in

4 Game Jadul Ini Punya Filosofi Keren yang Bikin Hidupmu Makin Seru

Hayo ngaku siapa yang sering lupa waktu gara-gara main game? Kamu pasti sering kan curi-curi waktu ngambil game konsol pas orang tuamu lagi nggak ada di rumah atau merengek minta main game di hari selain Sabtu dan Minggu? Pasti jaman dulu kamu sering banget kan ngelakuin hal itu? Ngaku aja deh!

Game jaman dulu, walaupun sederhana banget berhasil bikin kita kecanduan. Kadang nilai mata pelajaran kita suka jeblok karena keterusan main game sampai lupa waktu. Kalau kamu perhatkan lagi, game jadul yang dulu sering banget kamu mainin itu punya filosofi keren di baliknya lho. Mau tau apa aja? Nih langsung simak deh.

1. Jangan Menyerah Ngejar Gebetan Walau Penuh Tantangan Kayak Si Super Mario Bross

Ini nih game yang paling favorit jaman dulu. Game ini misinya nyelametin Si Princess dari cengkeraman raja kura-kura, King Koopa. Sebelum ketemu sama Si King Koopa dan akhirnya berhasil menyelamatkan Princess, Mario harus melewati berbagai macam rintangan yang lumayan berat.

Super Mario Bross [image source]
Super Mario Bross [image source]
Dia juga harus pergi ke beberapa dunia, seperti dunia laut, dunia bawah tanah, dan dunia yang mirip-mirip sama neraka gitu deh. Nah, lewat game ini kamu bisa belajar buat nggak menyerah ngejar gebetan. Sebelum mendapatkan gebetan, kamu pasti nemu berbagai macam rintangan. Mulai dari teman-temannya yang nggak suka sama kamu, sikapnya si dia yang malu-malu kucing, atau karena ortunya yang nggak ngijinin dia pacaran. Semua itu harus kamu hadapi dengan gigih kayak perjuangannya si Mario tadi. Fighting!

2. Belajar Cari Jalan Keluar Dari Masalah Seperti Pac Man

Tampilannya sih memang sederhana banget, tapi game yang satu ini dijamin bikin otak kamu melintir nggak karuan. Gimana enggak? Labirin dan musuh-musuhnya yang ngejar Pac Man ini nggak jarang bikin kamu puter otak keras-keras agar nggak ‘tamat’ dimakan para Ghosts.

Pac Man [image source]
Pac Man [image source]
Secara nggak sadar, lewat game ini kamu belajar mencari jalan keluar dari setiap masalah. Kejaran para Ghosts dan labirinnya yang rumit ibarat masalah yang menghantuimu. Menghadapinya kamu nggak boleh menyerah. Kamu nggak sendirian kok, seperti Pac Man yang juga dibantu titik besar yang bikin dia kuat dan menghabisi para Ghosts, orang-orang yang kamu cintai siap membantumu. Dan yang terpenting, jangan lupa selalu berdoa pada Tuhan.

3. Lewat Tamagotchi, Kamu Belajar Menyayangi Hewan dan Megurus Mereka Dengan Baik

Masih inget kan game lucu satu ini? Dulu beberapa dari kita suka nenteng-nenteng alat kecil yang bernama Tamagotchi ini. Nah, kita suka heboh banget kalau tiba-tiba si Tamagotchi ini bunyi. Eh ternyata kucing kamu minta dikasih makan atau habis pup. Dan yang bikin galau akut kalau mereka sakit, bisa bingung nggak ketulungan deh.

Tamagotchi [image source]
Tamagotchi [image source]
Main game Tamagotchi nggak sia-sia lho. Dari game ini kamu jadi belajar menyayangi hewan yang ada di sekitar kamu. Kamu jadi tahu, kalau mengurus mereka juga dibutuhkan kesabaran yang tumpeh-tumpeh. Kayaknya game Tamagochi perlu dibikin booming lagi, karena saat ini banyak orang kurang menyayangi hewan.

4. Hidup Juga Ada Jatuh Bangunnya Kayak Tembok di Game Tetris

Game yang satu ini bisa dibilang bisa dimainin sama segala kalangan. Cara mainnya yang lumayan mudah jadi salah satu alasannya. Tapi, jangan dianggap sepele, kalau kamu nggak atur strategi bisa malah cepet game over.

Tetris [image source]
Tetris [image source]
Sadar nggak sih kalau Tetris ini mirip tipis-tipis sama kehidupan yang kita jalani? Kadang apa yang kita bangun mulai dari awal, bisa runtuh begitu saja karena suatu hal. Yang namanya hidup pasti ada jatuh bangunnya, nggak melulu lancar-lancar aja kan? Yang paling penting bagaimana kamu segera bangkit dari keterpurukan itu.

Itulah 4 game jadul dengan filosofi kerennya. Semasa kecil mungkin kita nggak kepikiran tentang filosofinya, yang penting main aja deh gitu. Nah sekarang kamu pinter-pinter deh nyari sisi baik dari game-game favorit kamu dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dijamin deh, hidup kamu bakalan seru.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

Waspada! Di Bintaro Muncul Modus Tebar Paku Baru Pakai Daun

4 Hewan Bertampang Lucu Ini Juga Bisa Bikin Kamu Ambil Langkah Seribu