Setiap tahun, pasti ada lagu baru yang menjadi daftar putar tetap. Begitu pula film, mempengaruhi bagaimana masyarakat bersikap dalam satu tahun. 2018 merupakan tahun di mana banyak film bermunculan dan auto dicintai oleh masyarakat.

Baik film karya anak bangsa, maupun buatan luar negeri. Bahkan, film Indonesia juga enggak kalah laris dinikmati di negeri sendiri pada tahun 2018 ini. Sahabat Boombastis tentu masih ingat, dong, film-film yang hits abis di tahun 2018? Untuk menyempurnakan ingatan kalian, berikut Boombastis.com juga akan memberikan daftar film paling booming di tahun 2018.

Dilan 1990, bikin semua orang pakai jaket jeans dan naik Honda CB 100

Jaket Jeans Dilan [image source]
Jika kalian melihat cowok di jalanan mengenakan jaket jeans dengan kerah warna cokelat, dapat dipastikan mereka terkena virus demam Dilan 1990. Tak hanya booming bukunya saja, film Dilan 1990 yang tayang pada awal tahun 2018 masih dibicarakan hingga sekarang. Padahal, dua pemeran utamanya, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla telah move on ke proyek baru.

Black Panther, kostumnya jadi inspirasi baju koko saat lebaran

Black Panther dan baju kokonya [sumber gambar]
Masih ingat baju koko hitam ala Raja T’Challa di Wakanda? Atau Sahabat Boombastis malah sempat memilikinya? Ya, baju koko hitam tersebut terinspirasi dari film Black Panther yang booming banget di awal tahun 2018. Meskipun tayang pada Februari 2018, hingga sekarang slogan “Wakanda Forever” masih terngiang jelas di pikiran, loh!

Avengers: Infinity War, film Superhero pasti lakunya sih di Indonesia~

Avengers Infinity War Versi Indonesia

Tak mau kehilangan kesempatan, setelah mengeluarkan film Black Panther, Marvel Studios kembali merilis film superhero Avengers yaitu Infinity War. Tak hanya mendapat perhatian dari pecinta film, Presiden Jokowi juga membahas tentang eksistensi Thanos dan pemikirannya dalam film ini. Ia bahkan menyampaikan hal tersebut dalam pidatonya, loh, hingga menjadi trending topic. Se-booming itu kan film ini?

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, masuk nominasi di Cannes Film Festival

Marsha Timothy as Marlina [sumber gambar]
Selain film Dilan 1990, ada satu lagi karya anak bangsa yang juga booming di tahun 2018. Film yang diperankan oleh Marsha Timothy ini berhasil masuk dalam nominasi di Cannes Film Festival—salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di dunia perfilman. Meskipun awalnya tak begitu mendapat perhatian, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak ini juga memborong banyak piala Festival Film Indonesia 2018.

Crazy Rich Asians, sampai bikin Crazy Rich Surabayan menikah ala film

Gara-gara buku karangan Kevin Kwang yang difilmkan pada September 2018 kemarin, frasa Crazy Rich Asians menjadi populer di tahun ini. Banyak netizen twitter yang lalu mengait-ngaitkan kehidupan dalam film Crazy Rich Asians dengan penguasa Surabaya yang tajirnya minta ampun. Seperti halnya Jusup dan Clarissa yang pernikahannya mewah, mengalahkan Pangeran Harry dan Meghan Markle kala itu.

The Nun, malah banyak dibikin meme

FI Valak [sumber gambar]
Setelah kemunculan film The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist pada tahun 2016, sekuelnya lah yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, iblis dari film sebelumnya akan dibahas total dalam sekuel. Lalu muncullah The Nun pada tahun 2018 dan bikin heboh pecinta film horor. Namun, beberapa di antaranya sempat kecewa karena alur cerita dari film tersebut tak sehebat yang dibayangkan. Alhasil, poster film The Nun berakhir menjadi meme, deh!

Yowis Ben, film yang bikin gebrakan baru dalam sejarah

Film Yowis Ben [sumber gambar]
Jika selama ini film Indonesia memiliki banyak dialog berbahasa Inggris, sinema yang digarap Bayu Skak dan tayang pada awal tahun 2018 ini memilih untuk menggunakan bahasa Jawa. Bayu Skak memang terkenal dengan logatnya yang medhok—yang juga menjadi ciri khas dirinya sebagai orang Malang, Jawa Timur. Film Yowis Ben pun laris di pasaran dan membuat banyak orang jadi percaya diri untuk berbahasa Jawa di depan publik.

BACA JUGA: 5 Film Indonesia Ini Penuh Hujatan, Ada yang Dapat Kritikan Pedas Meski Belum Tayang

Di balik 6 film di atas, masih banyak film bagus dan berkualitas yang tayang pada tahun 2018. Mungkin Sahabat Boombastis sempat menonton film selain 6 judul di atas dan mendapat kesan yang baik, boleh, loh, kalian bagikan di kolom komentar. Lebih baik lagi jika film Indonesia. Sebab, sebagai warga Indonesia yang baik, tak ada salahnya dong untuk mendukung karya rekan sendiri?