Festival Daging Anjing Yulin Menuai Kontroversi

oleh Adys Disty
06:39 AM on Jun 29, 2015
Anjing Di Festival Yulin via metrotvnews
Anjing Di Festival Yulin via metrotvnews

Di Tiongkok, ada sebuah festival makan daging anjing yang tentunya mengundang kecaman banyak pihak. Bagi sebagian warga di Kota Yulin, bagian selatan Tiongkok, puncak musim panas adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman dekat. Mereka pun berkumpul menikmati daging anjing.

Ribuan anjing dipotong selama festival daging anjing yang digelar tahunan di kota tersebut. Tak heran muncul perdebatan dan kontroversi terhadap festival itu. Namun meski dianggap kontroversial, festival tersebut tetap saja diadakan. Masyarakat golongan atas menganggap kepemilikan anjing sebagai kebiasaan orang kelas bawah. Seiring perkembangan ekonomi, masyarakat kelas menengah mulai menolak festival itu sebagai tindakan barbar.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sekelompok aktivis pecinta hewan menggelar spanduk di depan kantor pemerintahan Kota Yulin. Mereka menuntut festival itu dihentikan. Namun, upaya mereka akhirnya dibubarkan oleh orang tak dikenal. Pasar anjing yang berada kota itu menjadi bukti terjadinya bentrokan antara pendukung dan penentang perdagangan daging anjing. Bahkan, pertentangan ini pun berakhir dengan ketegangan.

Seorang warga mengatakan menyantap daging anjing sangat sehat saat suhu panas seperti sekarang. “Ada norma budaya mengenai apa yang dpaat kita makan, kalian makan daging kalkun, jadi kenapa mencoba melarang kami menyantap daging anjing? Ini menyehatkan, sama seperti daging babi atau ayam. Sama saja,” kata seorang pendukung festival.

Tahun lalu, aktivis bernama Yang Xiaoyun masuk dalam berita utama di surat kabar setelah mengeluarkan biaya sekitar 150.000 yuan atau USD 24.160 untuk menyelamatkan anjing-anjing dari festival tersebut. Yang Xiaoyun mengumpulkan dana dari seluruh Tiongkok untuk menyelamatkan anjing-anjing tersebut. Dia berharap dana yang terkumpul dapat digunakan untuk membuat rumah bagi anjing yang telah diselamatkan dekat Kota Yulin.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA