Banyaknya peminat smartphone di tahun-tahun terakhir ini membuat sejumlah vendor berlomba-lomba memproduksi ponsel pintar tercanggih. Dengan membenamkan seluruh teknologi terbaru, para pengembang berharap semakin banyak orang tertarik oleh produknya. Tapi dalam pembuatan ponsel, para vendor tentunya harus mengikuti arus. Istilah sederhananya sih supaya enggak ketinggalan zaman.

Sejak akhir 2018 lalu, sudah tercium nih aroma fitur smartphone yang bakal digandrungi pecinta gadget. Bahkan beberapa merk sudah mulai menerbitkan ponsel pintar dengan fitur terbaru nan ciamik. Nah, dari sini Boombastis.com akan merangkum fitur apa saja yang bakal jadi tren di 2019. Yuk disimak gengs…

Kamera utama yang lebih dari dua

Sahabat Boombastis pasti sudah tak asing lagi dengan ponsel yang memiliki kamera lebih dari satu. Contohnya saja Samsung dan Xiaomi yang selanjutnya disusul oleh merk lainnya. Nah, di tahun 2018 kemarin, dua smartphone kelas atas tersebut menciptakan dual kamera untuk para pecinta fotografi.

Kamera lebih dari dua [Sumber Gambar]
Tapi saat ini, semuanya berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone yang kamera utamanya berjumlah lebih dari dua. Untuk saat ini pemilik kamera utama terbanyak adalah Samsung A9 dan Huawei Mate 20 dengan jumlah empat.

Ponsel pintar yang bisa dilipat

Pada dasarnya, ponsel android yang hampir semuanya menggunakan layar sentuh, pastilah diciptakan dengan model full screen atau berponi. Tapi nyatanya, para produsen smartphone ingin memberikan sesuatu yang baru untuk konsumennya. Salah satunya yaitu dengan menciptakan ponsel pintar bermodel layar lipat. Kebayang enggak Sahabat Boombastis?

Ponsel layar lipat [Sumber Gambar]
Ini sudah dibuktikan dengan Samsung yang telah mengambil ancang-ancang di awal November 2018 lalu. Di acara Samsung Developer Conference di San Fransisco, Amerika Serikat, vendor ternama ini memperkenalkan smartphone pertama yang layarnya bisa dilipat. Kemungkinan besar, ponsel android lipat ini akan resmi dirilis di Bulan Maret 2019 mendatang.

Lubang di layar yang jadi pengganti notch bentuk poni

Seperti yang kita tahu kalau di tahun 2018 kemarin lagi hits ponsel dengan poni di bagian layar atasnya. Ya, sejak kemunculan IPhone X, semua produsen ponsel pintar berbondong-bondong untuk mengikutinya. Bahkan kalau ponselnya tak punya poni, bisa dibilang ketinggalan zaman.

Lubang di layar [Sumber Gambar]
Lain halnya dengan di tahun 2019 ini. Jika di tahun lalu sedang hits ponsel berponi, sekarang notch akan berpindah menjadi lubang kecil di layar. Model notch seperti ini sudah diadopsi oleh beberapa perusahaan smartphone untuk produk terbarunya. Apa Sahabat Boombastis tertarik?

Konektivitas 5G yang bikin kita semakin betah internetan

Sebentar lagi sepertinya kita akan mengucapkan selamat tinggal kepada akses internet lemot. Itu karena inovasi teknologi 5G akan hadir di tengah-tengah kita pada tahun ini.

Jaringan 5G [Sumber Gambar]
Pengumuman datangnya 5G ini bersamaan dengan rilisan Qualcomm Snapdragon 855. Sehingga dari sinilah para pengembang smartphone bersiap-siap untuk memproduksi ponsel pintar dengan dukungan konektivitas 5G. Namun sayangnya sampai sekarang masih belum diketahui kapan 5G akan melengkapi smartphone kesayangan kita.

Sensor sidik jari di bagian layar

Untuk membuka kunci kini tak lagi menggunakan swipe ataupun password. Hampir semua smartphone sudah menggunakan teknologi Artificial Intelegent (AI) yang berupa sensor sidik jari. Mungkin kalian selama ini melihat sensor tersebut berada di belakang ponsel.

Sensor sidik jari di layar [Sumber Gambar]
Tapi di tahun ini , sensor sidik jari akan diciptakan di bagian layar. Contohnya seperti smartphone V11 besutan Vivo yang sudah mencoba menerapkannya. Jadi, fitur satu ini diprediksi bisa menjadi tren di tahun 2019.

BACA JUGA : 5 Smartphone Terlaris di Perempat Tahun 2018, Punyamu Masuk Nggak Ya?

Itulah prediksi fitur smartphone yang kemungkinan akan jadi tren di 2019. Cukup menggoda iman ya. Mana nih fitur yang jadi favorit kalian? Kalau penulis sih suka yang kameranya banyak.