta.

Banjir Pompa Air Pluit di Muara Baru, Jakarta Utara, Photo by Cynthia Boll.
Banjir Pompa Air Pluit di Muara Baru, Jakarta Utara, Photo by Cynthia Boll.

Jakarta berteman dengan banjir sejak lama. Bukan cuma sanitasi dan sampah, tapi juga sikap warganya yang jadi masalah. Dan siklus saling menyalahkan antara warga dan pemerintah tak pernah berakhir.

Masih banyak permasalahan yang dihadapi negeri ini. Potret di atas menceritakan masalah yang ada di Indonesia, hanya seujung kuku. Bukan untuk membuat kita semakin putus asa dengan negeri ini, tapi untuk membuat kita merefleksikan diri, seberapa cintakah kita pada negeri ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA