Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya jarang sekali mengapresiasi karya anak bangsanya sendiri. Mulai dari penelitian dan penemuan baru, lagu-lagu, hingga film selalu kalah dengan milik luar negeri. Alhasil, para penggagas ide ini pun tak segan untuk menjual penemuannya ke luar negeri. Namun, pada beberapa tahun terakhir, Indonesia seolah membalikkan telapak tangannya.

Banyak sekali karya-karya anak bangsa, yang meskipun dikirim ke luar negeri, tetapi mendapat apresiasi positif dari pemerintahan. Contohnya saja, film-film Indonesia yang mulai laku di pasaran. Ternyata, mereka juga sedang promosi di luar negeri alias go internasional. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan merangkum daftar film-film Indonesia yang go internasional dan dapat dipastikan akan laris manis.

1. Pengabdi Setan, film daur ulang karya Joko Anwar yang akan tayang di 42 negara

Adakah satu di antara Sahabat Boombastis (Saboom) sekalian yang sudah dihantui oleh “Ibu” di Pengabdi Setan? Para pecinta horor pastinya sudah mengenal siapa tokoh tersebut. Tokoh ini pun membuat orang-orang yang anti nonton film setan pun ikut memeriahkan bioskop karena rasa penasarannya.

Rupanya, sukses meraup lebih dari empat juta penonton membuat Joko Anwar—sang sutradara, ingin melebarkan sayapnya. Film Pengabdi Setan pun dikabarkan akan diputar di 42 negara, di antaranya Argentina, Brazil, Cile, Polandia, Meksiko, Taiwan, Hongkong, dan Malaysia. Beberapa hari lalu, keuntungan yang diraup film ini mencapai 6 juta ringgit di Malaysia. Salut!

2. Dilan 1990, tayang di Malaysia akhir bulan Maret 2018

Sempat diragukan, bahkan dicaci maki saat trailer pertama Film Dilan 1990 keluar, pencapaian yang diraih oleh Pidi Baiq dan kawan-kawan sungguh luar biasa. Baru satu minggu tayang, film ini sudah meraup 2,2 juta penonton. Bahkan, Pengabdi Setan saja pencapaian penontonnya tak segila ini, meski tak ada keraguan sama sekali di benak para pemirsanya.

Hal tersebut pun terdengar hingga Negeri Jiran dan membuat para penonton di sana penasaran. Alhasil, negara tetangga itu akhirnya membeli Film Dilan 1990 dan menayangkan serentak di negaranya pada 29 Maret mendatang. Wah, wah, siap-siap, Saboom, pecinta Milea bakal kedatangan banyak saingan, nih.

3. The Raid: Redemption, menjadi film yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat

Sebelum Film The Raid: Redemption muncul, para pecinta film dunia sudah dibuat jatuh cinta dengan akting Joe Taslim, aktor dari Indonesia, yang bermain dalam film Fast Furious 6. Hal ini pun membuat para sineas tanah air merasakan adanya angin segar, bahwa karya-karya serta aktor asli Indonesia bisa dicintai luar negeri.

Terbukti, pada tahun 2011, tak lama setelah film The Raid: Redemption tayang di Indonesia, Negeri Paman Sam ini pun ikut memutar kisah yang diperankan oleh Iko Uwais ini. Tercatat, Film The Raid: Redemption merupakan film yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat dan mendapat urutan ke-11. Selain itu, film besutan sutradara Gareth Evans ini pun menyabet penghargaan internasional, seperti pada Cadillac’s People’s Choice Awards, serta Toronto Film Festival 2011.

4. Laskar Pelangi, bikin orang Jerman nangis!

Siapa yang tidak sembab seusai nonton film Laskar Pelangi di bioskop? Pasti mayoritas kalian menjawab tidak. Selain mengharukan, film yang berkisah tentang anak-anak yang tak takut untuk bermimpi ini benar-benar membuat semangat kita bangkit kembali. Riri Riza sebagai sutradara sungguh berhasil membuat kisah tersebut seolah dekat sekali dengan kehidupan kita.

Tak hanya di Indonesia saja film ini meraup banyak penonton serta berjuta-juta keuntungan. 9 negara yang terdiri dari; Malaysia, Hongkong, Italia, Spanyol, Singapura, Jerman, Amerika Serikat, Australia, dan Portugal ini juga sangat menikmati film yang menampilkan anak-anak asli Belitung ini. Bahkan, penonton di Jerman sampai ada yang menangis, loh!

5. Ada Apa Dengan Cinta? 2, tuntas membayar kerinduan banyak orang terkait Rangga dan Cinta

Meskipun tak seperti 4 film di atas yang tayang di banyak negara, film yang tayang pada tahun 2016 ini berhasil go internasional. Menjawab kelanjutan kisah romansa Rangga dan Cinta 14 tahun yang lalu, Ada Apa Dengan Cinta? 2 benar-benar membuat para penonton berdecak kagum. Banyak memori yang kembali bersliweran bersamaan dengan tayangnya film ini.

Meski tidak ditayangkan di negara Eropa, Film Ada Apa Dengan Cinta? 2 cukup laris ketika diputar di Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu, mereka pun mendapatkan penghargaan di Fukuoka International Film Festival serta Hong Kong Film Festival. Nah, kalian yang belum nonton pasti nyesel kan, ketika tahu film ini dicintai di banyak negara?

Ternyata, enggak hanya penyanyi saja yang bisa go internasional, Saboom, film pun bisa! Selain diputar dan dinikmati di berbagai negara, 5 film di atas pun berhasil menyabet penghargaan dan mengharumkan nama bangsa. Nah, di antara lima film di atas, mana yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar, ya!